Wednesday, February 17, 2016

Ujian itu Bernama Kehilangan


Saya mengenal sosoknya sudah hampir 20 tahun. Dia adalah teman satu organisasi saat kuliah dulu di era tahun 1990 an. Kami tidak kuliah di jurusan yang sama, tapi kedekatan kami dalam organisasi melebihi kedekatan teman satu jurusan kuliah saya. Usai wisuda, kami berjauhan. Sibuk dengan kegiatan masing-masing. Saya sibuk dengan aktivitas mengajar saya, sementara dia sibuk dengan kehidupan rumah tangganya.

Hingga kabar duka itu datang. Suaminya meninggal dalam sebuah peristiwa kecelakaan motor. Meninggal dua orang anak, satu putra dan satu putri yang masih kecil, sahabat saya ini menata satu persatu hidupnya pasca kematian suaminya.


Saya pernah silaturahmi ke rumahnya di Rangkas Bitung sebelum saya menikah. Senang sekali masih dapat bertemu dengannya, belajar sebuah ketegaran dan keikhlasan darinya. Saya pun curhat dengan masalah saya (saat itu) yang selalu gagal berkali kali dalam proses taaruf menuju pernikahan.

Bertahun tahun kemudian, saya pun menikah. Dan setelah saya menikah, minggu kemarin saya pun kembali bersilaturahmi ke rumahnya, bersama suami dan anak saya. Sahabat saya ini tetap menunjukkan kekuatan dan ketegarannya menjalani hidup. Tetap memutuskan menjadi single parent tentu tak mudah, tapi pertolongan Allah selalu hadir dalam kehidupannya. Bertemu tetangga yang baik hati, anak-anaknya yang baik dan shalih shalihah, membuatnya tetap bersemangat menjalani hidup, tanpa keluhan.

Saya pernah mengalami beberapa peristiwa kehilangan, kehilangan kesempatan untuk menikah dengan seseorang (yang memang bukan jodoh saya), kehilangan peluang beasiswa ke luar negeri, kehilangan dompet dan lain lain, tapi melihat sosoknya, saya belajar banyak bahwa peristiwa kehilangan tak harus membuat kita kehilangan semangat melanjutkan hidup. Akan banyak hikmah dan makna yang dalam, andai kita merenungi segala hal yang kita alami. Terima kasih sahabatku yang mengajariku banyak hal, semoga keberkahan hidup selalu mengiringi kehidupanmu.   

#ODOPfor99days#day27

No comments:

Post a Comment

Postingan Favorit