Wednesday, November 29, 2023

Talkshow dan Diklat Nasional Pintar Digital untuk Tenaga Pendidik di Era 5.0


Beberapa hari ini, saya sedang mengikuti kegiatan Kursus Pintar Digital Media Pembelajaran Berbasis Artificial Intelegence. Diklat online ini, diselenggarakan oleh AMD Academy Indonesia, sebuah platform yang menawarkan berbagai training digital.

Pada pembukaan program ini yang sekaligus merupakan launching platform Edu AMD  Academy, diikuti ratusan peserta. 

Pada sesi ini, dibahas tentang kelebihan dan kekurangan chat gpt dalam pembelajaran masa kini. Diantara kelebihan nya bahwa semua pihak semakin dimudahkan dalam belajar banyak hal, tapi juga ini berdampak pada hal lain, yaitu semakin malasnya beberapa siswa dan mahasiswa dalam membaca b. ku referensi, dan tidak diketahui validitas dari sumber referensinya.

Kelemahan lain dari AI ini juga adalah membuat semakin terbuka lebarnya peluang plagiator dalam dunia akademis. Kita tidak terbiasa lagi mengambil dari sumber primer tapi akan mencari yang termudah dan tinggal disalin, lalu diotak atik sedikit dan jadilah karya ala-ala ilmiah.

Tentu ini menjadi tantangan tersendiri bagi para guru dan dosen untuk juga semakin melek digital, agar bisa mendeteksi plagiator dan mengedukasi siswa dan mahasiswa agar tetap berpegang teguh pada prinsip-prinsip ilmiah dalam membuat suatu karya.


Semoga bermanfaat
Serpong, 28.11.23.10.30
Wassalam
Eva Novita Ungu




No comments:

Post a Comment

Postingan Favorit