Monday, November 27, 2023

SELEKSI WRTERVATOR SE INDONESIA

 



Pada hari Ahad kemarin, saya mengikuti kegiatan sosialisasi writervator melalui zoom. Sebelumnya saya mendaftar program ini dengan mengisi form dan mengirimkan tulisan sesuai yang ditentukan, yaitu menuliskan essay tentang travelling yang paling berkesan. Kegiatan ini merupakan kegiatan untuk guru, pengawas, kepala sekolah yang ingin menjadi motivator melalui menulis. 

Setelah pendaftaran, panitia mengundang kami mengikuti sosialisasi ini, terkait apa yang harus dilakukan setelahnya, agar kami bisa lolos menjadi 25 writervator se Indonesia yang akan mengikuti Tour Aksara ke 3 negara yaitu Malaysia, Singapura dan Thailand.


Peserta yang mengikuti kegiatan sosialisasi ini berjumlah 365 orang. Kegiatan ini diadakan oleh FIM (Forum Indonesia Menulis) yang bertujuan mengenalkan literasi secara luas, baik di level kota, provinsi, nasional maupun internasional. Kegiatan ini dilakukan melalui kegiatan travelling, sehingga lebih seru dan menyenangkan. Jika lolos seleksi, maka writervator ini akan menjadi tour leader bagi rombongan siswa atau guru atau kepala sekolah yang merekomendasikan peserta untuk mengikuti tur ini. 

Status kami sekarang masih menjadi bakal calon writervator, belum menjadi writervator sebenarnya. Nanti di bulan Desember, bagi yang lolos seleksi , akan ada pendampingan atau diseminasi terkait kegiatan-kegiatan kepenulisan dan informasi-informasi lain seputar tour leader dan tour aksara.

Tapi untuk mengikuti kegiatan ini, kami diharuskan membayar 250.000 sebagai bentuk keseriusan dalam mengikuti kegiatan pendampingan dan event berikutnya. Dan  kami pun diharuskan mencari 40 peserta untuk mengikuti tur aksara ke 3 negara ini.

Setelah kegiatan sosialisasi ditutup, saya ngobrol ma suami, sepertinya saya tidak akan melanjutkan kegiatan ini. Saya bukan orang marketing yang pintar menjual program dan tidak yakin akan bisa mencari 40 orang. Saya fikir kegiatan ini fokus di menulis, ternyata setelah mengikuti sosialisasinya, kami juga diharuskan mencari 40 peserta. Wah nyerah deh kalo urusan marketing... Dadah program inihh, semoga saya bisa mengikuti kegiatan lain yang lebih fokus ke penulisan tanpa harus berurusan dengan marketing.

Semoga bermanfaat
Serpong, 26.11.23.10.30
Wassalam
Eva Novita Ungu

No comments:

Post a Comment

Postingan Favorit