Wednesday, November 22, 2023

KARYA TULIS ILMIAH ALA SISWA INSAN CENDEKIA (KELOMPOK 51)

 


Pada minggu-minggu terakhir di bulan November 2023 ini, siswa siswi MAN Insan Cendekia Serpong disibukkan dengan berbagai aktivitas KTI (Karya Tulis Ilmiah). Saya diberi amanah untuk membimbing 6 kelompok, 3 kelompok kelas XI dan 3 kelompok kelas X.

Dan kemarin hari Senin tanggal 20 November tahun 2023 ini, saya menguji proposal KTI kelompok 51 yaitu Meutia dan Alya Astadewi yang membahas tentang "Efektivitas Senam Otak Berbasis Musik Klasik Mozart terhadap Penurunan Tingkat Stress Siswa Siswi MAN Insan Cendekia Serpong"

Luar biasa memang aktivitas siswa siswi MAN Insan Cendekia Serpong, padat sekali dan sangat berkualitas. Mereka seperti "dipaksa" untuk belajar melebihi usianya, seperti saat menyusun KTI ini, mereka seperti harus menjadi mahasiswa lebih cepat padahal mereka masih kelas XI.

Dan beginilah suasana saat saya menguji proposal kelompok ini, yang dilaksanakan di perpustakaan lantai 2. Mereka menceritakan tentang penggunaan media musik klasik mozart terhadap penurunan stress yang melanda para siswa siswi MAN Insan Cendekia Serpong. Hal ini mengindikasikan bahwa banyak diantara mereka yang sangat stress dengan tuntutan akademis dan aktivitas organisasi mereka. Jadi mereka memiliki masalah, lalu berusaha mencari solusi sendiri, dan disusunlah menjadi sebuah penelitian. Kesannya seperti mengobati diri sendiri ya hehe 



Semoga bermanfaat
Serpong, 22.11.23.09.00
Wassalam
Eva Novita Ungu

No comments:

Post a Comment

Postingan Favorit