Friday, November 24, 2023

KARYA TULIS ILMIAH ALA SISWA INSAN CENDEKIA (KELOMPOK 45)

 


Pada hari Rabu, sidang proposal KTI berikutnya dan sekaligus terakhir adalah kelompok 45 yang beranggotakan Sofia dan Latifa. Judul penelitiannya adalah, "Analisis Perbedaan Pola Pengasuhan Anak di Yayasan Seia Sekata Jakarta dan Yayasan Amal Mulia Indonesia terhadap Kemandirian Anak."  Foto diatas adalah dokumentasi saat sidang sudah berakhir.

Mereka meneliti sejauh mana pola pengasuhan anak anak di panti asuhan, berpengaruh terhadap kemandirian anak. Penelitian ini menarik karena saya suka bidang psikologi dan penelitian sosial pada umumnya, seru dan menantang. Apalagi terkait pola asuh yang akhir-akhir ini banyak dibahas karena berpengaruh dan berdampak pada perkembangan pribadi di masa dewasanya.

Sidang ujian proposal KTI ini dilakukan sejak pukul 15.30 sampai pukul 16.10, molor 10 menit dari jadwal yang sudah ditetapkan panitia. Dan beginilah pose mereka saat menjelaskan rencana penelitian yang akan dilakukan.


Pengalaman membuat karya tulis ini sangat berdampak positif bagi siswa, karena bisa mengasah keterampilan berfikir ilmiah, melatih kemampuan berkomunikasi jika penelitian yang dilakukan adalah peneltiian lapangan seperti kelompok ini, dan yang paling penting melatih keterampilan menuliskan gagasan yang difikirkan dan menyusunnya menjadi sebuah karya yang ilmiah. Walaupun saat melakukannya, dipenuhi drama perjuangan yang berdarah darah, bahkan ada yang sampai menangis tersedu-sedu usai sidang dilakukan. Tapi tak masalah, karena dengan begitu mereka akan kaya akan pengalaman, kaya wawasan dan akan terampil melatih emosi dalam menghadapi suatu kejadian.

Semoga bermanfaat
Serpong, 24.11.23.05.50
Wassalam
Eva Novita Ungu

No comments:

Post a Comment

Postingan Favorit