Monday, October 30, 2023

TEMU PENULIS TASARO GK

 


Alhamdulillah pada hari Sabtu tanggal 28 Oktober 2023, saya bisa mengikuti kegiatan Temu Penulis Tasaro GK yang diadakan dalam rangka Cendekia Literacy Festival. Bertempat di aula gedung olimpiade MAN Insan Cendekia Serpong, saya pun menikmati sajian acara ini.

Sebagai pengagum karyanya, saya sudah sejak lama membaca buku-buku keren dan karyanya sungguh sangat luar biasa, mulai dari tetralogi Novel Muhammad, Kinanti, Patah hati di Tanah Suci, sampai kisah kisah dalam Al-Quran versi anak, juga saya punya bukunya.


Secara khusus, agendanya adalah bedah bukunya yang berjudul "Lelaki Penggenggam Hujan", tapi yang dibahas sebenarnya banyak dan meluas, mulai dari latar belakang penulisan buku ini, tips untuk para pemula dalam menulis buku, cara membuat dialog dalam sebuah tulisan, tips untuk keluar dari "mental block" dan lain-lain.

Yang saya rekam adalah 3 tips untuk para calon penulis agar tidak kehabisan ide adalah
1. Membaca berbagai literatur
2. Silaturahmi
3. Travelling atau jalan-jalan

Selain itu, ada tips juga untuk para penulis jika sudah stag, dengan cara melengkapi 6 pertanyaan standar untuk menulis yaitu 5 W + 1 H, yaitu Why, What, Where, Who, When dan How 

Seru sekali ya mendengarkan orang yang wawasannya luas dan senang membaca ini, ga pernah kehabisan tema untuk dibagi. Suka iri sih sama orang-orang kaya gini. Semoga bisa ketularan semangat baca dan nulis nya.

Menurut beliau, orang yang wawasannya luas, akan tercermin dari topik pembacaraan yang dibicarakan dan karya yang ditulisnya. Orang yang jarang baca, saat menulis, tulisannya tidak akan kaya diksi dan variasi dialog nya, tapi orang yang sering baca dan risetnya banyak, maka karyanya juga akan berkualitas dan kaya referensi.

terimakasih Tasaro atas pencerahannya. Semoga bikin tambah semangat untuk banyak baca dan banyak nulis... cayyo

Wassalam
Eva Novita Ungu
Serpong, 291023.21.15


No comments:

Post a Comment

Postingan Favorit