Monday, October 23, 2023

SELAMAT HARI SANTRI 22 OKTOBER

 

Pada hari Ahad tanggal 22 Oktober 2023, suami mendampingi siswa untuk mengikuti upacara peringata hari santri di Tangerang Selatan yang bertempat di Pondok Pesantren Al Kautsar Pamulang. Ada 5 orang siswa yang ikut yaitu Atha, Surya, Wahyu Rafi, Fiddarain dan M. Attiya. Pendampingnya ada 2 orang yaitu Muhammad Zaenuri dan Ust. Arif serta Pa Nurdin yang mengantar sampai ke lokasi.

Mengutip dari medsos NU Online, bahwa tanggal 22 Oktober ditetapkan sebagai hari santri oleh Presiden Joko Widodo melalui keputusan presiden (Keppres) nomor 22 taun 2015 pada tanggal 15 Oktober 2015. Sejak saat itu, setiap tahun para santri merayakan nya dengan berbagai kegiatan seru khas santri. 

Hari santri merupakan pengakuan perjuangan para santri da kyai pesantren dalam mempertahankan kemerdekaan bangsa Indonesia.

Kemarin, suami dan para siswa yang ikut, menggunakan pakaian khas santri yaitu sarung hitam, baju putih dan peci hitam. Disana sudah berkumpul para santri dari beberapa sekolah dan pesantren yang ada di wilayah. Berangkat jam 6 pagi dan baru pulang sekitar jam 11 siang.

Sementara saya, semalam setelah maghrib sharing ma siswi angkatan 27 yaitu Lascaren akhwat di gedung H, untuk bersilaturahmi dan mengingatkan tentang beberapa hal.

Mulai dari cerita dari pengalaman umrah di bulan September, cerita seputar Palestina, motivasi untuk semakin semangat beribadah, serta menceritakan kisah yang mengamalkan shalawat 1000 kali sehari untuk mengatasi berbagai persoalan hidup nya.


Saya dan suami, tugasnya mendampingi para siswi atau para santri di bumi cendekia ini, hari kerja maupun hari libur, dengan harapan bahwa mereka akan tumbuh menjadi generasi yang cinta Quran, peduli urusan umat Islam, dan suatu saat nanti, mereka berkiprah di masyarakat baik dengan keilmuan maupun dengan keahlian lain yang dimilikinya. Semoga saya dan suami kebagian pahala jariyah dalam mendidik mereka. Setiap kebaikan yang mereka lakukan, semoga kami juga kecipratan pahalanya. Karena hakikatnya mendidik orang lain adalah perihal mendidik diri sendiri, mengajar orang lain adalah mengajar diri sendiri terlebih dahulu.


Serpong, 23.10.23.13.23

Eva Novita Ungu

No comments:

Post a Comment

Postingan Favorit