Thursday, October 19, 2023

KETIKA UJIAN HIDUP TERASA MELELAHKAN

 Pada hari Rabu kemarin tanggal 18 Oktober 2023, saya mengikuti pengajian yang diselenggarakan oleh pengurus komite SDIT Darul Quran Mulia Bogor, dengan tema "Ketika Ujian Hidup Terasa Melelahkan". Narasumbernya adalah Ustadzah Eva Muzlifah, Lc, MA, lulusan dari Universitas Al Azhar Mesir.

Saat saya tiba disana pukul 09.30, ustadzah nya belum datang dan diisi dengan pembacaan shalawat, lalu tiba-tiba saat saya ngobrol dengan seorang pengurus komite, saya diminta mengisi waktu dengan mengaji bareng dulu. Baiklah saya terima tantangan ini dan saya pun maju ke depan, untuk sama-sama tilawah atau membaca Al-Qur'an, surat yang dipilih adalah surat Al Mulk, baru sampai ayat 10, alhamdulillah Ustadzah nya datang, dan tilawah pun dihentikan.



Apa saja yang dibahas? sepertinya tema ini menarik buat emak emak, yang setiap harinya ada saja ujian dalam rumah tangga, baik ujian kesedihan maupun ujian kegembiraan. Yuk ikutin teruss ya

Saat baru tiba, ada fans yang diam diam moto saya, hehe 


Ustadzah memulai kajian dengan membaca pendahuluan dan beberapa ayat Al Qur'an yang terkait dengan tema ujian. Lalu melanjutkan dengan bercerita pengalaman pribadinya tentang ujian terberat yang dialaminya. Ustadzah bercerita bahwa kejadian berat yang tak terlupakan dalam hidupnya adalah saat ia tertipu travel umrah. Beliau kerjasama dengan travel umrah, jamaah yang akan berangkat umrah menyetorkan uangnya kepada Ustadzah dan Ustadzah langsung menyetorkan semuanya ke pihak travel. Ternyata travel tersebut bangkrut dan saat jamaah nya ini harus berangkat, uangnya sudah tidak ada.

Ustadzah pun banyak didatangi para jamaahnya dan harus menyelesaikan masalah ini dengan cara mencari dana untuk memberangkatkan jamaahnya. Singkat cerita, ustadzah pun langsung mencari tiket, mengurus visa dan mencari hotel untuk para jamaah yang harus diberangkatkannya. Ada sekitar 25 orang jamaah yang harus diurus segala keperluannya untuk berangkat umrah. Total dana yang harus dikeluarkan adalah lebih dari 500 juta dan Beliau pontang panting mencari pinjaman sana sini. Alhamdulillah semua dimudahkan hingga bisa memberangkatkan jamaahnya ini.

Demikian ujian terberat pertama yang dialami langsung oleh ustadzah narasumbernya, dan ujian terberat kedua adalah saat buah hatinya yang masih berusia 6 bulan, Saat menceritakan kejadian tersebut, beliau tak berhenti mengeluarkan airmata. Sedih karena kehilangan buah hati yang dicintainya, tapi juga harus ikhlas karena semuanya adalah ketetapan Allah yang terbaik.

Setelah itu, ustadzah menyampaikan tips untuk bisa ringan dalam mengatasi ujian hidup yaitu dengan bersabar dan banyak berdzikir serta beristigfar kepada Allah. Karena hanya Allah yang dapat menolong kita dan mencari solusi atas semua permasalahan kita dan Dia berjanji dalam Al Qur'an bahwa bersama kesulitan itu ada kemudahan.

Beliau juga mengutip hadist berikut

إِنَّمَا الصَّبْرُ عِنْدَ الصَّدْمَةِ الْأُولَى

 yang artinya, "Kesabaran yang hakiki itu saat pukulan pertama (musibah pertama) terjadi" 

Sabar itu akan tercermin pada saat diuji, apakah marah, protes pada takdir Allah, kecewa ataukah menerima dengan lapang dada semua ujian tersebut dan yakin bahwa Allah adalah sebaik-baik pembuat skenario hidup.

Pada sesi tanya jawab, ada beberapa bunda yang bertanya, diantaranya bagaimana cara menjadi orang yang ikhlas terhadap takdir Allah. Ustadzah menjawab, agar melihat hidup orang lain yang dibawah kita, bukan yang diatas kita. Misalnya kita yang sudah diberi anugerah anak, maka lihatlah orang yang sudah menikah bertahun-tahun, tapi belum dikarunia anak. Yang sudah punya mobil dan rumah, maka lihatlah orang yang untuk makan saja, masih harus bersusah payah mencari nafkah.

Demikian ringkasan kajian kemarin, semoga bermanfaat

Berikut adalah dokumentasi emak emak yang ikut kajian ini bersama ustadzah nya.


Dan setelah kajian, seperti biasa, emak emak itu tak jauh jauh dari acara makan-makan. maka cuslah emak emak ini ke tempat mie ayam bambu yang tak jauh dari sekolah. Berikut adalah foto saat emak emak makan mie ayam...


Dan emak emak di seluruh dunia, itu mottonya sama

"cita cita pengen langsing, tapi hobinya ngemil aja " haha bukan begitu emak emak...


Wassalam

Serpong, 19.10.23.09.35


No comments:

Post a Comment

Postingan Favorit