Monday, September 19, 2016

Metode Pendidikan Remaja ala Rasulullah




Akhir-akhir ini saya sedang tertarik dengan buku-buku bertema parenting. Selain karena anak saya Eza sedang aktif dalam segala hal dan harus difasilitasi keinginan belajarnya, juga saya harus mengoptimalkan peran saya sebagai guru bagi para remaja di sekolah tempat saya bekerja. Maka tahap perkembangan anak dan remaja harus saya dalami terus ilmunya agar saya bisa optimal dalam menjalankan peran sebagai ibu bagi anak saya dan guru bagi murid-murid saya.

Diantara buku yang saya baca adalah Mendidik Cara Nabi Muhammad Saw karya Najib Khalid. Ada beberapa tema yang dibahas dalam buku ini, diantaranya tentang metode Rasulullah dalam mendidik remaja. Pada bagian yang membahas tema ini, diawali dengan kisah seorang pemuda yang meminta ijin pada Rasulullah untuk berzina. Kita pun mengetahui bahwa Rasulullah tidak langsung melarangnya tapi mengajak pemuda itu berdialog dan memberikan analogi jika itu terjadi pada ibunya, saudara perempuannya dan lain lain. Di akhir cerita ternyata Rasulullah malah mendoakan kebaikan bagi pemuda ini. Begitulah salah satu metode yang digunakan Rasulullah dalam mendidik remaja.


Ada beberapa metode yang digunakan Rasulullah dalam mendidik remaja yaitu :
1.      Mendoakannya agar pikirannya bersih dari hasrat-hasrat semacam itu.
2.      Nabi mengajukan banyak pertanyaan, karena hal itu dapat lebih menguatkan alasan.
3.      Berbicara dengan cara mengajukan pertanyaan, cara ini memiliki beberapa manfaat, diantaranya :
a.       Jawaban dipandang sebagai dalil ilmiah buat dirinya
b.      Memfokuskan pikiran remaja pada pertanyaan
c.       Terjalinnya interaksi yang sesungguhnya antara guru dengan murid.
4.      Mengajak berbicara yang terpusat pada inti permasalahan agar tidak kabur
5.      Membuka dialog
6.      Memahami sisi psikologis remaja

Dengan demikian ajaran Islam sudah sangat lengkap ajarannya, dari mulai hal yang kecil seperti adab makan hingga urusan besar seperti pendidikan anak bahkan urusan politik pun sudah selesai dipraktikan Rasulullah hingga para sahabatnya. Tugas kitalah sebagai umat nya untuk terus mengaplikasikan keindahan ajaran Islam sehingga bisa dirasakan oleh seluruh kalangan.

Sumber : Buku Mendidik Cara Nabi Muhammad Saw karya Najib Khalid, penerbit Pustaka Hidayah

Ahad 18 September 2016. 21.13
#ODOPfor99days
#day126

No comments:

Post a Comment

Postingan Favorit