Sunday, September 25, 2016

Aspek Perkembangan Masa Kanak-Kanak dan Remaja




Melanjutkan pembahasan masa remaja dari buku Mendidik Cara Nabi Muhammad Saw karya Najib Khalid, diulas juga tentang beberapa aspek perkembangan yang menjadi titik perbedaan antara masa kanak-kanak dan masa remaja.

Aspek yang dibahas adalah kematangan sosial, kekuasaan keluarga, kematangan akal, kematangan emosi, profesi, penggunaan waktu luang dan falsafah hidup. Dari aspek-aspek tersebut, terlihat perbedaan mencolok antara masa kanak-kanak dan masa remaja yang berefek pada penggunaan metode yang berbeda dalam pendidikan dan pembinaannya.

Berikut adalah paparannya :


ASPEK
FASE AKHIR ANAK-ANAK
FASE REMAJA

KEMATANGAN SOSIAL
Perasaan tidak meyakini orang lain Merasa aman dan percaya kepada orang lain
Bergaul dengan banyak teman Memilih satu teman akrab
Tidak memiliki toleransi sosial Memiliki toleransi sosial
Meniru seseorang secara langsung Tidak meniru seseorang secara langsung

KEKUASAAN KELUARGA
Mutlak di bawah pengontrolan kedua orang tua Dapat mengontrol diri sendiri
Berlindung kepada orangtua untuk mendapat keamanan Berlindung kepada diri sendiri untuk mendapatkan keamanan
Memperlakukan orangtua sebagai figur yang dicontoh Memperlakukan orang tua sebagai teman

KEMATANGAN AKAL
Membenarkan sesuatu secara buta Mencari dalil sebelum menerima
Menginginkan kebenaran Ingin menafsirkan kebenaran
Banyak memiliki kecenderungan baru Memiliki kecenderungan yang sedikit tapi pasti


KEMATANGAN EMOSI
Luapan emosinya belum matang Luapan emosinya tidak membahayakan juga tidak membangun
Penafsiran subjektif terhadap peristiwa Penafsiran objektif terhadap peristiwa
Kekhawatiran yang kekanak-kanakan dan perlindungan kekanak-kanakan Kematangan motif dalam menghadapi pengaruh
Biasanya lari dari konflik Menghadapi dan menyelesaikan konflik


PROFESI
Menyukai pekerjaan yang kontras Menyukai pekerjaan yang praktis
Menyukai banyak pekerjaan Menyukai satu pekerjaan
Kurang mempertimbangkan kemampuan pribadi Mengenal baik kemampuan pribadi
Tidak adanya kesesuaian antara keinginan dengan kemampuan Sesuai antara keinginan dengan kemampuan

PENGGUNAAN WAKTU LUANG
Menyukai permainan aktif yang tidak teratur Menyukai permainan kelompok yang logis
Menginginkan keberhasilan pribadi Menyukai keberhasilan tim
Ingin mengikuti permainan Suka menonton permainan
Memiliki hobi yang banyak Memiliki satu atau dua hobi
Bergabung dengan sejumlah klub Masuk dalam satu klub saja


FALSAFAH HIDUP
Tidak peduli dengan peraturan umum Peduli dan memahami peraturan umum
Perilakunya mengacu pada kebiasaan tertentu yang diajarkan Perilakunya mengacu pada landasan etika secara umum
Perilaku dimotivasi untuk tercapainya kebahagiaan dan terwujudnya cita-cita Perilaku berangkat dari rasa kewajiban

Ahad 18 September 2016. 21.42

#ODOPfor99days
#day131

No comments:

Post a Comment

Postingan Favorit