Sunday, September 25, 2016

Resensi Buku : 10 Prinsip Spiritual Parenting




 

Judul                 : 10 Prinsip Spiritual Parenting

Penulis             : Mimi Doe & Marsha Walch

Penerjemah      : Rahmani Astuti

Penerbit           : Media Pustaka Sentra

Terbit               : 2001, cet 1

Tebal               : 322 halaman

 

Saya menemukan buku ini di dalam rak lemari saya, sudah bertengger bertahun-tahun dalam lemari saya tapi entah kenapa saya tergerak kembali untuk membaca buku ini, kali ini saya buka bersamaan dengan buku parenting islami seperti Tahapan Mendidik Anak Teladan Rasulullah Saw karya Jamaal Abdur Rahman dan Mendidik Cara Nabi Saw karya Najib Khalid.

Sengaja saya buka bersamaan antara buku barat dengan buku islami untuk membandingkan metodologi dan isi buku-buku tersebut. Walau saya belum membaca keseluruhan buku tersebut, tapi secara umum saya sudah bisa menyimpulkan bahwa secara isi, buku-buku parenting islami tidak kalah, lebih berbobot dan kuat dari sisi referensi. Sementara buku barat yang diwakili buku ini, isinya sederhana bahkan disimpulkan dengan poin-poin dan disertakan beberapa kisah dan pengalaman dari beberapa anak dan orang tua untuk memperkuat poin-poin tersebut.


Menurut buku ini, ada 10 prinsip spiritual parenting yaitu sebagai berikut :
1.      Ketahuilah bahwa Tuhan memperhatikan anda
2.      Percaya dan ajarkan bahwa semua kehidupan berhubungan dan bertujuan
3.      Dengarkan anak anda
4.      Kata-kata itu penting, gunakanlah dengan hati-hati.
5.      Izinkan serta doronglah impian, keinginan dan harapan
6.      Beri sentuhan keajaiban pada hal-hal biasa
7.      Ciptakan struktur yang luwes
8.      Jadilah cermin positif bagi anak anda
9.      Lepaskan pergulatan yang menekan
10.  Jadikan setiap hari suatu awal baru

Uniknya, setiap sub bab ini diakhiri dengan latihan membangun wawasan, pertanyaan untuk para orangtua dan pertanyaan bagi anak-anak. Sangat praktis dan aplikatif. Ada pernyataan penulis yang cukup mengagetkan yaitu “Anak-anak adalah makhluk spiritual. Secara alami mereka memiliki apa yang selama bertahun-tahun kita coba peroleh kembali. Dan kita (orang dewasa) perlu belajar dari anak-anak untuk menjadi “makhluk spiritual” (makhluk yang mementingkan nilai-nilai spiritual).

Secara pribadi, saya senang membaca buku-buku seperti ini (yang oleh beberapa kalangan disebut buku barat dan tidak islami). Pengarangnya memang bukan orang islam tapi secara konten, banyak yang islami dan lebih membuat saya mencintai ajaran Islam.

Ahad 18 September 2016. 23.23
 
#ODOPfor99days
#day130

No comments:

Post a Comment

Postingan Favorit