Thursday, September 1, 2016

Resensi Buku : Pendidikan Karakter dengan Metode Sentra (bagian pertama)




 

Judul                 : Pendidikan Karakter dengan Metode Sentra, Revolusi Pendidikan Anak Usia Dini

Penulis               : Yudhistira dan Siska Y. Massardi

Penerbit             : Media Pustaka Sentra

Terbit                 : 2012

Tebal                 : 348 halaman

 

Buku ini merupakan referensi dan pengalaman penulis dalam menerapkan Metode Sentra di Sekolah Batutis Ilmi Bekasi sejak tahun 2006. Metode Sentra yang awalnya bernama Metode Senling (Sentra dan lingkngan) ini dikembangkan oleh Pamela Phelps Phd di Creative School, Tallahassee Florida Amerika Serikat sejak tahun 1970. Metode ini membangun anak pada 8 domain yaitu afeksi, estetika, kognisi, psikomotor, bahasa, sosial, pembangunan dan main pura-pura.

Buku ini terbagi menjadi 3 bagian yaitu bagian pertama tentang pengantar menuju paradigma Metode Sentra (Bab I-VI), bagian kedua berisi panduan penyelenggaraan Metode Sentra (Bab VII) dan bagian ketiga menyajikan potret pengalaman sekolah Batutis al-Ilmi Bekasi dalam menerapkan Metode Sentra (Bab VIII-XI, disertai sejumlah cerita dan referensi pelengkap (Bab XII – XV).


Pada bagian pertama yang berisi 5 bab, membahas tentang pendidikan karakter dengan metode Sentra pada bab I, tahap-tahap perkembangan anak pada bab II, memahami dan membangun kecerdasan jamak pada bab III, jenis-jenis main yang dibutuhkan anak usia dini pada bab IV dan mencukupi kebutuhan main sensorimotor pada bab V dan sasaran pendidikan anak usia dini pada bab VI.

Bagian kedua mengulas tuntas tentang seluk beluk metode sentra, dengan tema pedoman penerapan metode pada bab VII. Pada bagian ini, dibahas lebih mendalam tentang sejarah metode sentra dan jenis-jenis metode sentra serta penerapannya dalam pembelajaran.

Bagian ketiga berisi profil sekolah dan pendidiknya yang menerapkan metode sentra, mulai dari lebih dekat dengan sekolah Batutis Al-Ilmi pada bab VIII, rumah kisah pada Bab IX, membangun sikap, menempa karakter pada bab X, jurnal guru tentang pengalaman para guru yang menerapkan metode sentra pada bab XI, cermin berisi pengalaman orangtua murid pada bab XII, klinik sentra berisi tanya jawab seputar metode sentra pada bab XIII, wawasan parenting pada bab VIX dan khazanah pada bab XV serta bagian penutup melalui lampiran dengan mengulas kumpulan kolom opini dan testimoni tentang metode sentra.

-bersambung-

Kamis 1 September 2016. 21.15

#ODOPfor99days
#day1
20

1 comment:

  1. Mbak saya butuh sekali buku ini. Apakah mbak memilikinya atau menjualnya?

    ReplyDelete

Postingan Favorit