Monday, September 19, 2016

The Traveller Eza : Mengenal Perpustakaan





Sudah lama saya ingin mengajak Eza ke perpustakaan untuk mengenalkan buku dan mainan edukatif. Berkali-kali juga saya meminta suami untuk pergi ke perpustakaan umum milik pemerintah provinsi DKI Jakarta di kawasan Taman Ismail Marzuki Cikini Jakarta, tapi berkali-kali juga suami menolak dengan alasan kesibukan. Nah di hari Sabtu tanggal 4 Juni 2016, dengan tanpa direncanakan sebelumnya, saya dan suami berhasil mengajak Eza ke perpustakaan keren yang ramah anak ini.
Awalnya saya dan suami berencana menengok bayi dari teman kami di Jakarta tapi karena sepulang dari sana masih belum terlalu siang, akhirnya suami malah mengajak ke tempat ini. Wuah saya senang banget dong, karena udah lama banget pengen main ke tempat ini. Sudah berkali-kali saya lihat fotonya di facebook, dan mupeng banget dengan testimoni dari pengunjungnya bahwa perpustakaan ini selain memang punya banyak koleksi buku, juga punya arena bermain yang sangat menarik buat anak-anak.


Saat memasuki kawasan Taman Ismail Marzuki ini, saya dan Eza serta suami, melihat-lihat dulu area planetarium, tapi sepertinya Eza belum cocok dan antriannya panjang banget. Akhirnya kami menuju perpustakaan yang berada disamping Planetarium. Setelah melewati pintu masuk, kami diminta mengisi buku tamu dan menukar KTP dengan kunci loker. Semua tas harus disimpan dalam loker dan kami diberi tas transparan untuk membawa barang berharga. Kami langsung menuju lantai 2 yang memang khusus diperuntukkan untuk anak-anak. Ada berbagai koleksi buku yang menarik, mainan edukatif seperti balok dan puzzle, papan tulis warna, mobil-mobilan dari kayu dan lain-lain. 

Sebenarnya ada ruang bermain yang memang sudah saya incar karena ada perosotan, mobil-mobilan, mandi bola dan lain-lain tapi saat kami kesana, ruangan ini sedang dalam masa perbaikan dan ternyata diperuntukkan bagi anak usia 5 tahun keatas. Akhirnya saya dan suami memutuskan mengajak Eza membaca buku dan main dengan berbagai mainan edukatif, ternyata Eza sangat menikmati sekali berada di tempat ini. Selain tempatnya nyaman, koleksi buku dna mainannya juga berlimpah untuk berbagai kalangan usia.

Kami menyempatkan juga untuk shalat dhuhur di tempat ini. Musholanya sangat nyaman dan aman bagi anak. Sepertinya saya harus kembali lagi ke tempat ini setelah Eza berusia 5 tahun agar dapat lebih menikmati area bermain dan membaca berbagai koleksi buku yang baik dan bergizi. Terima kasih pemprov DKI, tak menyesal kami terdampar ke tempat ini karena memang tempatnya bagus dan nyaman serta menarik bagi anak. Jadi kita sebagai orangtua memang harus banyak mengajak anak ke tempat edukatif seperti perpustakaan ini, bukan hanya mengajak nya ke mall saja. Karena anak yang gemar membaca itu adalah buah dari pengkondisian yang dilakukan sejak kecil...

Ahad 18 September 2016. 23.58
#ODOPfor99days
#day127

No comments:

Post a Comment

Postingan Favorit