Thursday, September 1, 2016

The Traveller Eza : Bereksplorasi bareng Komunitas Pancar




Setelah Eza berumur 2 tahun, saya mulai mencari tempat bermain yang “serius” untuk Eza. Saya tak ingin meyebutnya sekolah, karena memang niatnya mencari teman supaya Eza bisa main bersama dan belajar bersosialisasi. Setelah mencari kesana kemari, akhirnya bertemulah dengan komunitas PANCAR. Komunitas untuk keluarga homeschooling ini didirikan untuk menjadi tempat play date bareng dan belajar serta bermain bareng secara lebih terorganisir.

Sejujurnya saya kenal komunitas ini karena sang pendirinya sudah saya kenal melalui komunitas IIP Tangsel. Beruntung saya bisa kenal dengan beberapa member komunitas ini yang sangat concern dengan pendidikan anak. Hingga akhirnya setelah ngobrol ngalor ngidul, saya pun resmi bergabung dengan komunitas PANCAR agar Eza kaya pengalaman dan terbiasa bersosialisasi dengan berbagai kalangan.

Pada hari Kamis tanggal 28 Juli 2016, akhirnya saya berhassil kopdar perdana dengan anggota komunitas PANCAR ini. Momen ini sekaligus dijadikan momen halal bihalal setelah lebaran dan liburan dijalani beberapa minggu sebelumnya. Alhamdulillah sambutannya sangat hangat dan Eza pun tampak menikmati berkenalan dan bermain bareng teman-teman barunya. Apalagi aktivitas main nya adalah membuat kapal-kapalan, main air yang emang udah jadi hobinya ... dan banyak makanannya pula hehe


Bertempat di rumah bunda Alvina di kawasan Ciputat, kami berhasil membuat eksperimen kapal dari bahan sederhana yaitu sedotan, botol berkas, bekas dus susu, lilin playdough, cutter, lem dan ember yang berisi air untuk membuktikan apakah kapalnya bisa berlayar atau tidak. Seru dan sangat edukatif ... terlihat rona rona wajah yang bergembira dari anak-anak yang mengikuti eksperimen ini.
Walaupun perjalanan jauh harus ditempuh Eza dengan rute BSD-Ciputat-BSD, tapi kami tak menyesal sedikitpun. Walau Eza tertidur pulas selama perjalanan pergi dan pulang dari kegiatan komunitas PANCAR ini, tapi kami puas dengan kegiatan dari komunitas ini. Banyak manfaat dan keuntungan yang kami peroleh dari kegiatan ini. Selain membiasakan Eza dengan perjalanan jauh dalam menuntut ilmu, juga belajar bersosialisasi dengan yang lebih tua maupun yang lebih muda dan yang lebih penting adalah mengasah sisi motorik halus dan kasarnya melalui eksplorasi membuat kapal serta belajar mengolah bahan sederhana menjadi mainan yang seru dan mengedukasi. 

Terima kasih komunitas PANCAR ...


Kamis 1 September 2016. 23.01

#ODOPfor99days
#day122

No comments:

Post a Comment

Postingan Favorit