Thursday, March 30, 2023

Maurice Bucaille: Ilmuwan non Muslim yang Belajar Bahasa Arab Pada Usia 50 tahun (Bagian 2)

 


Melanjutkan kisah hidup seorang Maurice Bucaille, dokter bedah dari Perancis yang haus akan ilmu pengetahuan, dan membandingkan semua kitab suci dari pisau sains. Ternyata menemukan akhir pencariannya pada Islam, dan terus menerus mengkaji Al-Qur’an. Awalnya belajar Al-Qur’an dari terjemahan, tapi ternyata tidak puas. Akhirnya pada usia 50 tahun, Maurice belajar bahasa Arab selama kurang lebih 2 tahun. Ternyata tak ada istilah tua untuk memulai belajar.

Yang penasaran bagian pertamanya, bisa meluncur kesini.

Saat meneliti mumi Firaun, berbekal ilmu bedahnya, Maurice menyimpulkan bahwa Firaun yang tenggelam di laut merah adalah benar dan terbukti dari kandungan sisa garam yang melekat pada tubuh mumi Fir’aun. Awalnya sebelum masuk Islam, Maurice yakin 100 persen bahwa Al Qur’an adalah karya Nabi Muhammad, tapi saat meneliti mumi Firaun, ia pun menjadi ragu dan bertanya-tanya, “apakah mungkin Nabi Muhammad mengetahui kejadian Nabi Musa sementara kejadiannya jauh sebelum Al-Qur’an diturunkan? Apakah Firaun yang tenggelam di laut merah adalah sama dengan Firaun yang mengasuh Nabi Musa di istana?”

Dalam buku Arkeologi Al-Qur’an yang terbit tahun 2020, karya Ali Akbar, banyak para ahli yang meneliti Firaun manakah yang mengejar Nabi Musa dan akhirnya tenggelam di laut merah? Para peneliti sejarah menyimpulkan ada 2 nama yaitu Firaun Ramses II dan anaknya, Firaun Merneptah. Ramses memerintah hingga tahun 1212 SM, mumi atau jasadnya sudah diteliti banyak ahli termasuk Maurice. Jasad Firaun masih utuh hingga saat ini, membuktikan bahwa jasadnya betul betul diselamatkan Allah untuk menjadi pelajaran bagi kita, umat akhir zaman.



Menurut para ahli sejarah, Nabi Musa diperkirakan hidup sekitar tahun 1212 SM, jadi Firaun yang memelihara dan membesarkan Nabi Musa adalah Ramses II. Setelah dewasa dan berda’wah, Nabi Musa dikejar Firaun berikutnya yaitu Merneptah. Ternyata Firaun yang mengasuh Nabi Musa saat kecil berbeda dengan Firaun yang mengejar Nabi Musa di laut merah. Kini jasad kedua Firaun tersebut dapat dilihat di museum Kairo, Mesir. Masya Allah luar biasa jika Al-Qur’an dikaji dan diteliti dengan berbagai jenis ilmu pengetahuan, banyak hal dan pengetahuan baru yang bisa kita dapatkan dan menjadikan kita semakin yakin dengan kebenaran Al-Qur’an.

Masih terkait Mesir dan Al Qur’an, Ali Akbar juga meneliti kemungkitan keterkaitan antara surat Asy-Syu’ara ayat 57 dan keberadaan oasis di Kuil Karnak di Luxor, Mesir. Mari kita telaah bunyi ayatnya

 

فَأَخْرَجْنَاهُمْ مِنْ جَنَّاتٍ وَعُيُونٍ

Maka Kami keluarkan Firaun dan kaumnya dari taman-taman dan mata air,

Pada abad ke-19, para ilmuwan menemukan reruntuhan kuil tersebut yang menyimpan begitu banyak peninggalan masa lalu peradaban Mesir kuno. Diantaranya adalah sejumlah mata air atau danau kecil di dalam kompleks yang dikembangkan para Firaun ratusan tahun lamanya itu. Uniknya, tak sedikit telaga yang masih mengalirkan air disana hingga saat ini. Hal ini senada dengan ayat diatas yang mengungkapkan ada taman dan mata air di sekitar Fir’aun. Bisa jadi, kuil karnak di Luxor merupakan salah satu taman atau mata air yang disebutkan dalam ayat tersebut. Tentu ini masih membutuhkan penelitian dan penyelidikan lebih lanjut. Tak salah bila beberapa ayat Al-Qur’an menyuruh kita untuk berfikir dan menggunakan akal dalam memahami ayat ayat Allah. Maka dibutuhkan orang-orang cerdas untuk memahami dan mendalami ilmu ilmu Al-Qur’an ini. Semoga kita diberikan kemudahan dalam memahami isi kandungan Al Qur’an.

Wallahu’alam bishawab.

Serpong, 30 Maret 2023

Eva Novita Ungu

Sumber

       ·         Kajian Ust. Budi Ashari (https://youtu.be/QP-kbNFXfKQ)
 ·         Maurice Bucaille, Dokter Prancis Pengkaji Al Quran - Islami[dot]co
·  Benarkah Maurice Bucaille Ilmuwan Prancis Mualaf Setelah Ikut Muktamar Muhammadiyah? - Muhammadiyah
 ·         Maurice Bucaille Tersentuh Kebenaran Alquran | Republika Online
 ·         Siapa Firaun yang Kejar Nabi Musa dan Ditelan Laut Merah? | Republika Online

 

 


1 comment:

  1. Masyaa Allah.. Salah satu pembuktian Al Quran setelah sains mejawabnya. Thoyyib..👍👍

    ReplyDelete

Postingan Favorit