Thursday, August 24, 2017

Day 6 Game Level 7 : Tak Bosan Naik Kereta



Saat saya merencanakan untuk mengajak Eza ke Surabaya dalam rangka pelatihan koperasi, saya mempunyai misi untuk memberikan pengalaman pada Eza untuk berpetualang sambil belajar berbagai hal. Maka pilihan transportasi pergi dan pulang pun saya pertimbangkan. Saya ingin Eza merasakan dan menikmati berbagai pilihan transportasi untuk perjalanan jarak jauh. Maka saya pilih pergi dengan pesawat dan pulang dengan kereta.

Kisah petualangan pertama Eza dengan pesawat sudah saya ceritakan pada bagian sebelumnya. Sekarang saatnya menceritakan kebahagiaan Eza saat pulang dari Surabaya menuju Jakarta dengan menggunakan kereta. Saya memilih pulang di sore hari dengan menggunakan kereta kelas bisnis menuju stasiun Senen, dari Pasar Turi pukul 15.30 dan tiba di stasiun Senen diperkirakan pukul 02.30.

Sebenarnya Eza sudah sering melihat dan naik kereta saat di Serpong. Seringkali saya ajak Eza ke stasiun Rawabuntu untuk hanya sekedar melihat kereta atau bahkan naik kereta, baik itu ke Tanah Abang, Parungpanjang atau Ke Jurangmangu menuju BXC Bintaro. Saya fikir Eza akan bosan naik kereta karena sudah beberapa kali diajak melihat dan naik kereta, ternyata saat pulang dari Surabaya, ia tetap berbinar binar saat diberitahu akan pulang naik kereta.


Sebelum berangkat, sebenarnya saya amati Eza ngantuk berat karena tidak tidur siang, saya fikir setelah naik, ia akan langsung tidur. Ternyata, baterainya tetap full. Bahkan ia bisa mengajak teman barunya yang duduk depan saya, untuk bermain bersama. Awalnya hanya saling melirik, lama-lama saling berlarian di lorong kereta. Lucunya, ada anak perempuan yang duduk di belakang, awalnya hanya menonton, lama-lama mengikuti Eza dan teman barunya seperti terlihat dalam foto berikut.



Saya amati Eza sering melihat jendela, ngomong sendiri, bercerita sendiri, nanti mendatangi teman barunya yang lebih muda yang duduk di depan saya, trus kembali lari-lari. Ngantuk nya sepertinya terbang entah kemana. Saya biarkan saja Eza menikmati masa-masa indahnya di kereta. Magrib lewat, ia masih kuat, barulah setelah isya dia bilang “Bunda, aku ngantuk mau bobo”. Dalam hati, akhirnya cape juga. Saya akan catat baik-baik bahwa petualangan naik kereta adalah salah satu momen emas dalam kehidupan masa kecil Eza. Entah apakah profesinya nanti akan berhubungan dengan aktivitas favoritnya Eza saat ini terkait dengan petualangan naik kereta.

Tugas orangtua hanya memfasilitasi anak untuk bermain dan belajar. Saat ini, usia Eza adalah 3,5 tahun dan saya bebaskan Eza untuk bermain apapun yang disukai. Tugas saya adalah mengamati dan mendokumentasikan. Semoga masa bermain ini akan dikenang Eza sebagai masa yang membahagiakan hatinya.

Semoga Bermanfaat

Kamis, 240817.00.10
#Tantangan10HariLevel7
#day6
#KuliahBunSayIIP
#BintangKeluarga

#odopfor99days#semester2#day65

No comments:

Post a Comment

Postingan Favorit