Thursday, July 20, 2017

Day 1 Cinta Matematika : Mengenal Angka



Materi keenam ini adalah tentang matematika di sekitar kita. Seru dan menantang materi dan game nya. Sebenarnya Eza sudah lama dikenalkan dengan matematika, secara tidak sadar, kadang sambil naik motor saya ajak dia menghitung kerbau yang terlihat di jalan yang sering dilewati, menghitung mobil, belajar bentuk, dan lain-lain.

Saya seringkali mengajak dia naik motor baik jarak jauh maupun jarak dekat, sejak Eza berusia 2 tahun. Biasanya Eza ngantuk kalau dibawa bermotor ria dalam jarak waktu yang jauh. Maka saya sebisa mungkin mengajak dia ngobrol, memperdengarkan surat-surat pendek dalam Al-Qur’an, dan mengenalkan ia dengan angka-angka. Kadang saya perdengarkan angka 1-10 dalam bahasa Indonesia, di waktu lain dalam bahasa Arab dan juga bahasa Inggris. Awalnya saya iseng saja biar dia tidak ngantuk. Ternyata efeknya lumayan dahsyat, ia cepat hafal.

Kemarin pagi, seperti biasa kami lewat jalan yang sering menjadi lapangan tempat makannya para kerbau. Saya ajak dia menghitung kerbau,

“Mas, coba lihat, kerbaunya ada berapa?”

“Ada dua bunda”, jawabnya.

Saya cek kerbau yang ada di lapangan itu, memang benar hanya ada dua. Setiap hari jumlah kerbau yang ada memang berbeda-beda.


Saya juga mulai mengenalkan angka pada Eza lewat puzzle angka. Dia masih belum ngeh sih dengan angka-angka, tau kalau itu 2,3 atau 4 tapi bentuk tulisan nya dia belum terlalu faham. Saya takjub saat tadi dia minta bermain puzzle angka. Padahal mainan balok, pasir juga ada. Tapi dia minta bermain puzzle. Wah saya manfaatkan momen “aha” nya yang tidak datang setiap saat. Saya pun membiarkan ia bermain puzzle, walau masih bertanya-tanya, ini simpannya dimana bunda? (sambil menunjukkan angka 6, 7). Lalu saya perjelas kalau itu angka enam, angka 7.

Seru juga bermain matematika bareng Eza. Sambil bermain, dia sesungguhnya sedang belajar. Matematika tersebar di sekitar kita. Semoga Eza cinta matematika karena matematika itu fun alias menyenangkan. Yeah ...


Semoga Bermanfaat

Kamis, 200717.17.20
#Day1
#GameLevel6
#Tantangan10Hari
#KuliahBunsayIIP
#IloveMath
#MathAroundUs
#odopfor99days#semester2#day44

No comments:

Post a Comment

Postingan Favorit