Sunday, July 23, 2017

Day 4 Cinta Matematika : Menghitung Uang dan Mengenal Celengan



Eza senang sekali jajan, terutama es krim, dari pagi siang sore kalau jajan, pasti mintanya es krim. Maka saya berusaha mengeremnya dengan cara mengajarkannya menabung. Saya belika dia celengan yang menarik, cukup uang receh saja hasil kembalian, itu sudah membuat dia senang banget.

Maka tiap kali kami memasukkan uang ke celengan, saya sambil mengenalkannya dengan nilai uang. Walaupun belum terlalu ngerti, yang penting dikenalkan saja dulu. Lalu, saya menyuruh dia menghitung ada berapa uang yang dimasukkan ke celengan. Eza pun semangat menghitung, satu dua tiga ... kadang saya sambil ngetes bilangan bahasa arab dan inggris nya.

Lucunya, kalau menghitung angka dalam bahasa inggris, dia suka bercanda dengan menyambungkannya ke huruf hijaiyah terutama ke huruf ‘ain, ghain, begini dia bilang
“one, two, three, four, five, six, seven, eight, nine, (a’ain). GHAIN”


Tentu dengan pelafalan ala dia, haha bisa saja nyambunginnya... saya koreksi bilangannya, tetap saja maunya begitu. Setiap kali dites angka 1-10 dalam bahasa inggrisnya, pasti dia balik lagi kesitu. Ini salah siapa ya hehe...

Yang sangat lancar memang angka 1-10 dalam bahasa Indonesia dan bahasa Arab. Padahal saya mengajarkannya hanya saat naik motor, sambil jalan sambil saya sebutkan angka-angka ini. Dia pun mengikuti. Bahkan saat praktek di rumah, dia bisa menyebutkan angka 1-10 sambil memperlihatkan tanda di tangannya, kalau satu telunjuk, kalau dia telunjuk dan jari tengah dan lain-lain.

Karena matematika itu menyenangkan ... maka belajarnya juga sebisa mungkin fun sambil bermain.

Semoga Bermanfaat

Ahad, 230717.04.05
#Day4
#GameLevel6
#Tantangan10Hari
#KuliahBunsayIIP
#IloveMath
#MathAroundUs
#odopfor99days#semester2#day47

No comments:

Post a Comment

Postingan Favorit