Saturday, July 22, 2017

Day 3 Cinta Matematika : Bermain Bersama Teman Teman



Saat ini Eza sudah berusia 3,5 tahun, tak terasa waktu semakin cepat berlalu. Kalau dulu saya harus selalu menemani Eza bermain, sekarang Eza sering didatangi teman-temannya dan mereka pun bermain bersama, kadang di rumah saya, atau main sepeda, atau di rumah temannya. Semaunya mereka saja bermain, ada sekitar 3-4 orang teman Eza yang sering bermain bersama, mayoritas mereka lebih tua dari Eza tapi entah kenapa Eza sering didatangi teman-temannya yang lebih tua. Semoga karena Eza adalah teman yang menyenangkan.

Saat bermain di rumah, apakah semuanya lancar dan rukun saja tanpa berantem? Oh tentu tidak sama sekali, tak jarang tiba-tiba suara tangis terdengar, saling jambak, saling rebutan mainan, Eza menghampiri saya sambil menangis karena dipukul temannya, wah pokonya rasanya nano nano deh. Namanya juga anak-anak, biarkan mereka berantem karena sebenarnya mereka sedang belajar memecahkan masalah mereka ala mereka sendiri.


Saat di rumah saya, seringkali Eza menawarkan bermain balok. Campur aduk lah itu antara lego, balok, mobil-mobilan dan lain-lain. Balok kayu yang terdiri berbagai bentuk, mereka susun, kadang menjadi mobil, kadang menjadi kereta api, kadang menjadi jembatan, macem macem lah bentuknya. Saya biarkan saja mereka berkreasi, nanti tau-tau Eza sudah memberikan saya “hadiah”, katanya, 
“Bunda, ini buat bunda”, hm rasanya nyes bangetz.

Balok ini juga menjadi sarana saya mengenalkan berbagai bentuk ruang pada Eza, seperti lingkaran, segitiga, segi empat dan lain-lain. Tak ada target dia harus mengenal dan faham berbagai bentuk. Hanya memperkenalkan saja sambil bermain. Yang penting bahagia dan alami belajarnya, ga ada sesi khusus, mengenal berbagai bentuk misalnya. Maka dalam foto juga berbagai bentuk balok berserakan. Belum selesai bermain balok, mereka sudah pindah lagi ke mewarnai gambar. Wis lah terserah kalian saja ya bocah’s.

Karena matematika itu menyenangkan ... maka belajarnya juga sebisa mungkin fun sambil bermain.

Semoga Bermanfaat

Sabtu, 220717.14.50
#Day3
#GameLevel6
#Tantangan10Hari
#KuliahBunsayIIP
#IloveMath
#MathAroundUs
#odopfor99days#semester2#day46


No comments:

Post a Comment

Postingan Favorit