Saturday, July 29, 2017

Day 10 Cinta Matematika : Belajar Menggunting (Bangun Ruang)



Setelah berbagai permainan dilakukan bareng Eza untuk mengenal matematika, kemarin saatnya melatih motorik halusnya. Saat di rumah, dan melihat ada gunting nganggur, saya langsung punya ide, bikin gambar bangun ruang di kertas, trus Eza belajar menggunting sesuai garis yang ada di gambar.

Saya siapkan kertas dan spidol, trus saya gambar 3 bentuk bangun ruang, yaitu segitiga, lingkaran dan segi empat. Lalu saya bilang sama Eza,

“mas, ini namanya segitiga, ini namanya lingkaran, ini namanya segi empat, coba mas tebak ini namanya apa (sambil saya tunjuk bentuk lingkaran)”

“lingkaran,” jawab Eza

“kalau ini? (sambil saya tunjuk segiempat)”

Eza mulai kelihatan bingung, iyalah usia segitu belum saatnya juga memahami bangun ruang, niat saya hanya akan memperkenalkannya.

Lalu saya ulangi lagi, ini segiempat, ini segitiga sambil saya tunjuk gambar segitiga.


Setelah saya selesai menggambar, saya minta Eza untuk ambil gunting. Dia semangat sekali kalau disuruh melakukan sesuatu, lalu saya bilang,

“Mas, tolong gunting sesuai garis yang ada di kertas ya...”

“Baik” jawab dia.

Padahal, saat menggunting, tetap aja semaunya, bukan sesuai instruksi tadi. Ya sudah, terserah dia saja lah. Ini kan baru melatih sensorik halusnya saja. Karena baru permulaan, wajar lah masih semrawut. Yang penting mah seneng saat melakukannya, seperti yang terlihat dalam foto berikut. Serius bener mas... Padahal niat si bunda supaya dia santai saat menggunting, kenapa jadi terlihat serius banget ya hihi...



Karena matematika itu menyenangkan dan mari belajar matematika dengan bermain...

Semoga Bermanfaat

Sabtu, 290717.04.20
#Day10
#GameLevel6
#Tantangan10Hari
#KuliahBunsayIIP
#IloveMath
#MathAroundUs
#odopfor99days#semester2#day53

No comments:

Post a Comment

Postingan Favorit