Wednesday, August 3, 2016
Semangat Belajar Bahasa Arab Yukss
Sejak lama sebenarnya saya tertarik dengan bahasa Arab, mungkin tepatnya sejak saya belajar bahasa Arab pertama kali di Madrasah Tsanawiyah atau pesantren. Saat itu saya belajar ilmunya sebatas kewajiban semata. Menghafal nahwu dan sharf, ilmu balaghah, sesungguhnya bukanlah hal yang mudah bagi saya yang sudah dimasukkan ke pesantren sejak lulus SD oleh orang tua saya. Tapi karena kondisi lingkungan yang sedikit “memaksa” akhirnya bisa juga saya belajar dan mendalami bahasa Arab. Bahkan saat itu, kami para santri diwajibkan menggunakan bahasa Arab dalam kehidupan sehari hari selama seminggu penuh lalu minggu berikutnya bergantian dengan bahasa Inggris. Tapi tampaknya inilah yang akhirnya menyebabkan lulusan pesantren banyak yang jago berbahasa Arab dan Inggris nya.
Saat SMA, saya memutuskan keluar dari pesantren dan melanjutkan pendidikan ke SMA umum. Saat itu tahun 1990 an, tak mudah bagi lulusan pesantren untuk masuk dan kuliah di kampus umum dengan ijasah dari pesantren. Diskriminasi pada pesantren saat itu sangat kental sekali. Tapi setelah saya belajar 3 tahun dan berniat untuk kuliah mengambil jurusan umum, ternyata saya mentok juga di jurusan Sastra Arab. Sejak saat itulah saya menetapkan bahwa mungkin dunia saya adalah dunia bahasa Arab.
Setelah tamat kuliah, saya pun mencari kerja dan kecantol pada sekolah unggulan di wilayah Tangerang. Selain mengajar pelajaran agama, saya pun ditugaskan untuk mengajar bahasa Arab Al-Quran selama 3 tahun. Perjalanan karir saya berikutnya bertumpu pada sebuah sekolah menengah atas berasrama hingga sekarang. Diamanahkan untuk mengajar bidang studi bahasa Arab membuat saya memutuskan untuk melanjutkan studi S2 di IIQ untuk khusus konsentrasi pada Al-Qur’an. Disinilah saya mulai terkagum kagum dengan kehebatan dan keindahan bahasa Arab dalam Al-Qur’an.
Rencana Menulis
Setelah terkapar sakit di hari Senin kemarin sehingga ga sempet menyetor tulisan di blog, akhirnya bisa maksain nyempetin nulis lagi ... di tantangan 99 hari menulis semester 2. Kalau semester kemarin asal menulis seperti kejar setoran, yang penting menulis, di semester dua ini pengennya lebih terencana dan lebih berbobot lagi tulisannya.
Berikut adalah rencana tema harian tulisan saya di semester 2 :
Senin : Parenting
Selasa : Travelling
Rabu : Bahasa Arab
Kamis : Hikmah dan
Motivasi
Jumat : Resensi Buku
Rabu, 3 Agustus 2016. 05.48
#ODOPfor99days
#day102
Semangat Menuliss
Akhirnya tiba juga di tantangan ODOP 99 hari semester dua. ternyata kalau g dipaksa, menulis di blog emang ga akan sempet sempet, maka adanya tantangan menulis tiap hari ini saya ikuti untuk tetap menjaga semangat menulis supaya tidak menguap begitu saja ...
1. Yang sudah BERHASIL adalah memenuhi target 99 tulisan walo tidak selalu tiap hari satu tulisan. Kalo tertinggal, kadang weekend menjadi kejar 3 sampe 4 tulisan. Kerasa cape nya
2. Yang belum berhasil, menulis rutin perhari dengan tidak asal menulis tapi sarat makna ...
3. Target menulis itu hanya pengen menyelsaikan episode odop ini dengan tulisan bergizi dan bermanfaat
SEMANGAATTT
#ODOPfor99days
#day101
Thursday, July 21, 2016
#Nice Home Work 7 : Misi Hidup dan Produktivitas
Bunda, setelah di materi NHW#7 kita belajar tentang bagaimana pentingnya menemukan misi hidup untuk menunjang produktivitas keluarga. Maka saat ini kita akan lebih menggali bagaimana menerapkannya secara teknis sbb :
a. Ambil salah satu dari ranah aktivitas yang sudah teman-teman tulis di kuadran SUKA dan BISA (lihat NHW#6)
b. Setelah ketemu satu hal, jawablah pertanyaan “BE DO HAVE” di bawah ini :
1. Kita ingin menjadi apa ? (BE)
2. Kita ingin melakukan apa ? (DO)
3. Kita ingin memiliki apa? (HAVE)
c. Perhatikan 3 aspek dimensi waktu di bawah ini dan isilah:
1. Apa yang ingin kita capai dalam kurun waktu kehidupan kita (lifetime purpose)
2.Apa yang ingin kita capai dalam kurun waktu 5-10 tahunke depan ( strategic plan)
3. Apa yang ingin kita capai dalam kurun waktu satu tahun ( new year resolution)
Mulailah dengan PERUBAHAN, karena pilihannya hanya satu BERUBAH atau KALAH
Mari kita lihat lagi #NHW 6
Tuesday, June 21, 2016
NHW#6 : BUNDA PRODUKTIF, IKHTIAR MENCARI REJEKI
Setelah saya mengisi kuesioner dan berusaha jujur dengan diri sendiri, saat menerima hasilnya, deg degan juga. Disitu disebutkan bahwa potensi kekuatan saya ada di 6 bidang yaitu Administrator, Distributor, Educator, Journalist, Server dan Treasury. Rasanya dari tugas saya sebelumnya, sepertinya ga terlalu melenceng. Administrasi dan Treasury dapat diwakilkan pada misi saya di bidang keuangan, server, educator terwakili dengan peran saya sebagai guru. Journalist terkait hobi saya menulis dan meramaikan blog. Yang lucu itu adalah kekuatan saya sebagai distributor. Memang di sekolah, peran saya sebagai guru asrama setiap hari seringkali dititipi siswa untuk mengirim paket atau sekedar mengambil uang di ATM. Tak terasa kalau itu sudah menjadi rutinitas yang mungkin bisa jadi faktor kekuatan yang belum disadari.
Sunday, June 19, 2016
LEARN HOW TO LEARN #NHW5
Pada tugas kali ini,
kami diminta merefleksikan diri tentang cara belajar dan mengambil pelajaran
dari berbagai kejadian dalam kehidupan.
TAHAP 1 MASA LALU
Dulu saat SD hingga SMA,
saya ingat definisi belajar bagi saya adalah sama dengan menghafal. Setiap ujian
akhir, saya pasti menghafal seluruh isi buku dan jadilah saya mendapat nilai
unggul di semua pelajaran. Saat kuliah, saya baru sadar bahwa apa yang saya
pelajari hanya sebatas hafalan. Mulailah saya mengenal istilah quantum learning
dan bermunculan lah buku buku pengembangan diri tentang cara belajar, otak
kanan otak kiri dan lain lain. Mulailah saya membaca buku dengan membuat
resensi, saya mulai mengenali bahwa saya memang senang belajar secara audio
visual.
Saya sejak kecil sering
dilibatkan orang tua menjaga toko dan warung. Saya pun mulai belajar
menghitung, belajar merapikan uang, belajar bisnis dari orang tua dan ternyata
semakin kesini saya sadar bahwa sepertinya saya sedang digembleng untuk urusan
bisnis ini. Walau sekarang saya bekerja, tapi saya sering diberi kepercayaan
untuk memegang uang dan mengelolanya, saat ini melalui jalur koperasi.
Saturday, June 11, 2016
NICE HOMEWORK #4
BELAJAR MENJADI MANAJER KELUARGA YANG BAIK
Bunda, sekarang saatnya kita masuk dalam tahap "belajar menjadi manajer keluarga yang baik. Mengapa? karena hal ini akan mempermudah bunda untuk menemukan peran hidup dan menemukan peran hidup anak-anak.
Ada hal-hal yang kadang menggangu proses kita menemukan peran hidup yaitu RUTINITAS. Menjalankan pekerjaan rutin yang tidak selesai, membuat kita "Merasa Sibuk", sehingga kadang tidak ada waktu lagi untuk proses menemukan diri.
Maka ikutilah tahapan-tahapan sbb :
a. Tuliskan 3 aktivitas yang paling penting, dan 3 aktivitas yang paling tidak penting.
3 aktivitas penting :
a. mengajar bahasa Arab
b. bermain bersama anak
c. menjadi bendahara koperasi
3 aktivitas paling tidak penting
A. Facebook an
B. Ngobrol ngalor ngidul
C. Nonton TV
Sunday, June 5, 2016
TUGAS MATRIKULASI NICE HOME WORK 3#3.2: KURIKULUM UNTUK ANAK
Setelah menyelesaikan NHW 1 dan NHW #2, juga NHW 3 tentang membuat kurikulum keluarga, sekarang saatnya membuat kurikulum anak yang nantinya menjadi panduan saat mendidik dan membesarkannya. Berikut adalah tugas NHW#3.2
Buatlah buku untuk masing-masing anak, ini adalah sejarah untuk mereka.
Di dalam buku tersebut berisi pengamatan Bunda selama ini.
a. Apa saja keunikan yang dimiliki anak-anak?
b. Kegiatan-kegiatan apa saja yang membuat mata mereka berbinar-binar?
c. Prioritas ‘materi kehidupan apa saja” yang akan anda berikan ke masing-masing anak secara bertahap?
d. Fitrah-fitrah apa saja yang akan anda perkuat untuk anak-anak secara bertahap?
e. Dll (masing-masing keluarga bisa berbeda kebutuhannya)
Anak saya bernama Eza, bulan Februari kemarin adalah ultahnya yang kedua sekaligus merayakan keberhasilannya disapih dari nenen. kini usianya 27 bulan atau 2 tahun 3 bulan. Ia tumbuh menjadi anak yang kritis, menyenangkan orang lain dan sangat disipin serta senang dengan segala hal yang baru. Ia akan tampak semangat sekali kalau diajak jalan untuk melihat kereta, bermain di alam bebas ... sepertinya ga betah kalau ada di rumah terus
Friday, May 27, 2016
Tugas Matrikulasi Nice Home Work#3
Sumber : Kompasiana
Setelah menyelesaikan Tugas Nice Home Work #1 tentang indikator kesuksesan peran kita sebagai individu dan anggota masyarakat, dan
Tugas Nice Home Work#2 tentang kekuatan pribadi kita dan misi spesifik diri kita dalam kehidupan kita, maka berikutnya
Tugas Nice Home Work#3 adalah membuat kurikulum yang "gue banget" sesuai dengan pilihan misi hidup kita ...
a. Membuat Indikator sesuai dengan tugas di NHW#1 dan NHW #2, masih terus dilakukan
1. Bidang Bahasa Arab, sesuai dengan bidang kerja saya, jadi setiap hari sudah dilakukan
2. Bidang Keuangan, masih belum mencukupi ilmunya
3. Bidang Pendidikan Anak/Remaja, sesuai dengan bidang kerja saya juga, dan ilmunya masih
harus diup grade
Saturday, May 21, 2016
Tugas Matrikulasi IIP NIce Home Work #2, Tugas Menantang Penuh Cinta
Nice Home Work #2 kali ini sungguh tak terduga, harus bikin surrat cinta pada suami. Suasana Grup Wa Matrikulasi pun mendadak jadi penuh chat, masing-masing pun curhat tentang rencana bikin surat cinta dan respon suami ketika menerimanya. Ada juga yang memposting surat cintanya dan bikin kami semua terharu dan lain-lain. Baiklah kita rinci dulu apa tugas keddua dari matrikulasi ini
Baiklah Mari kita Rinci Tugas Nice Home Work #2 ini :
1. Mengenang saat jatuh cinta pada suami dan membuat surat cinta
2. Mengenali potensi dan kelemahan anak beserta strategi menyiasatinya
3. Potensi diri sendiri dan apa relevansinya pada kondisi keluarga
4. Kondisi lingkungan dan apa makna hadir kita bagi lingkungan
5. Peran spesifik keluarga
dan mari kita kerjakan peernya ...
1. Beberapa hari yang lalu, saat saya sedang dinas ke Pekanbaru, saya mencoba mengirim surrat cinta pada suami melalui whatsupp. dan tahukah anda bagaimana responnya? tak ada, tak ada sms balasan, tak ada wa balasan, tak kunjung juga ada telpon. terus terang saya jadi malu sendiri dibuatnya. saya sudah memperkirakan responnya akan seperti ini, tapi saya tau saya harus membahasnya saat ketemu nanti. Masalahnya, saat mau menikahi saya, suami rajin mengirim kata cinta baik melalui email dengan mengirim lagu yang mewakili kata hatinya maupun dengan rajin menelpon saya. tapi setelah menikah, karena sering ketemu, suami jadi tak pernah lagi mengirim kata-kata cinta.
Saat saya tanyakan pada suami usai pulang dinas dari Pekanbaru, suami pun bilang bahwa mengumbar kata romantis itu tak perlu sering dilakukan karena akan terasa hambar. Cukuplah perbuatan nyata menjadi bukti dari perwujudan cintanya, begitulah kata suami ... ya sudahlah mas, saya percaya mas akan tetap sayang keluarga ...
2. Mengenali Potensi dan Kelemahan anak beserta strategi menyiasatinya.
Anak saya Eza baru berusia 26 bulan, alhamdulillah sudah bisa berkomunikasi lisan yang dapat dimengerti, sudah bisa bersosialisasi dan main bersama dengan teman sebaya atau yang lebih tua. memiliki rasa ingin tahu yang besar dan daya kritisnya mulai kelihatan dengan selalu bertanya tentang lingkungan di sekitarnya ...
3. Potensi diri sendiri dan apa relevansinya pada kondisi keluarga
saya adalah seorang guru asrama yang juga merupakan guru bidang studi bahasa Arab, sekarang sedang diamanahi menjadi bendahara di beberapa organisasi. jadi saya merasa potensi saya adalah
a. dalam bidang bahasa Arab
b. dari sisi keuangan
c. sebagai teman berbagi buat murid-murid saya ...
Relevansinya pada kondisi keluarga adalah saya harus mengembangkan bidang bahasa Arab yang menjadi irisan persamaan potensi saya dan suami, dan belajar menjadi tempat curhat untuk murid-murid yang suatu saat nanti semoga bisa menjadi buku serta belajar menjadi manager keluarga yang mengatur ritme keuangan dan aspek lain dalam keluarga saya.
4. Kondisi lingkungan dan apa makna hadir kita bagi lingkungan
Saya besar dalam lingkungan keluarga yang mengutamakan pendidikan bagi anak-anaknya. saya pernah menempuh pendidikan di pesantren, senang menulis artikel tentang bahasa Arab dan Al-Qur'an serta senang berbagi dan sharing dengan siapapun.
maka kehadiran saya harus bermakna bagi lingkungan sekitar terutama terkait 3 hal yaitu bahasa Arab, keuangan dan Sharing dengan siapapun untuk kemudian nanti mudah-mudahan bisa didokumentasikan menjadi sebuah buku.
5. Peran spesifik keluarga
saya dan suami sama sama guru bahasa Arab, kami juga sama sama senang sharing dan berbagi dengan siapapun. maka saya menemukan bahwa peran spesifik keluarga kami adalah "HELPER" membantu siapapun baik itu siswa, teman, atasan dan lain-lain untuk maju dan sukses bersama, bukan egois hanya sukses untuk keluarga sendiri saja.
aahh plong rasanya sudah mengerjakan tugas ini, walau ke depannya perjalanan masih panjang karena harus diimpelmentasikan ... Semangaat
Sabtu, 21 Mei 2016, 23.41
Friday, May 20, 2016
Pidato Kelulusan : Curhat Penulis Pemula
Ga nyangka juga bisa sampe di tahap akhir ini ... setelah berjibaku dengan berbagai setoran karena kesibukan kerja dan rumah tangga, rasanya plong banget bisa menyelesaikan seluruh setoran tulisan ... alhamdulillah banget deh bisa mengejar beberapa tulisan yang sempat tertinggal, walau tidak ideal satu hari satu tulisan.
Saat ada tantangan ODOP ini, saya memberanikan daftar, bukan karena saya mampu menulis, tapi rasanya pengen belajar menulis secara rutin. Bayangan saya, kayanya ga sulit lah ya, satu hari satu tulisan ... tapi ternyata pas dijalani, gubraag ... hanya bertahan di beberapa minggu pertama ... selanjutnya saya ketinggalan ... kehabisan ide lah, kesibukan yang menyita waktu lah, dan lain lain segambreng alasan yang selalu bisa dicari.
Sempet ragu bisa sampai di garis finish, akhirnya lama-lama bisa menemukan pola sendiri dalam menulis. Beberapa kejadian dan pengalaman saya dokumentasikan, menentukan tema mingguan dan saya tetapkan hari Jumat adalah hari resensi buku biar saya juga terpaksa jadi membaca buku. Ternyata tak mudah mencari waktu bagi saya, seorang guru yang bekerja dan juga sebagai ibu dari anak laki-laki dua tahun yang selalu mau nempel sama ibunya. Waktu tidur dia, akhirnya saya siasati sebagai waktu menulis dan membaca saya.
Tuesday, May 17, 2016
LIST TULISAN #ODOPfor99days DAY 76-99
Day 76
: http://novitaungu.blogspot.co.id/2016/04/bumerang-pendaftaran-online-korban.html
Day 77
: http://novitaungu.blogspot.co.id/2016/04/saat-harus-lembur-verifikasi.html
Day 78
: http://novitaungu.blogspot.co.id/2016/04/saat-taziah-ke-bandung.html
Day 79
: http://novitaungu.blogspot.co.id/2016/04/tamu-aneh.html
Day 80
: http://novitaungu.blogspot.co.id/2016/05/resensi-ebook-24-cara-menjadi-milyarder.html
Day 81
: http://novitaungu.blogspot.co.id/2016/05/saat-suami-jadi-mc-syukuran-nikah.html
Day 82
: http://novitaungu.blogspot.co.id/2016/05/filosofi-isim-fiil-harf-point-of.html
Day 83
: http://novitaungu.blogspot.co.id/2016/05/tugas-matrikulasi-nice-home-work1.html
Day 84
: http://novitaungu.blogspot.co.id/2016/05/insan-cendekia.html
Day 85
: http://novitaungu.blogspot.co.id/2016/05/resensi-buku-etape-surat-untuk-gadis.html
Day 86
: http://novitaungu.blogspot.co.id/2016/05/seluk-beluk-tes-potensi-belajar.html
Day 87
: http://novitaungu.blogspot.co.id/2016/05/saat-rapat-hardiknas-harus-berkebaya.html
Day 88
: http://novitaungu.blogspot.co.id/2016/05/film-mars-yang-inspiratif.html
Day 89
: http://novitaungu.blogspot.co.id/2016/05/mudik-itu-bentuk-bakti-untuk-orangtua.html
Day 90
: http://novitaungu.blogspot.co.id/2016/05/resensi-buku-biarkan-aku-memberikan.html
LIST TULISAN #ODOPfor99days DAY 51-75
Day 51 : http://novitaungu.blogspot.co.id/2016/03/list-tulisan-odopfor99days-day-1-25.html
Day 52 : http://novitaungu.blogspot.co.id/2016/03/list-tulisan-odopfor99days-day-26-50.html
Day 53 : http://novitaungu.blogspot.co.id/2016/03/uambn-ujian-akhir-madrasah-bertaraf.html
Day 54 : http://novitaungu.blogspot.co.id/2016/03/rapat-anggota-koperasi-rat-amanah-berat.html
Day 55 : http://novitaungu.blogspot.co.id/2016/03/resensi-buku-sejarah-islam.html
Day 56 : http://novitaungu.blogspot.co.id/2016/03/konflik-suami-isteri-saat-teman-pinjam.html
Day 57 : http://novitaungu.blogspot.co.id/2016/03/dilema-bpjs.html
Day 58 : http://novitaungu.blogspot.co.id/2016/04/saat-anak-demam.html
Day 59 : http://novitaungu.blogspot.co.id/2016/04/galau-yang-berakhir-indah.html
Day 60 : http://novitaungu.blogspot.co.id/2016/04/resensi-buku-petualangan-ibnu-batuta.html
Day 61 : http://novitaungu.blogspot.co.id/2016/04/panen-rambutan-di-depan-rumah-dinas.html
Day 62 : http://novitaungu.blogspot.co.id/2016/04/saat-mba-pengasuh-mudik.html
Day 63 : http://novitaungu.blogspot.co.id/2016/04/saat-eza-ikut-lembur.html
Day 64 : http://novitaungu.blogspot.co.id/2016/04/rumah-sakit-dan-kids-zone.html
Day 65 : http://novitaungu.blogspot.co.id/2016/04/resensi-buku-tuhan-pasti-ahli-matematika.html
Resensi Buku: Etape, Menatap Mata Elang : Pacaran?” No Way
Judul : Menatap Mata Elang
Penulis : Tim Eisthera Gritanefic
Penerbit : Eisthera Gritanefic
Terbit : 2015
Tebal : 274 halaman
Buku ini merupakan karya siswa kelas XII tahun pelajaran 2015/2016 yang memiliki nama angkatan Eisthera Gritanefic. Buku Etape ini terdiri atas 5 jilid yang diklasifikasikan berdasarkan tema besar. Judul buku ini diambil dari salah satu judul tulisan dalam buku ini, satu dari 20 yang ditulis oleh 20 penulis berbakat dari siswa kelas XII.
Buku ini terdiri dari 20 judul yaitu Surat Merah Jambu, Lewat Istikharah, Pilihan
yang Sulit, Kelam, Ketika Sang Misterius Menjadi Tidak Misterius, Kisah di
Balik Album Merah Jambu, Karena Aku Mencintai-Nya, Menatap Mata Elang, Cinta
Tak Punya Mata, Menangisimu, Orang Aneh, Astaghfirullah, Manusia yang
Merencanakan Allah yang Menentukan, Sederhana, Penjelasan, Bunga yang (Tidak)
Baik, Lelaki Tanpa Nama, Keruh, Sebuah Pengorbanan, Alezeea, TWO.
Resensi Buku: Etape, Kebanggan Yang Tak Ternilai
Judul : Kebanggan yang Tak Ternilai
Penulis : Tim Eisthera Gritanefic
Penerbit : Eisthera Gritanefic
Terbit : 2015
Tebal : 290 halaman
Buku ini merupakan karya siswa kelas XII tahun pelajaran 2015/2016 yang memiliki nama angkatan Eisthera Gritanefic. Buku Etape ini terdiri atas 5 jilid yang diklasifikasikan berdasarkan tema besar. Judul buku ini diambil dari salah satu judul tulisan dalam buku ini, satu dari 22 yang ditulis oleh 22 penulis berbakat dari siswa kelas XII.
Buku ini terdiri dari 22 judul yaitu Cita-Cita Amir, Takdir Memaksaku Percaya, Hari
Ini, Balada Hidup Pedro, My First Flight, Ayah dan Hujan, Semua Akan Indah pada
Waktunya, Kupu-Kupu Papa, Hakikat Sebuah Nama, Satu Senyum Saja, Waktumu yang
Kuinginkan Ayah, Je, Hati yang Tersembunyi, Utopis, Kebanggaan yang Tak
Ternilai, Setitik Rindu, Sarinah, Maafkan Mama, Nak, Mali, Maaf Telah
Menunggumu, Kak, Reguler Kita, Nyasar Bareng Becak.
Subscribe to:
Posts (Atom)
Postingan Favorit
-
Nama Allah al-'Afuww,al-Ghafur dan al-Ghaffar jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, artinya sama yaitu Maha Pengampun. Tapi se...
-
Jika kita membaca al-Qur'an secara teliti, ada beberapa kata yang digunakan untuk menjelaskan suatu makna. Tentang penciptaan misalny...
-
Dalam al-Qur'an, kita akan menemukan beberapa fenomena tata bahasa seperti ada dua kata yang (sepertinya) memiliki makna yang sama, ada...