Tuesday, June 21, 2016

NHW#6 : BUNDA PRODUKTIF, IKHTIAR MENCARI REJEKI




Setelah mengeksplorasi berbagai hal di NHW#1 hingga NHW#5, kali ini kami ditantang lebih seru lagi yaitu menemukan bakat kami dengan mengisi kuesioner di temubakat.com. Jadi kalau sebelumnya, kami hanya mengarang dan bermimpi serta menerka nerka bakat dan kekuatan kami, kali ini kami harus membuktikannya dengan mengisi beberapa kuesioner yang ending nya kami mendapatkan feedback tentang kekuatan dan kelemahan kami sebagai pribadi.

Setelah saya mengisi kuesioner dan berusaha jujur dengan diri sendiri, saat menerima hasilnya, deg degan juga. Disitu disebutkan bahwa potensi kekuatan saya ada di 6 bidang yaitu Administrator, Distributor, Educator, Journalist, Server dan Treasury. Rasanya dari tugas saya sebelumnya, sepertinya ga terlalu melenceng. Administrasi dan Treasury dapat diwakilkan pada misi saya di bidang keuangan, server, educator terwakili dengan peran saya sebagai guru. Journalist terkait hobi saya menulis dan meramaikan blog. Yang lucu itu adalah kekuatan saya sebagai distributor. Memang di sekolah, peran saya sebagai guru asrama setiap hari seringkali dititipi siswa untuk mengirim paket atau sekedar mengambil uang di ATM. Tak terasa kalau itu sudah menjadi rutinitas yang mungkin bisa jadi faktor kekuatan yang belum disadari.


Berikutnya tentang kelemahan saya, disitu disebutkan ada di 6 bidang yaitu ambassador, comander, designer, operator, safekeeper dan seller. Wah ternyata baru sadar dan terhenyak bahwa saya tak berbakat di bisnis, tidak berpotensi untuk menjadi pemimpin dan mendesain sebuah produk serta menjualnya. Tapi jika saya kombinasikan dengan kekuatan saya yang senang melayani (server) sepertinya saya mulai menemukan jalan dalam menjalani peran unik saya. Saya memang tidak berbakat bisnis, tapi saya senang menjalani, maka saya mungkin bisa berperan sebagai orang yang bisnis tapi untuk melayani banyak orang, bukan bisnis pribadi. Maka peran saya sebagai bendahara di koperasi sekolah, sangat tepat untuk memadukan antara potensi kekuatan dan kelemahan saya. Bisnis tapi ditujukan untuk melayani sebanyak mungkin anggota. Semoga saya tidak salah membaca hasil di temubakat.com ini.

Lalu berkaitan dengan aktivitas yang suka dan bisa, mari kita identifikasi dalam tabel berikut :

BISA
TIDAK BISA
SUKA

BISNIS UNTUK MENYEJAHTERAKAN ORANG LAIN


MENDESAIN SESUATU
TIDAK SUKA

JOURNALIST


MEMIMPIN



No comments:

Post a Comment

Postingan Favorit