Thursday, July 21, 2016

#Nice Home Work 7 : Misi Hidup dan Produktivitas



Bunda, setelah di materi NHW#7 kita belajar tentang bagaimana pentingnya menemukan misi hidup untuk menunjang produktivitas keluarga. Maka saat ini kita akan lebih menggali bagaimana menerapkannya secara teknis sbb :

a. Ambil salah satu dari ranah aktivitas yang sudah teman-teman tulis di kuadran SUKA dan BISA (lihat NHW#6)
b. Setelah ketemu satu hal, jawablah pertanyaan “BE DO HAVE” di bawah ini :
1. Kita ingin menjadi apa ? (BE)
2. Kita ingin melakukan apa ? (DO)
3. Kita ingin memiliki apa? (HAVE)
c. Perhatikan 3 aspek dimensi waktu di bawah ini dan isilah:
1. Apa yang ingin kita capai dalam kurun waktu kehidupan kita (lifetime purpose)
2.Apa yang ingin kita capai dalam kurun waktu 5-10 tahunke depan ( strategic plan)
3. Apa yang ingin kita capai dalam kurun waktu satu tahun ( new year resolution)
Mulailah dengan PERUBAHAN, karena pilihannya hanya satu BERUBAH atau KALAH

Mari kita lihat lagi #NHW 6



BISA
TIDAK BISA

SUKA

BISNIS UNTUK MENYEJAHTERAKAN ORANG LAIN


MENDESAIN SESUATU

TIDAK SUKA

JOURNALIST


MEMIMPIN

Dan mari kita temukan kembali jawaban dari tugas pekan ini
a.       Satu satunya yang saya ambil di kuadran SUKA dan BISA adalah BISNIS UNTUK MENYEJAHTERAKAN ORANG LAIN.
b.      Pertanyaan berikutnya ternyata bercabang yaitu :
1.      Kita ingin menjadi apa (BE)
Saya ingin menjadi wanita yang bisa mengoptimalkan seluruh potensi dalam diri saya baik dalam kehidupan domestik maupun kehidupan publik. Setelah saya bekerja ternyata saya “ditembak” menjadi pengurus koperasi. Dua tahun kemudian saya mundur tapi setelah 7 tahun, saya kembali terpilih dan sepertinya saya tak bisa menghindari lagi karena sepertinya tak ada orang yang sanggup mengemban amanah ini, saya pun mengaambil tantangan ini walau tidak mudah. Setelah merenung, saya meniatkan diri bahwa inilah tujuan saya, bisnis untuk mensejahterakan orang lain melalui koperasi.

2.      Kita ingin melakukan apa (DO)
Saya ingin mengembangkan banyak bidang bisnis melalui koperasi. Jangka pendek saya ingin meningkatkan SHU anggota, dan jangka panjangnya saya ingin membuat perumahan untuk rakyat kecil melalui transaksi syariah. Semoga tercapai. Aamiin

3.      Kita ingin melakukan apa (HAVE)
Saya ingin memiliki pondok pesantren sendiri yang mendidik putra putrinya untuk belajar agama dan kehidupan. Maka pesantren yang diinginkan adalah yang bernuansa alam dan mengaplikasikan wirausaha dalam pembelajaran di dalam dan diluar kelas. Maksudnya setelah belajar, siswa langsung masuk dalam laboratorium usahanya dan mempelajari bisnis dengan mempraktekannya langsung.
Saya juga ingin memiliki banyak waktu untuk bebas melanglang buana bersama keluarga saya agar dapat mengenal lebih banyak alam ciptaan Allah.

c.       3 aspek dimensi waktu
1.      Apa yang ingin kita capai dalam kurun waktu kehidupan kita (lifetime purpose)
Memiliki Pesantren Wirausaha yang memiliki berbagai bidang usaha
2.      Apa yang ingin kita capai dalam kurun waktu 5-10 tahun ke depan ( strategic plan)
a.       Bisnis Properti untuk rakyat kecil
b.    Berangkat haji bersama orang tua, mertua dan anak anak
3.      Apa yang ingin kita capai dalam kurun waktu satu tahun ( new year resolution)
Meningkatkan SHU anggota koperasi
Memiliki bisnis di Kudus untuk menciptakan lapangan kerja di keluarga suami

Serpong, 21 Juli 2016, 14.15
Semoga tulisan ini sekaligus adalah proposal doa saya untuk Allah yang Maha Mengabulkan

No comments:

Post a Comment

Postingan Favorit