Saturday, June 10, 2023

WISUDA TAHFIDZ ANGKATAN 26 AZKARA

 


Pada Hari Jumat tanggal 9 Juni 2023, Alhamdulillah sudah dilaksanakan wisuda Tahfidz angkatan 26 Askari Zarchaela Atrament Serenum Esmeralta atau biasa disingkat dengan Azkara. Angkatan ini adalah angkatan hibrid yaitu campuran antara online dan offline. Saat mereka kelas X, mereka mengalami pembelajaran secara online selama setahun penuh dan kelas XI selama satu semester, sementara sisanya yaitu kelas XI semester 2 dan kelas XII full setahun secara offline.


Tak mudah mengelola pembelajaran di masa depan, apalagi terkait dengan target hafalan Al Qur'an, ada banyak pembenaran untuk meringankan atau menurunkan target hafalan, ada dispensasi untuk memberikan kebijakan yang tidak memberatkan, hingga akhirnya target 3 juz pun tidak sepenuhnya bisa mereka penuhi. Jumlah siswa di angkatan ini ada 137 orang, 69 orang putri dan 68 orang putra. Alhamdulillah siswa putri berhasil menyelesaikan target hafalan minimal 3 juz semuanya, sedangkan siswa putra ada 11 orang dari 68 orang yang tidak berhasil memenuhi target hafalan 3 juz.

Yang mengharukan, ada 3 siswa di angkatan ini yang berhasil menyelesaikan hafalan Al Quran secara lengkap 30 juz. Ada satu orang siswa putra bernama Abdullah Farhan dan 2 orang siswa putri bernama Aqila Nuriya dan Haura Shafiyyah Azka. Mereka pun diberi hadiah dan memberikan mahkota kepada orangtuanya, sebagai simbol sesuai dengan pernyataan dari sebuah hadits bahwa para penghafal Al Qur'an kelak akan memberikan mahkota kepada orang tuanya di surga.

Setelah menyerahkan mahkota kepada para orang tuanya, para hafidh dan hafidzah ini diuji hafalan Al Qur'an nya dengan uji sambung ayat. Mereka bertiga berdiri di depan panggung, dan sudah disiapkan 9 paket soal untuk diujikan, lalu pengarah acara mempersilakan tamu undangan para hadirin untuk memilih satu diantara 9 paket soal tersebut, dan para hafidh hafidzah ini meneruskan ayat yang sudah dipilih secara acak. Sangat menegangkan dan Alhamdulillah mereka berhasil lulus dari uji sambung ayat ini.

Selain hafalan Al-Qur'an, di momen wisuda ini, banyak juga prestasi keagamaan yang berhasil diraih ananda dari angkatan azkara ini, diantaranya

Imam terbaik, 3 orang

Khatib terbaik, 3 orang

Muadzin terbaik, 3 orang

Ter shaf depan putra, 3 orang

Ter shaf depan putri, 3 orang

Pengurus angkatan 10 putra dan putri, 7 orang

Pengurus angkatan 11 putra dan putri, 6 orang

Pengurus angkatan 12 putra dan putri, 6 orang

Hafidz Hadits Arbain lengkap putra, 4 orang

Hafidz Hadits Arbain lengkap putri, 19 orang


Masya Allah, terharu sekali menyaksikan momen wisuda tahfidz ini, sederhana tapi khidmat dan semoga berkesan untuk ananda semua, beserta guru karyawan dan wali murid serta tamu undangan. Semoga Allah merahmati kita semua dengan keberkahan Al Qur'an.

Aamiin

Ssemoga bermanfaat

Serpong 100623.16.25

No comments:

Post a Comment

Postingan Favorit