Monday, June 19, 2023

HOMESTAY 2023 KELAS XI ANGKATAN LASCAREN (BAGIAN 1)



Pada hari Selasa-Kamis tanggal 13-15 Juni 2023, Alhamdulillah saya bisa mendampingi siswa siswi kelas XI angkatan Lascaren dalam kegiatan Homestay di Pondok Pesantren Al Ittifaq Kecamatan Rancabali Ciwidey Bandung.

Kegiatan ini rutin diadakan setiap tahun untuk siswa dan siswi kelas XI yang bertujuan untuk menumbuhkan empati dan kepedulian sosial serta belajar bersosialisasi dengan membaur hidup bersama masyarakat. 

Pada kegiatan ini, siswa putra dibagi menjadi 12 kelompok, begitupun siswi putri dibagi menjadi 12 kelompok. Setiap kelompok akan tidur dan tinggal bersama orang tua asuh masing masing dengan berbagai profesi yang bervariasi. Ada yang orangtua asuhnya berladang, peternak, berdagang dan lain-lain. 

Selain itu, para siswa juga dikenalkan dengan profil pesantren Al Ittifaq yang selain belajar agama, para santrinya juga diterjunkan langsung dalam kegiatan agribisnis pesantren. Pesantren ini menguasai marketing sayuran yang mengirim aneka macam sayuran ke beberapa mall di Jakarta dan sekitarnya. Kunci sukses pesantren ini ternyata adalah pada SHALAT. Shalatnya bukan hanya shalat, tapi shalat di awal waktu, berjamaah dan di masjid. Maka tidak heran saat waktu shalat, masjid ini penuh sekali jamaahnya. Seluruh warga secara spontan menghentikan aktivitasnya dan bersegera ke masjid. Karena para pimpinan pondok mengingatkan bahwa kesuksesan mereka di dunia sangat tergantung pada bagaimana mereka menjaga shalatnya.

Berdasarkan pengamatan dan testimoni beberapa siswa, mereka senang sekali dengan kegiatan homestay ini dan ingin mengulang kembali di kelas XII, walaupun itu sangat tidak mungkin terjadi. Mereka merasa senang dan mendapat banyak pembelajaran sekali pada kegiatan homestay ini.Selama 3 hari, mereka tidak memegang hp, tidak bermain laptop dan mereka baik baik saja. Selain kegiatan bermasyarakat, setelah maghrib mereka juga mengikuti kegiatan santri yaitu dibaan membaca shalawat untuk Rasulullah Saw dan belajar Qiraat, cara membaca Al Qur'an dengan berbagai macam lagu dan irama.

Mereka juga senang bisa menginap dan tinggal bersama orangtua asuh mengenal berbagai karakter masyarakat, juga mengenal kehidupan santri yang berbeda dengan aktivitas mereka di Insan Cendekia. Bahkan mereka senang dengan aneka jajanan yang murah meriah, ada cilok seharga 500, seblak dengan harga 6000-8000, sate coklat strawberry seharga 1500, aneka jus dengan harga 5000. Bahkan ada kelompok yang orangtua asuhnya berjualan, mereka membantu orang tua asuhnya berjualan hingga malam hari, padahal temannya di kelompok lain sudah bersantai ria, tapi mereka sangat menikmati sekali dan tidak terlihat raut muka kelelahan. Jika kita melakukan aktivitas yang disenangi, maka kita tidak akan pernah merasa lelah. Setiap saat, para siswa ini bergerombol untuk jajan di berbagai warung yang ada di kampung ini. Semoga kedatangan siswa siswi ini membawa berkah untuk masyarakat sekitar Pondok Pesantren Al Ittifaq. Aamiin

Berikut video bagian 1 dari kegiatan Homestay ini... Semoga bermanfaat

No comments:

Post a Comment

Postingan Favorit