Wednesday, June 21, 2023

HOMESTAY 2023 KELAS XI ANGKATAN LASCAREN (BAGIAN 3)

Kegiatan homestay untuk kelas XI siswa siswi MAN Insan Cendekia Serpong dilaksanakan rutin setiap tahun, hanya sempat terhenti saat pandemi beberapa tahun terakhir. Alhamdulillah tahun ini bisa dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 13 Juni 2023 sampai hari Kamis tanggal 15 Juni 2023, hanya 2 hari menjelang libur pembagian raport semester 2 tahun ajaran 2022/2023.

Kami berangkat setelah shalat subuh hari Selasa, dengan menggunakan 3 bis. Alhamdulillah perjalanan lancar, tidak macet. Hanya saja, kami sempat mampir ke rest area km 57 untuk istirahat (ke toilet dll) dan shalat dhuha. Sempat agak lama sampai semua anggota bis terkumpul, karena saling menunggu, akhirnya kami pun melanjutkan perjalanan. Setelah keluar tol Seroja, bis sempat berhenti lagi di pusat oleh oleh Ciwidey sebentar sebelum melanjutkan perjalanan ke ponpes Al Ittifaq di Ciwidey Bandung. Karena bis tidak bisa masuk lokasi ponpes, bis pun parkir dan menurunkan penumpang di Restoran Saung Gawir, untuk kemudian siswa jalan kaki menuju lokasi Al Ittifaq, sementara barang barang, diangkut dengan menggunakan mobil bak dan truk.

Kami tiba di ponpes Al Ittifaq, jam 12 siang. Siswa langsung makan siang dan shalat Dhuhur. Pada jam 1 siang, acara pun dimulai dengan pembukaan disertai sambutan dari Kepala MAN IC Serpong dan pimpinan pondok pesantren Al Ittifaq. Siswa siswi dikenalkan dengan profil pesantren Al Ittifaq karena bisa jadi masih banyak yang belum mengetahui kehebatan dan keunikan ponpes ini. Setelah itu siswa siswi dijemput oleh orangtua asuh masing masing yang selama 2 malam 3 hari ini akan menjadi tempat tinggal siswa dan siswi selama kegiatan homestay ini.

Setelah shalat ashar, siswa berkumpul kembali di Aula untuk mendapatkan materi tentang Kopontren ALIF, kopoerasi pondok pesantren yang menjadi wadah untuk menjadi saluran marketing agribisnis pesantren dan hasilnya bisa menyejahterakan anggota koperasi disekitar ponpes ini. Ada siswa yang bertanya terkait sisa hasil usaha (SHU) dari kopontren ini, dan menariknya ada fasilitas menarik dimana anggota bisa membeli barang atau meminjam uang, dan membayarnya dengan memberikan sayuran hasil panen, yang perhitungannya sudah ditentukan oleh pihak Kopontren.

Setelah selesai materi ini, seluruh siswa kembali ke rumah orangtua asuh masing masing untuk mandi dan makan malam. Setelah maghrib, acara dilanjutkan dengan dibaan, atau pembacaan shalawat kepada Nabi Muhammad Saw. Para santri Al Ititfaq menggunakan pakaian serba putih, ada tim hadhrah nya juga yang mengiringi. Sungguh terharu sekali melihat dan menyaksikan para santri dalam mengungkapkan kecintaan pada Rasulullah Saw.

Setelah shalat Isya, siswa dibebaskan untuk beristirahat atau aktivitas lain. Ada yang ke pasar malam, ada yang istirahat di rumah orangtua asuh, banyak juga yang jajan karena aneka jajanan disini sangat murah meriah, sehingga ini seperti surga bagi siswa IC yang memang doyan jajan. Demikianlah hari pertama kegiatan homestay ini.

Pada hari kedua yaitu hari Rabu, setelah shalat shubuh, siswa bersama dengan santri mengikuti acara perkenalan dan taushiah dari pihak ponpes Al Ittifaq. Acara berlangsung hingga jam 6 pagi, kemudian siswa kembali ke rumah orangtua masing masing, untuk sarapan, mandi dan mengikuti kegiatan bersama orangtua asuh masing-masing. Hari kedua ini adalah kegiatan inti dari kegiatan homestay, dimana siswa berkegiatan bersama sama orangtua asuh, ada yang ke ladang, ada yang panen sayuran dan strawberry, ada juga yang berjualan aneka jajanan. Kegiatan ini berlangsung sampai jam 10.

Setelah itu, agenda berikutnya adalah berwisata di Ranca Upas Ciwidey Bandung. Dengan menggunakan beberapa angkot, siswa siswi sangat menikmati sekali perjalanan menuju Ranca Upas. Walaupun ada yang ketinggalan beberapa orang karena datang terlambat, tapi semuanya terlihat bahagia menikmati wisata alam ini. Ada yang naik wahana motor listrik, ada yang memberi makan rusa dan ikan, ada pula yang berjalan-jalan santai. Para orangtua asuh sudah membekali siswa siswi dengan bekal makan siang, sehingga mereka pun secara tersebar makan siang dengan bekal yang dibawanya. Sempat ada kecelakaan motor listrik yang dialami 2 siswa dan sempat dibawa ke rumah sakit untuk mendapatkan pengobatan.

Setelah kembali dari Ranca Upas, di sore hari, siswa siswi yang awalnya diagendakan ada pertandingan persahabatan antara siswa siswi MAN IC Serpong versus santri santri Al Ittifaq, akhirnya dibatalkan karena menghindari terjadinya insiden seperti saat di Ranca Upas. Setelah maghrib, mengikuti kegiatan santri Al Ittifaq dengan belajar Qiraat atau seni membaca Al Qur'an. Setelah shalat Isya, acara dilanjutkan di Aula dengan berdoa bersama untuk yang tadi mengalami kecelakaan, kemudian seharusnya acara angkatan, ternyata mereka request nobar (menonton bareng) pertandingan sepakbola antara Indonesia melawan Palestina. Bagi yang tidak suka menonton bola, boleh beristirahat atau berjalan-jalan santai maupun jajan di area ponpes. Demikianlah kegiatan hari kedua ini.

Hari terakhir hari Kamis, setelah shalat subuh, dilanjutkan dengan kultum dari perwakilan siswa dan siswi, ada 3 orang yang maju yaitu Fikri, Salwa dan Asla. Luar biasa memang potensi siswa siswi IC ini, mereka menampilkan kultum dengan materi yang menarik dan dibawakan dengan gaya orator yang keren. Setelah itu, mereka sarapan dan mandi di rumah orangtua masing masing. Dilanjutkan dengan berpamitan kepada orangtua asuh masing-masing, didampingi oleh guru atau pegawai pendamping. Pada pukul 8 pagi , siswa pun berjalan kaki menuju lokasi parkir bis.

Tepat pukul 9 pagi, kami pun meninggalkan area ponpes Al Itifaq, bersama sejuta kenangan yang tak terlupakan. Alhamdulillah pukul 2 siang, kami pun bisa menginjak kembali Bumi Cendekia. Terimakasih diucapkan kepada pihak Ponpes Al Ittifaq dan para orangtua asuh yang sudah banyak memberikan pembelajaran bermakna untuk para siswa MAN Insan Cendekia Serpong. Semoga bisa betemu kembali di tahun berikutnya.

Semoga bermanfaat

Wassalam

Eva Novita Ungu. 

Hotel Mercure Ancol, 21.06.2023.09.45


Berikut adalah video dokumentasi terkait kegiatan siswa siswi kelas XI di kegiatan homestay ini.


No comments:

Post a Comment

Postingan Favorit