Sunday, December 10, 2023

BELAJAR DARI (PERKEMAHAN) PRAMUKA


 Pada hari Jumat sampai dengan hari Ahad tanggal 8-10 Desember 2023, kami mengadakan perkemahan sekaligus pelantikan pramuka penegak bantara untuk siswa siswi di MAN Insan Cendekia Serpong. Bertempat di Cidahu Sukabumi, kami menggunakan 9 truk tronton untuk menuju lokasi. Kami berangkat pukul 7.30 dan tiba di lokasi pukul 11. Selain kegiatan pramuka, kegiatan ini juga mencakup P5 (Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) dalam bentuk Pentas Seni Budaya dengan tema Bhineka Tunggal Ika.


Hari pertama, kami mengadakan upacara pembukaan dan permainan ketangkasan dengan aneka permainan zaman dulu kala yang tidak dinikmati oleh anak anak zaman now. Seru sekali. Malam pertama hujan alhamdulillah, jadi kami hanya berdiam di tenda.

Hari kedua adalah penjelajahan menuju curug, dengan medan yang lumayan menanjak dan curam. Saya dan beberapa teman pun sempat terjun ke curug yang paling awal, berikut adalah pose nya hehe


Usai penjelajahan, sore harinya, dimulailah pentas seni P5 yang dinilai oleh para wali kelas sebagai fasilitator P5. Seru seru sekali penampilan mereka, ada yang menampilkan tari daerah, drama budaya dan lain-lain. Dengan berbagai atribut yang sudah disiapkan, mereka berhasil tampil memukau di depan kami dan teman-temannya. Pentas seni ini berlanjut hingga malam harinya setelah upacara api unggun. Berikut adalah rekaman video penampilan pentas seni P5 A29 




Hari ketiga dini hari, diadakan lah jurit malam yang mulai dilakukan pada pukul 1 dini hari. Saya bertugas di pos 1 terkait pos kejujuran. Ada 4 pos yang sudah disiapkan yaitu pos kepramukaan, pos ketuhanan, pos kenegaraan dan pos 4 pos renungan dan resolusi.

Pada pos kepramukaan, siswa per sangga ditanya tentang beberapa fenomena dan mereka harus jawab dengan jujur, titik tekannya adalah poin 10 dasa darma pramuka yaitu suci dalam pikiran, perkataan, dan perbuatan  Yang ditanyakan adalah apakah mereka melakukan bullying atau perundungan, mencontak dan mengatakan kata-kata kasar. Mereka harus jujur mengakuinya dan yang paling banyak ternyata adalah mengatakan kata-kata kasar. Setelah itu, mereka pun harus mengucapkan janji bersama untuk tidak lagi berbuat dan berkata yang tidak baik.

Pramuka ini adalah ekstrakurikuler wajib untuk siswa seluruh Indonesia. Dari pramuka ini banyak hal yang bisa diterapkan siswa dalam kehidupan sehari-hari. Banyak karakter positif yang bisa ditanamkan kepada para siswa dan semoga bisa terekam dengan baik dalam kehidupannya sehari-hari. Bukan hanya terkait kenegaraan dan kepramukaan, bahkan nilai-nilai pramuka yang tercermin dari dasa darma pramuka ini sangat sesuai dengan nilai nilai ajaran Islam.

Beberapa karakter positif yang terdapat pada pramuka adalah melatih kekuatan fisik, kesabaran, kerjasama, kepemimpinan, kebersamaan, kejujuran, akhlak baik, tanggung jawab dan lain-lain. Semoga perkemahan ini membawa dampak positif untuk para siswa dan juga para pembina nya.

Semoga bermanfaat
Serpong, 10.12.23.17.30
Wassalam
Eva Novita Ungu

No comments:

Post a Comment

Postingan Favorit