Tuesday, January 2, 2024

RESOLUSI ATAU RE SOLUSI?

 


Wuah ternyata sudah lama juga saya tidak menulis, hampir 3 minggu karena berjibaku dengan rencana liburan dan rutinitas kerjaan jelang akhir semester. Nah di awal tahun baru ini, semoga saya juga punya  semangat baru untuk tetap konsisten menulis, entah tiap hari atau tiap minggu.

Setiap awal tahun, biasanya sebagian dari kita menjadikannya sebagai momentum untuk menyusun resolusi baru atau target dan tujuan yang ingin dicapai di tahun tersebut. Saya pernah beberapa kali membuat resolusi dan sebanyak itu pula gagal dipertahankan sampai akhir hehe. Maka yang harus dipertanyakan adalah reolusi atau re solusi??

Saya jarang mengecek email setiap hari, maka biasanya saya terlambat membuka beberapa informasi, termasuk di gambar ini, agak kaget juga sih mendapat laporan performa blog ini, seneng banget lah bisa sampai di tahap ini, menulis tanpa ekspektasi supaya tidak terbebani, ternyata malah dapat "hadiah" seperti ini, yaitu berupa banyak yang mengklik dan membaca blog ini. Ini memotivasi saya ke depannya bahwa  saya harus lebih kreatif lagi menambah tema, dan ternyata kuncinya adalah banyak membaca. Yuk semangat berliterasi



Literasi ini akan menjadi salah satu bagian dari resolusi saya tahun ini, semakin banyak lagi belajar literasi. Terkait resolusi, saya baru ngeh, bahwa resolusi bisa juga kita maknai dengan re solusi. Artinya adalah re kembali, solusi itu jalan keluar dari setiap permasalahan yang kita hadapi. Jadi sebenarnya, tanpa tahun baru pun, setiap hari kita adalah selalu melakukan resolusi, yaitu selalu mencari solusi dari setiap masalah yang ada di sekitar kita.

Maka resolusi bisa dimulai dengan lebih banyak mengenal diri kita, ngobrol intens dengan diri sendiri agar kita bisa lebih "ramah" pada diri sendiri, tidak menuntut terlalu tinggi, tapi juga tidak beralasan untuk jadi bermalas malasan atas nama memberi ruang buat diri sendiri.

Maka setelah ngobrol dengan diri sendiri, kita bisa mengidentifikasi apa yang harus diperbaiki, apa yang harus dicapai, apa yang harus dipelajari, dan yang paling penting tentu menentukan bagaimana cara mencapainya, kembali mencari solusi untuk setiap hal yang sudah kita list tersebut. Karena ternyata dari berbagai riset, banyak orang gagal mencapai resolusinya karena saat membuat resolusi, hanya membuat target atau tujuan, tanpa menyebutkan bagaimana cara mencapainya.

Maka yuks kita banyak ngobrol ma diri sendiri, dan tentukan resolusi dan re solusi, kembali mencari cara dan solusi atas berbagai masalah yang terjadi dalam hidup kita.

Resolusi saya tahun ini, intinya adalah banyak belajar, banyak ibadah, banyak baca dan banyak nulis... Bagaimana caranya??

Mau tau?? atau mau tau bangett?
Rahasia dong ah hehe

Semoga bermanfaat
Serpong, 02.01.24.08.30
Wassalam
Eva Novita Ungu

No comments:

Post a Comment

Postingan Favorit