Thursday, January 4, 2024

RAPAT AWAL TAHUN YANG MEMBAHAGIAKAN

 


Pada hari Rabu tanggal 3 Januari 2024, setelah upacara di pagi hari, siangnya langsung disambung dengan rapat koordinasi pegawai untuk mengawali tahun pelajaran 2023/2024 di semester 2. Saat kami memasuki ruang rapat, kami dikagetkan dengan hadiah yang luar biasa setelah mengisi daftar hadir, yaitu kalender yang setiap tahun memang rutin kami dapatkan, dan satu lagi yang bikin kaget semuanya adalah kami diberi tablet Samsung Galaxy A9.. Alhamdulillah rejeki luar biasa yang membahagiakan.

Kami rapat membahas banyak hal sebagai persiapan untuk mendidik para siswa di semester 2 ini. masih banyak peer yang harus disiapkan, bukan hanya administrasi pembelajaran, tetapi juga yang lebih penting dan lebih menantang adalah bahwa pendidikan itu bukan hanya pengajaran atau transfer pengetahuan tapi juga penanaman karakter dalam semua bidang, baik itu integritas atau kejujuran, menghormati orang lain dan memiliki spiritualitas keagamaan yang membuat mental mereka selalu terkoneksi dengan Tuhannya.

Setelah berdiskusi panjang lebar, di akhir sesi, ada yang bertanya tentang fungsi tablet yang kami terima ini sebenarnya fungsinya untuk apa, statusnya bagaimana dan lain-lain. Jawaban dari pimpinan adalah bahwa setiap sesuatu yang kami terima, tentu harus berdampak untuk siswa, dan tidak boleh digunakan untuk bermain game. Fungsi utamanya adalah untuk meningkatkan kemampuan literasi. Maka kuncinya adalah amanah. Ini adalah fasilitas negara, maka sebaiknya fasilitas ini tidak melenakan, harus bermanfaat dan berdampak untuk siswa yang termasuk gen Z.

Saat ini kemampuan  digital para generasi Z sangat luat biasa, kami para guru tertatih tatih untuk mengejar kemampuan digital mereka. Mereka tak bisa lepas dari laptop, sangat dimudahkan dengan berbagai fasilitas dan aplikasi dalam mengerjakan berbagai tugas. Hal yang tak boleh dilupakan adalah walaupun kita sebagai guru bisa jadi kemampuan digitalnya dibawah mereka, tapi ada yang terlupakan yaitu terkait keseimbangan antara intelektualitas, spiritualitas dan pembinaan mental. Bagaimana mendampingi para generasi Z ini dalam menyeimbangkan kemampuan intelektual dengan keyakinan akan kehebatan Islam, Al Quran sebagai solusi kehidupan di masa depan serta mental yang tangguh untuk menghadapi berbagai tantangan di masa depan...

Ah kenapa dari tablet jadi kemana-mana, bikin lieur ah... jangan terlalu overthinking lah, yang penting berdoa dan berbuat sebanyak mungkin untuk menebar manfaat ... dah itu aja deh, sekian hehe


Semoga bermanfaat
Wassalam
Eva Novita Ungu
Serpong, 040124.15.00

No comments:

Post a Comment

Postingan Favorit