Friday, January 5, 2024

FILOSOFI KURIKULUM MERDEKA

 

Pada hari Kamis tanggal 4 Januari 2024, guru-guru di MAN Insan Cendekia Serpong mendapat kesempatan emas untuk mendapatkan ilmu dari narasumber kami yang bernama Zulkifli Anas MED yang merupakan Plt. Kepala puskusjar Kemendikbudristek. Beliau membahas banyak hal, mulai dari esensi pendidikan hingga filosofi kurikulum merdeka.

Di awal pembicaaraan, beliau mengajak kami merenung mengenai esensi pendidikan melalui Al Quran surat Al Baqarah ayat 164

 

إِنَّ فِي خَلْقِ السَّمَاوَاتِ وَالأرْضِ وَاخْتِلافِ اللَّيْلِ وَالنَّهَارِ وَالْفُلْكِ الَّتِي تَجْرِي فِي الْبَحْرِ بِمَا يَنْفَعُ النَّاسَ وَمَا أَنْزَلَ اللَّهُ مِنَ السَّمَاءِ مِنْ مَاءٍ فَأَحْيَا بِهِ الأرْضَ بَعْدَ مَوْتِهَا وَبَثَّ فِيهَا مِنْ كُلِّ دَابَّةٍ وَتَصْرِيفِ الرِّيَاحِ وَالسَّحَابِ الْمُسَخَّرِ بَيْنَ السَّمَاءِ وَالأرْضِ لآيَاتٍ لِقَوْمٍ يَعْقِلُونَ


Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, silih bergantinya malam dan siang, bahtera yang berlayar di laut membawa apa yang berguna bagi manusia, dan apa yang Allah turunkan dari langit berupa air, lalu dengan air itu Dia hidupkan bumi sesudah mati (kering) -nya dan Dia sebarkan di bumi itu segala jenis hewan, dan pengisaran angin dan awan yang dikendalikan antara langit dan bumi; Sungguh (terdapat) tanda-tanda (keesaan dan kebesaran Allah) bagi kaum yang memikirkan.

Dari ayat tersebut, beliau menyimpulkan bahwa ilmu pengetahuan itu adalah jembatan menuju ketakwaan. Seharusnya tidak ada istilah ilmu sains dan ilmu agama, karena semuanya saling terintegrasi satu sama lain. Seluruh alam semesta ini adalah lapangan ilmu pengetahuan yang sangat luas dan harus dipelajari.

Terkait kurikulum merdeka, esensi nya adalah pendidikan yang memerdekakan manusia lahir dan batin dan membesarkan kekuatan yang diberikan Allah kepada para siswa kita. Beliau juga membahas tentang dampak dari perankingan terhadap psikis siswa, bahwa tak semua ranking itu baik tapi juga untuk beberapa hal seperti pendaftaran ke kampus, tetap diperlukan.

Menurut beliau juga, hakekat masalah aalah tamu agung yang harus disambut baik. Masalah hadir sebagai tanda sayang dari Allah. Bahwa pertemuan kita dengan teman, siswa, guru atau siapapun itu , tidak ada yang kebetulan. Semuanya ada tujuannya dari Allah, tugas kita lah menemukan tujuan tersebut. Termasuk juga masalah, mengapa itu hadir dalam hidup kita, pasti ada tujuannya, diantaranya untuk meningkatkan kualitas hidup kita dan membuat kita naik tingkat menjadi orang yang lebih baik.

Terimakasih bapa narasumber atas semua curahan ilmunya... Semoga Allah membalas semua kebaikan bapa dan menganugerahkan keberkahan dalam hidup bapa.

Semoga bermanfaat
Wassalam
Eva Novita Ungu
Serpong, 050124.10.00

No comments:

Post a Comment

Postingan Favorit