Monday, January 30, 2017

Merencanakan Ulang Tahun Eza




Setelah mempraktekkan teori komunikasi produktif, saya makin nyaman dan semangat ngobrol apapun sama suami. Rasanya mengeluarkan uneg uneg itu plong aja, bahkan saya turut mengingatkan suami jika lupa dengan teori komunikasi produktif. Contohnya kemarin, saat Eza mau main ke rumah temannya depan rumah, terjadilah percakapan berikut :

Eza                  : Bunda, Papa mas boleh main ga ke rumah Irsyad?

Papa                : boleh, mas jangan berantem yaa..

Sebelum papanya selesai memberikan pesan pesan, Eza sudah lari aja ke rumah temannya. Tak terasa si ganteng ku dah senang main sendiri, ga perlu diantar dan ditemenin lagi. Saat Eza main, saya pun mengingatkan suami,

“Mas, kemarin saya dapat ilmu tentang teori komunikasi produktif, menurut beberapa referensi, kalau sama anak itu jangan memakai kalimat negatif tapi fokus pada kalimat positifnya”... suami pun mengangguk ngangguk sambil dengerin serius celotehan istrinya ini.


“Contohnya tadi, waktu mas bilang ke Eza, “jangan berantem”, kayanya lebih enak kalau diganti dengan “Mas nanti berbagi mainan ya sama Irsyad (alih alih bilang jangan rebutan mainan), yang rukun kalau main sama temen ya”...

Suami pun mengangguk ngangguk, semoga karena seneng dapet ilmu baru ...


obrolan kami kemarin sore ditemani teh dan singkong, sambil duduk duduk santai kami pun tersenyum melihat Eza dah berani main sendiri.

Setelah itu kami membahas rencana ulang tahun Eza yang ketiga tahun pada tanggal 13 Februari. Seru juga diskusi bebas melemparkan ide tentang rencana ultah Eza ini. Si bunda pengennya ngundang temen temen dan saudara Eza sambil berenang, karena ada tiket discount di salah satu kolam renang di Cisauk, tapi menurut si papa, tiketnya akan jauh lebih mahal walaupun discount, itu baru tiket saja, belum makan. Karena ada larangan membawa makanan ke area kolam renang, maka nanti biayanya akan jauh lebih mahal, maka si papa mengusulkan untuk syukuran kecil kecilan di rumah. Diskusi sore itu terpotong dengan pulang nya Eza setelah main dengan temannya. Baiklah nanti disambung lagi, siapa tahu ada ide yang lebih jos.

Semoga Bermanfaat

Senin, 300117.10.20
#hari5
#tantangan10 hari
#komunikasiproduktif
#kuliahbunsayiip

#odopfor99days#part2#day9

No comments:

Post a Comment

Postingan Favorit