Saat mengikuti Temu Konsultasi Jaringan Koperasi di
Hotel Grand Sahid Jaya Jakarta, ada sesi materi tentang Ritel. Nara sumber nya adalah
Widi Retail, mantan marketing manager Indomaret. Beliau mengatakan bahwa indomaret
dan alfamaret memang mempertimbangkan banyak faktor sehingga sukses menjaring
konsumen.
Ada beberapa faktor penentu kesuksesan indomaret dan
alfamaret yaitu:
1. Lokasi
Lokasi merupakan faktor
penting yang paling menentukan rame tidaknya indomaret dan alfamaret. Ada 3
area yang dibidik yaitu pemukiman, tempat transit seperti stasiun, bandara
serta area perlintasan yang padat / traffic seperti rest area. Ini mengakibatkan
produk yang dijual berbeda sesuai segmen kebutuhannya.
2. Produk
Ada 4 macam pembeli
yang diklasifikan sesuai karakteristik nya yaitu:
a. Buying wisddom adalah pembeli yang bijak dalam membeli kebutuhan pokok
(basic needs)
b. Buying emotion adalah pembeli yang panik, yang terburu buru, yang tidak
akan mempertimbangkan harga saat membelinya (emergency needs)
c. Buying passion adalah pembeli yang akan membeli produk yang menggoda indera
d. Buying fashion adalah pembeli yang akan membeli produk yang sedang tren
atau yang sedang ramai diiklankan
Ada dua klasifikasi jenis
produk yaitu main products (produk utama) dan side products (produk pendamping).
Produk utama merupakan produk yang merupakan alasan utama konsumen datang ke
toko tersebut. strategi marketingnya adalah produk ini harus dijual dengan
margin rendah dan ada produk pembanding yang sejenis dan sekelas. Sedangkan produk
pendamping adalah sasaran utama konsumen cuci mata, ini merupakan andalah untuk
memperoleh keuntungan, karena itu dijual dengan margin tinggi.