Friday, July 21, 2023

SAAT SI INTROVERT KELUAR DARI COMFORT ZONE



Pada hari Kamis tanggal 20 Juli 2023, saya mendapat tugas dari sekolah untuk menjadi motivator untuk santriwan dan santriwati MTs dan MA Al Multazam di Rumpin Bogor. Bersama dengan 5 orang lainnya, kami harus memberi motivasi untuk 450 santriwan dan 480 santriwati. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangkaian kegiatan MATSAMA (Masa Taaruf Siswa Madrasah). Sejak hari Senin kemarin, kami diskusi bersama tentang cara mengemas kegiatan ini.

Tim kami bagi 2 jadi 3 orang trainer putra dan 3 orang trainer putri. Ada 3 sesi materi yang dibagi yaitu Energizer untuk ice breaking dan pembuatan kelompok, definisi sukses serta Adab dan Karakter dalam mencapai kesuksesan. Saya dan suami, kebetulan mendapat bagian materi terkait Adab dan Karakter. 

Kami tiba disana pukul 8 pagi, kami diterima oleh pihak kepala madrasah. Ternyata lokasinya tak jauh dari Serpong, perjalanan ditempuh hanya dalam waktu 45 menit. Ternyata kebanyakan kami belum sarapan, jadi saat disana sudah disiapkan snack dan buah-buahan, itu langsung kami lahap, hehe.

Acara dimulai jam 9 pagi. Saya kebagian materi jam 11 siang, lumayan juga berbicara di depan 480 orang santriwati, tak mudah untuk menjaga fokus perhatian mereka selama satu jam, harus sambil diajak komunikasi, dibungkus berbagai cerita, dan materinya pun saya coba ringkas dalam sebuah lagu. Di awal pembukaan materi, ternyata suami gatal pengen gabung, akhirnya sempat ditemenin suami di awal awal pemberian materi. Tau aja istrinya ini grogian, type introvert kalau harus berbicara di depan banyak orang itu, ternyata menghabiskan energi nih.

Berikut adalah dokumentasi saat saya dan suami berbicara di depan santriwan dan santriwati.

 Alhamdulillah 3 materi tersampaikan semua hingga dhuhur pada santriwati, tapi untuk santriwan, ternyata banyak rusuhnya, jadi hingga dhuhur, hanya tersampaikan 2 materi. Setelah dhuhur, yang santriwati fokus pada energizer, games dan pembuatan menara kesuksesan al Multazam.

Bagi orang lain, mungkin biasa saja berbicara di depan umum itu, tapi bagi saya yang type introvert, memang butuh sering latihan untuk bisa terampil public speaking. Berbeda dengan suami, yang senang banget dengan public speaking, istrinya ini lebih senang main di belakang layar. Butuh jam terbang lebih banyak lagi untuk bisa terampil dalam public speaking ini. Alhamdulillah kemarin lancar jaya sih acaranya. Berikut adalah tim lengkap kami dengan pihak dari Al Multazam.


dan senang banget saat menerima respon dan ucapan terimakasih dari para santriwan dan santriwati. Serasa terbayarkan semua rasa grogi dan lelah yang terasa kemarin. Terimakasih Al Multazam atas kesempatan yang sudah diberikan.


Sebelum itu, di Malam Senin kemarin, saya juga mendapat kesempatan untuk memberikan sosialisasi kepada siswa siswi MAN Insan Cendekia Serpong. Kebetulan semester ini, mendapat amanah sebagai koordinator pengajaran bidang Keasramaan dibawah Wakil Kepala Madrasah Bidang Keasramaan. Semoga bisa menjalankan amanah dengan sebaik baiknya.

Berikut adalah dokumentasinya



Semoga bermanfaat

Wassalam

Eva Novita Ungu

21.07.2023.15.22

No comments:

Post a Comment

Postingan Favorit