Wednesday, July 26, 2023

PERTEMUAN WALI ASRAMA PERDANA DI KELAS XI


Setiap hari Ahad setelah shalat, agenda rutin siswa  adalah pertemuan dengan wali asramanya masing-masing. Setiap pekan kami bertemu dengan agenda yang beraneka ragam. Bisa sharing ngobrol bersama, kerja bakti, nonton film bareng atau yang lainnya. Setelah setahun kemarin, menjadi wali asrama bagi siswa Calastra di kelas X, tahun ini saya kembali melanjutkan peran saya sebagai wali asrama siswa putri angkatan 28 bernama Calastra di kelas XI nya

.Pada hari Ahad kemarin tanggal 23 Juli 2023, saya kembali bertemu dengan mereka setelah libur semester dan mereka semua naik ke kelas XI. Kali ini agenda nya adalah pertemuan dengan teman kamar baru. Setiap tahun, mereka akan bergantian mendapatkan teman kamarnya, dengan cara diundi. Maka pertemuan perdana ini diisi dengan ngobrol bareng temen kamar baru untuk membuat jadwal piket, peraturan kamar, dan hal hal lain yang disepakati bersama. 

Berikut adalah dokumentasi keseruan acara kemarin


Karena mereka sudah pernah merasakan suasana kamar di kelas X, maka di kelas XI ini mereka sudah tidak kesulitan lagi dalam membuat peraturan kamar. Ada yang membuat jadwal piket, ada juga kamar yang tidak membuat jadwal piket, karena mereka secara otomatis akan gantian dalam membersihkan kamar, atau bahkan bareng bareng. Satu kamar yang terdiri dari 4 orang, dengan kondisi kamar mandi ada di dalam kamar, sebenarnya tidak sulit untuk bisa rapih, asalkan ada kerjasama yang baik antar teman di kamar masing masing. Untuk kelas XI ini, kamar mereka masih berlokasi di gedung Z dan gedung J lantai 1.

Menjadi wali asrama untuk 70 orang anak remaja SMA yang cerdas dan sedang puber, ngeri ngeri sedap sih. Seru karena sebenarnya saya yang banyak belajar dari mereka, banyak dari mereka yang masalahnya berat, tapi mereka menghadapinya dengan penuh penerimaan yang ikhlas. Saya lebih banyak menjadi pendengar dan teman, dibanding menjadi guru. Saya tertantang untuk banyak belajar dan mencari berbagai cara agar mereka nyaman belajar di sekolah berasrama ini.

Saat menyusun peraturan kamar di pertemuan pertama ini, misalnya. Saya beri mereka kesempatan ngobrol dengan teman sekamar, mendiskusikan aturan kamar mereka masing masing agar mereka nyaman berada di kamar, terkait jam kunjungan temannya ke kamar, mereka berhak menerima atau menolak siapapun yang datang. Karena sudah setahun mengenal dan bareng bareng di asrama, jadi sudah harus mulai berani berkomunikasi secara asertif, berani mengatakan tidak untuk hal hal yang membuat tidak nyaman, bukan karena ga enakan. Semoga mereka bisa banyak belajar keterampilan hidup (life skill) yang langsung diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

berikut adalah hasil disuki mereka bersama teman kamar mereka masing masing. Tulisan ini bertujuan untuk mendokumentasikan kegiatan kemarin, agar tetap terekam.



















semoga bermanfaat

Wassalam

Eva Novita

26.07.2023.08.20


No comments:

Post a Comment

Postingan Favorit