Saturday, July 15, 2023

MENYAMBUT SISWA BARU ANGKATAN 29

 Pada hari ini Sabtu tanggal 15 Juli 2023, siswa siswi kelas X di MAN Insan Cendekia Serpong, mulai masuk ke kampus untuk berjuang menuntut ilmu di sekolah boarding school. Siswa putra sejumlah 70 orang dan siswi putri sejumlah 70 orang, ditambah 4 siswa dari Filipina akan mulai berpetualang di kampus suci Insan Cendekia. Bagi yang belum pernah mondok, tentu ini perjuangan yang tidak mudah, baik bagi siswanya maupun bagi orang tuanya.

Sejak pukul 6 pagi, siswa dan orangtua serta para pengantar sudah berdatangan membawa barang bawaan untuk mondok, mulai dari baju, alat tulis, perlengkapan kamar, sapu, ember, dan lain lain lah bisa kita lihat dari foto berikut, betapa rempong nya mengantar anak mondok, dan tentu berat juga melepas anak berpisah dengan orang tuanya. Selain anak yang belajar untuk mandiri, para orangtua juga belajar bersabar menahan rindu tak bertemu anaknya hingga akhir Agustus 2023.


Saat siswa datang bersama orangtuanya, siswa nya mendatangi meja registrasi untuk absen, lalu barang barangnya diturunkan dari mobil, dan dibantu kakak kelasnya, semua barangnya diangkut menuju gedung B untuk diperiksa, adakah yang diluar ketentuan, mulai dari jumlahnya, jenis barang, atau barang yang dianggap berbahaya. Setelah itu, mereka membawa seluruh barangnya menuju kamar masing masing. Setiap siswa akan tinggal dalam satu kamar yang berjumlah 4 orang. Kegiatan ini berlangsung dari jam 6 pagi hingga jam 10.


Pukul 9 pagi, seluruh orangtua berkumpul di gedung PPT untuk mendengarkan pengarahan dari para pimpinan sekolah terkait program madrasah, ketentuan akademis, kegiatan kesiswaan dan aktivitas keasramaan. berikut foto orangtua yang sedang berkumpul di gedung PPT (Pusat Pembelajaran Terpadu).



Kegiatan pertemuan orangtua dan pimpinan madrasah ini berlangsung hingga menjelang waktu dhuhur. Setelah itu seluruh siswa, orangtua dan civitas MAN Insan Cendekia Serpong melaksanakan shalat dhuhur secara berjamaah di masjid Ulil Albab. Setelah itu, seluruh siswa bertemu kembali dengan orang tuanya sambil berpamitan. Suasanya mengharu biru karena mereka akan berpisah lama, dan tidak ada kontak sama sekali selama 40 hari. Pukul setengah 2 siang, orangtua dibolehkan pulang meninggalkan kampus Insan Cendekia, dan para siswa angkatan 29 pun berkegiatan dengan kakak kelasnya.

Berikut adalah foto saat siswa kelas X membawa laptopnya masing masing untuk disimpan di CSA (Center for Student Activities). Mereka akan dibiasakan untuk melakukan segala aktivitasnya secara mandiri, bertanggung jawab terhadap barang miliknya masing-masing. 
 


Foto berikut adalah saat para siswi sedang antri untuk makan siang. Yang di rumanya, mungkin terbiasa ddilayani oleh orangtua ataupun para pengasuhnya, di kampus ini, mereka harus antri untuk mengambil makanan sendiri, dihabiskan dan harus menerima dengan sepenuh hati, apapun menu nya. Karena tidak bisa pesan makanan melalui pesan antar makan online.


Semoga para siswa angkatan 29 bisa betah dan cepat beradaptasi dengan seluruh kegiatan akademis maupun keasramaannya, semangat untuk menuntut ilmu dan bisa bertahan sampai akhir. Aamiin

Wassalam
Eva Novita Ungu
15.07.2023. 20.55


No comments:

Post a Comment

Postingan Favorit