Thursday, July 13, 2023

HIKMAH ITU BERNAMA DELAY

 


Masih dalam tema trip ke Padang, terkait tiket kepulangan, saya suami dan beberapa orang mendapat tiket pesawat Lion Air jam 17.25. Saya sudah bisa memprediksi sih, biasanya delay nih, sudah langganan deh si singa ini, ahlinya delay. Tapi tidak menyangka delay nya lebih lama dari yang diperkirakan. Tidak ada informasi apapun, terkait delaynya berapa lama, jadi kami hanya menunggu saja. Sambil memantau layar informasi, akhirnya kami pun shalat Maghrib dan Isya dengan Jama Qashar.


Terkait keterlambatan penerbangan, sebenarnya pemerintah sudah mengatur sedemikian rupa agar konsumen tidak dirugikan. Bagaimanapun, setiap konsumen yang memesan tiket, pasti sudah punya banyak agenda sebelum dan sesudah penerbangan itu, maka keterlambatan berapa menit pun, akan sangat mengganggu sekali. Maka beberapa dari kami pun mencari informasi terkait aturan kompensasi dan ganti rugi atas keterlambatan penerbangan. Dan ternyata berikut ketentuannya



Setelah sekian jam berlalu, Awalnya kami menanti informasi ada tidaknya makanan yang diberikan untuk penumpang yang dirugikan dengan delay ini. Saya tidak menungu di area dekat gate, saya memilih menunggu di tempat yang agak sepi, jadi tiak tau persis detail informasi terkait snack or makanan ini. Berdasarkan informasi dari teman di grup, katanya diberi snack lalu nasi box, tapi karena saya dan suami sudah keluar area bandara untuk mengisi perut, maka kami tidak mengambil jatah makanan. Kami membeli makan di CFC yang ternyata beberapa menu nya sudah habis. Sudah tidak ada lagi penerbangan sepertinya selain hanya kami saja, yang menanti entah jam berapa fix nya waktu terbangnya.

Sudah berbagai cara dilakukan untuk mengatasi kebosanan menunggu, ada yang main hp, ada yang seru seruan main ludo bareng seperti pada foto berikut:



Ada juga yang memilih tidur di kursi ruang tunggu, saya sempat menonton drakor untuk membunuh kebosanan, maen game, ngobrol ma yang lain, hingga akhirnya mata pun tak kuat menahan rasa kantuk, dan pergilah saya ke pulau kapuk alias bobo hehe.

Setelah menanti 5 jam, akhirnya pada pukul 22.30, kami pun mendapat informasi bahwa pesawat sudah tiba. Kami pun langsung antri berbaris untuk masuk pesawat, dan kami pun dapat informasi bahwa setibanya di Bandara Soekarno Hatta, kami akan mendapat kompensasi sebesar 300.000 per orang. Alhamdulillah.

Episode delay ini, sebenarnya episode hidup yang bermata dua, bisa kita keluhkan, atau bisa juga kita syukuri, tergantung dari sisi mana kita melihatnya. Kalau kita memilih mengeluh, nyatanya kita tak bisa mengubah apapun dengan keluhan itu. Apakah dengan mengeluh, delay itu bisa berubah menjadi langsung berangkat gitu? ternyata faktnya kita tetap harus menunggu hingga pesawatnya tiba. Maka tidak ada pilihan lain selain kita ikhlas menerima episode delay ini, sambil mencari hikmah dibalik keterlambatan penerbangan ini.

Saya pernah menonton tayangan, saat seseorang mengalami delay, ternyata ada tujuan Allah menyelamatkan nyawanya dari kecelakaan, karena pesawat yang seharusnya dia naiki, akhirnya mengalami kecelakaan. Jadi sebelum protes dengan episode hidup apapun, saat kita mengalami delay dalam episode hidup yang lain pun, bukan hanya keterlambatan penerbangan, bisa jadi dalam hidup kita terlambat menikah, terlambat punya anak, terlambat bekerja, terlambat lulus kuliah, dan terlambat lain lainya, maka yang harus kita lakukan pertama kali adalah MENERIMANYA. setelah itu, Barulah kita mencari hikmah dibalik keterlambatan yang kita alami dalam hidup ini.

Terkait delay si singa ini, salah satu hikmahnya kami mendapat rejeki tak terduga sebesar 300.000 dari kompensasi yang sudah ditentukan. Sampai ada teman yang berseloroh, "baru kali ini naik pesawat dikasih uang" hehe. Karena saya bareng suami, maka saya pun dapat doubel rejekinya. Alhamdulillah. Berikut pemandangan dari antrian untuk mengambil hak kompensasi kami.





Hikmah berikutnya, alhamdulillah kami tiba dengan selamat di Bandara Soekarna Hatta pukul 01.30, langsung menuju antrian kompensasi baru mengambil bagasi, setelah itu menuju bis rombongan, dan langsung menuju Serpong. Alhamdulillah tiba di Serpong pukul 02.45. 




Terimakasih ya Allah atas banyak pembelajaran hari ini.

Semoga bermanfaat
Wassalam
Eva Novita Ungu
13.07.23.04.45

No comments:

Post a Comment

Postingan Favorit