Saturday, May 20, 2023

Mau Kurban Tiap Tahun tanpa Tapi??

 


Sebentar lagi kita akan bertemu dengan hari raya Idul Adha yang disebut juga dengan hari raya kurban. Setiap tahun kita dianjurkan untuk berkurban, sebagai bentuk rasa syukur kita kepada Allah atas segala karunia yang telah Allah berikan pada kita selama ini. Dan juga sebagai cara kita untuk meneladani Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail yang telah menunjukkan ketaatan yang sangat tinggi pada perintah Allah. Saat Nabi Ibrahim diperintahkan Allah untuk menyembelih putranya Nabi Ismail lalu Nabi Ibrahim mendiskusikannya dengan Nabi Ismail, dan keduanya tanpa merasa berat, langsung mengeksekusi perintah Allah tersebut.

Manfaat kurban selain untuk pelakunya, juga dirasakan oleh penerimanya. Kurban ini jika dilaksanakan secara massal, maka bisa menjadi solusi ekonomi yang sangat dahsyat. Banyak dari umat muslim yang tidak setiap saat mampu untuk membeli daging, dengan adanya hari raya kurban ini, mereka bisa merasakan mewahnya makan daging , walaupun hanya setahun sekali. Pergerakan uang dari transaksi kurban ini, juga bisa menyelamatkan ekonomi banyak sekali keluarga umat Islam dari kemiskinan.

Nah, bagaimana supaya kita bisa berkurban setiap saat? Padahal kadang kondisi keuangan kita kadang juga naik turun. Jika kita tidak meniatkan dengan tekad yang kuat, mungkin bisa lewat saja setiap tahun kita takkan memaksakan diri kita untuk berkurban. Jika kita merasa berat untuk mengeluarkan uang saat menjelang bulan Dzulhijjah, maka solusinya adalah dengan menabung kurban.


Saya bersyukur berada di tengah keluarga yang sangat kompak dalam hal kurban ini, bahkan bukan hanya dalam hal kurban. Kami juga tengah berjuang saling mengingatkan untuk sebisa mungkin menghindari riba dan alhamdulillah sudah beberapa tahun ini saya dan kakak kakak saya sudah tidak punya cicilan di bank, rasanya lega banget dan lebih menenangkan.

Dalam hal tabungan kurban ini, sudah beberapa tahun ini bahkan sudah puluhan tahun sepertinya, kami mempraktekkan menabung kurban ini. Saya adalah bungsu dari 5 bersaudara, dengan kedua orangtua, lengkaplah kami 7 orang, pas untuk patungan kurban sapi. Maka setiap bulan kami menabung kurban, disetorkan kepada salah satu dari kami yang memegang uang, untuk kemudian nanti saat bulan dzulhijjah, uangnya sudah cukup untuk membeli sapi. Dulu mulai dari tabungan kurban 250.000 perbulan hingga terakhir tahun ini, kami menabung perbulan sebesar 350.000. Jika mau dihitung perhari, maka cukup dengan menyisihkan uang 12.000 per hari, kita sudah menyiapkan diri untuk bisa berkurban setiap tahun.

Menabung ini akan dirasa berat jika kita menganggapnya sebagai beban, tapi kita kita meniatkannya dalam rangka ibadah kepada Allah Swt, maka akan terasa ringan dan nanti Insya Allah akan diganti dengan rejeki yang lebih berkah lagi. Dulu pernah ada seseorang yang menghindari kurban, padahal secara ekonomi termasuk mampu untuk berkurban, ternyata Allah “paksa” dia untuk mengeluarkan uangnya dengan cara dibuat sakit dan harus dirawat di rumah sakit.

Maka sebelum kita “dipaksa” untuk mengeluarkan uang karena kita menghindari kurban, maka lebih baik secara sukarela kita menyisihkan uang jajan per bulan, untuk kita tabung selama setahun, hingga kita takkan merasa berat untuk mengeluarkan uang setiap bulan Dzulhijjah. Semoga Allah mampukan kita untuk bisa berkurban setiap tahun, sebagai bentuk rasa syukur kita atas semua nimat yang telah Allah berikan pada kita.

 

No comments:

Post a Comment

Postingan Favorit