Tuesday, February 21, 2023

Resensi Buku: Kisah-Kisah Menakjubkan Para Pelaku Puasa Daud

 


Judul                : Kisah-Kisah Menakjubkan Para Pelaku Puasa Daud

Penulis             : Salman Rusydie Anwar

Penerbit           : DIVA Press

Terbit              : 2010, cet. pertama

Tebal               : 146 halaman

 

Buku ini terdiri dari 3 bab yang terdiri dari:

Bab pertama, Beberapa pendapat tentang puasa dan puasa Daud

Ada beberapa dalil yang menyatakan keutamaan puasa Daud, diantaranya hadits yang diriwayatkan dari Abdullah bin Amr bin al Ash, Rasulullah Saw bersabda, “Puasa yang paling disukai di sisi Allah Swt adalah puasa Daud, dan shalat yang paling disukai Allah Swt adalah Shalat Nabi Daud As. Beliau biasa tidur di pertengahan malam dan bangun pada sepertiga malam terakhir dan beliau tidur lagi pada seperenam malam terakhir. Sedangkan beliau biasa berpuasa sehari dan berbuka sehari.”

 

Hadits ini turun berdasarkan kisah bahwa Abdullah bin Amr, sangat semangat sekali dalam beribadah, hingga ia ingin menghabiskan seluruh waktunya untuk beribadah mendekatkan diri kepada Allah. Tetapi Rasulullah datang dan mengingatkannya untuk berpuasa tiga hari setiap bulannya, ternyata Abdullah bin Amr ingin yang lebih dari itu, akhirnya Rasulullah Saw kembali memberi solusi untuk berpuasa Daud yaitu sehari berpuasa dan sehari berbuka.



Pada bab ini juga diceritakan beberapa tokoh di negeri ini yang sering melakukan puasa, diantaranya Bapa Amien Rais yang sudah merutinkan berpuasa Daud selama 14 tahun lebih, lalu mantan presiden BJ Habibie juga dikenal sebagai orang yang rajin berpuasa Senin dan Kamis, juga Marissa Haque juga rajin berpuasa untuk memutuskan sebuah pilihan hidup yang terbaik.

Banyak juga penelitian terbaru tentang puasa dan dampaknya dalam kehidupan, diantaranya Dr. Yuri Nikolayev, ahli kesehatan dari Rusia yang mengatakan bahwa puasa dapat mengakibatkan seseorang menjadi awet muda. Ada juga Alvenia M, Direktur Lembaga Makanan Sehat di Amerika Serikat menyatakan bahwa puasa adalah cara terbaik untuk memperindah dan mempercantik wanita secara alami. Dan masih banyak lagi hasil penelitian baru tentang dampak positif bagi kehidupan.

 

Bab kedua, Kisah Pelaku Puasa Daud dan Masalah Kesehatan

Pada bab 2, diceritakan 13 kisah para pelaku puasa Daud efeknya terhadap kesehatan, baik dari kalangan tabiin maupun masyarakat di zaman ini. Ada banyak yang memiliki penyakit serius seperti diabetes, stroke, tensi tinggi, hingga sakit mental, bahkan untuk kecantikan pun banyak yang sudah mengalami perubahannya. Setelah melakukan puasa Daud, mereka merasakan dampak positifnya. Ada yang mengalaminya setelah berpuasa Daud 6 bulan, setahun, dua tahun, bahkan ada yang setelah 4 tahun baru bisa merasakan dampak positifnya. Hal ini membuktikan bahwa ajaran Islam selain secara syariat mendapat pahala, juga bonusnya banyak berdampak positif, baik terhadap kesehatan fisik, kesehatan mental, maupun keteguhan jiwa dalam memegang prinsip.

 

Bab ketiga, Kisah Pelaku Puasa Daud dan Masalah Kesejahteraan Hidup

Pada bab ketiga ini, ada 16 kisah para pelaku puasa Daud yang merasakan dampak positifnya terhadap kesejahteraan hidup. Ada yang merintis usaha, bangkit dari kebangkrutan, mencerdaskan akal saat menempuh pendidikan, bahkan di akhir kisah, ada tukang pengumpul sampah yang berhasil memberangkatkan istrinya naik haji setelah rutin berpuasa Daud. Masya Alla, sungguh luar biasa dampak puasa Daud terhadap kehidupan ini.

 

Serpong, 21 Februari 2023

Eva Novita Ungu

No comments:

Post a Comment

Postingan Favorit