Monday, February 27, 2023

Resensi Buku: Ibunda Para Ulama

 


Judul                : Ibunda Para Ulama

Penulis             : Dr. Sufyan bin Fuad Baswedan, MA

Penerbit           : Pustaka al Inabah

Terbit              : 2022, cet. Ke-15

Tebal               : 296 halaman

Buku ini menceritakan kisah para wanita hebat yang sudah melahirkan dan mendidik para pejuang hebat yang unggul pada masanya. Pada bab pertama, diceritakan kisah beberapa orang ibunda para ulama salaf seperti Anas bin Malik, Urwah bin Zubeir, Hasan al Bashry, Hasan bin Shalih bin Huyai, Rabiah bin Abi Abdirrahman, Imam asy Syafii, dan Umar bin Abdul Aziz. Para ibunda tersebut mendedikasikan seluruh hidup putra putranya untuk menuntut ilmu dan berjuang di jalan Allah. Mereka bukanlah wanita cengeng yang akan sedih berkepanjangan saat putra-putranya syahid di Jalan Allah, tapi mereka akan sangat gembira jika putra-putranya wafat saat berperang di jalan Allah, hingga predikat syahid pun dirindukannya.


Pada bab kedua, menceritakan ibunda para ulama masa kini, diantaranya adalah Syaikh Abdullah bin Muhammad al Qar’awy, Syaikh bin Baz, Syaikh Ali bin Muhammad al Sinan, ibunda ulama Mauritania, Syaikh Muhammad al Amin asy Syinqiethy, serta Syaikh Muhammad Hasan bin Dedew. Pada akhir bab, ada bonus berupa kisah ibunda para mujahid diantaranya Nusaibah, Al Khansa, Haritsah bin Suraqah dan ibunda Mujahid muda. Sungguh luar biasa pengorbanan para ibunda tersebut dalam mendidik dan membesarkan para pejuang hebat.

Pada halaman 228, dijelaskan bahwa ada 4 faktor utama yang menyebabkan keberhasilan sebuah pendidikan ulama yang hebat pada masanya, yaitu

1)      Bakat-bakat alami yang Allah berikan untuknya

2)      Komunitas ilmiah yang membesarkan dirinya

3)      Lingkungan pedesaan yang tenang dan jauh dari kesibukan dan kemewahan dunia yang menggoda

4)      Tekad baja dan semangat luar biasa dari sang putra

 

Demikianlah gambaran besar kisah yang ada dalam buku ini, yang sangat direkomendasikan untuk dibaca para wanita muslimah yang merindukan generasi hebat untuk mempersiapkan kemenangan Islam yang gemilang di masa depan.

 

Serpong, 27 Februari 2023

Eva Novita Ungu


No comments:

Post a Comment

Postingan Favorit