Wednesday, February 8, 2023

APA RESOLUSIMU TAHUN INI?


Setiap awal tahun, biasanya rame nih sebuah kata yang sering sekali disebut yaitu RESOLUSI. Momen hari bersejarah baik tahun baru Islam, tahun baru Masehi, biasanya dikaitkan dengan penyusunan resolusi baru. walaupun kadang resolusi hanyalah sebatas tulisan ditas kertas, tapi bagi beberapa orang, Ada banyak istilah yang mengacu pada rencana, target atau tujuan yang ingin kita capai. Istilah populer yang digunakan adalah RESOLUSI. Resolusi ini seperti api yang membakar semangat dalam menjalani hidup. Resolusi ini terkait dengan target target yang kita inginkan terjadi dalam hidup kita. Resolusi bukan hanya difikirkan dan dibuat tapi juga harus kita tulis, dan lihatlah bagaimana resolusi tertulis itu perlahan lahan akan terwujud menjadi kenyataan. 

Mengapa kita harus membuat target? Karena hidup di dunia ini harus dipertanggungjawabkan di hadapan Allah. Kita bukan hanya hidup saja di dunia ini, kalau hanya hidup saja, hewan juga bisa, tanaman juga hidup. Tapi kita manusia, tugasnya adalah untuk beribadah, dan sebaik baik manusia adalah yang menebar manfaat untuk sesama. Maka hidup kita harus bermakna dan mempersembahkan yang terbaik untuk Pencipta kita Allah, karena  setiap pilihan hidup kita, semuanya akan ada konsekuensinya di akhirat nanti.

Dalam menyusun trik menyusun target hidup, yang saya dapat dari motivator Tung Dasaem, itu rumusnya ada 4 yaitu SPTM

1. Spesifik, artinya harus jelas, terukur dan realistis untuk dilakukan.

2. Positif, artinya bukan sesuatu yang tidak jelas tapi yang baik dan layak diperjuangkan

3. Tulis, artinya target ini harus kita tulis agar lebih mudah untuk merealisasi dan mengevaluasinya.

4. Menarik, artinya target hidup kita harus menarik dan bisa membakar emosi dan semangat untuk mencapainya.

Saya sering banget membuat rencana dan resolusi tapi rasanya sering banget ga konsisten melakukannya dan akhirnya suka ga tercapai. Tapi tiap tahun ga nyerah sih untuk membuat terus resolusi, semoga yang tahun ini bisa tercapai.

Mari kita tulis resolusinya:

1. Mencapai body goal ideal, dengan cara pola hidup sehat, olahraga rutin dan perbaiki mindset, setiap bulan bisa berkurang 3 kg saja deh ga usah muluk muluk.

2. Menambah hafalan Quran 12 juz dalam setahun, atau satu juz satu bulan. yuks bisa yuk... bismillah

3. Menambah momongan, tapi karena mengingat umur, kalau ini mah terserah Allah saja hehe

4. Merintis usaha masa depan, baik di bidang travelling, bisnis maupun properti. 

    Di bidang travelling, dengan menjadi agen haji/umrah, sudah bergabung di UBEPE, tinggal lebih semangat melebarkan sayap untuk memperbanyak jamaah.

    Di bisnis, yah dikit dikit sudah mulai dengan menjadi reseller durian, semoga bisa merambah unit bisnis lain.

    Terkait properti, semoga bisa belajar dikit dikit tentang investasi properti dan mulai melirik bisnis properti ini ke depannya

5. Ziarah masjid Aqsha di akhir tahun 2023, bismillah

6. Menghidupkan kembali blog, untuk semakin melatih keterampilan menulis, dibuktikan dengan ikut tantangan menulis di KLIP, targetnya 10 tulisan per bulan. semoga bisa....

7. Membangun rumah idaman untuk persiapan di masa depan. Semoga bisa terlaksana tahun ini.


Begitulah resolusiku di tahun ini. Mohon doanya ya, semoga bisa tercapai resolusi di tahun 2023 ini.

Begitulan resolusiku di tahun ini

Bagaimana dengan resolusimu ??


Salam

Eva Novita Ungu

No comments:

Post a Comment

Postingan Favorit