KETIKA BEBAN REMAJA SEMAKIN BERAT
Ini sebuah cerita tentang 2 orang remaja, sebut saja namanya Edo dan Desi. Saat ini, Edo dan Desi duduk di kelas 3 IPA sekolah ini, MAN INSAN CENDEKIA. Dari luar, sepertinya mereka baik-baik saja. Tapi sebenarnya masalah yang mereka hadapi sangat berat, terutama berkaitan dengan orangtuanya. Dulu, orangtua mereka adalah orang yang sangat kaya, bahkan Edo pernah melakukan perjalanan ibadah haji sekeluarga. Tapi saat ini perlahan-lahan kekayaan mereka semakin menipis, bisnis pun mengalami kebangkrutan, hingga puncaknya kedua orangtua mereka harus berhadapan dengan pihak kepolisian terkait dengan masalah penipuan di dunia bisnis yang mereka geluti.
Orangtua Edo, terutama ayahnya, sampai sekarang termasuk dalam daftar DPO (Daftar Pencarian Orang) yang sangat dicari pihak kepolisian. Sementara Desi, kedua orangtuanya sudah mendekam di penjara sejak bulan Januari 2006. Tidak mudah bagi mereka untuk survive menghadapi hidup ini. Bagaimanapun mereka sudah bukan anak-anak lagi yang bisa cuek dengan permasalahan orangtuanya. Bagaimanapun permasalahan orangtuanya tetaplah akan menjadi beban mereka yang tidak ringan. Tetapi mereka berusaha dengan berbagai cara mencoba bertahan. Ternyata ada yang membedakan cara Edo dan Desi menghadapi permasalahan ini. Edo cenderung melampiaskannya terhadap hal-hal negatif sementara Desi lebih ke arah yang lebih positif, dengan cara lebih mendekatkan diri terhadap Allah, dan mencoba mengambil hikmahnya. Dalam hal ini, tingkat spiritualitas menjadi faktor penentu yang membedakan mereka dalam menghadapi permasalahan tersebut. Atau memang dari sisi gender, cara perempuan dan laki-laki memang berbeda dalam mencari pelampiasan??
Sementara Edo, entah sudah berapa kali harus dipanggil pihak sekolah karena melakukan berbagai pelanggaran, dari mulai sering bolos, sering tidak shalat berjamaah di masjid, dan puncaknya saat bulan Ramadhan lalu, melakukan aksi pengancaman terhadap salah satu pengurus OSIS yang mengetahui pelanggaran yang dilakukannya. Saat disidang tidak lama sebelum kasus Dika, Edo menceritakan semuanya dengan sikap yang sangat tenang, seolah sudah biasa menghadapi masalah berat. Tidak ada kata penyesalan, bahkan tidak terlihat raut kesedihan. Bagaimanapun, saya bersama guru lain yang mengikuti sidang tersebut dari awal, tidak bisa menyalahkan Edo sepenuhnya mengingat beban berat yang dipikulnya. Tapi, peraturan tetaplah peraturan yang harus ditegakkan sekaligus pembelajaran untuk siswa lainnya agar tidak melakukan pelanggaran yang sama. Bulan november pun Edo harus mengalami skorsing 2 minggu, itupun sulit sekali mendapatkan alamat rumah orangtuanya karena sering berpindah-pindah, maklum dengan statusnya yang DPO tentu terlalu beresiko jika punya satu tempat tinggal yang tetap.
Sementara Desi, tidak banyak hal negatif yang muncul dari pribadinya. Bahkan saya baru tahu permasalahan yang dialami Desi, hari Kamis kemarin, itupun dari guru lain, karena memang Desi seperti tidak sedang mengalami masalah berat. Dia sangat rajin pergi ke masjid, menjadi pengurus OSIS yang amanah saat kelas 2 setahun yang lalu, menjadi kakak kelas yang dapat diteladani adik kelasnya dll. Prestasinya pun stabil. Ketika Desi curhat pada teman saya (guru asramanya Desi), sambil menangis Desi mencoba menegarkan dirinya sendiri, bahwa apa yang dia alami saat ini pasti tidak seberat yang dialami orangtua nya di penjara. Teman saya itu sampai ikut menitikkan air mata mendengarkan alasan Desi kenapa sampai saat ini dia masih bisa survive. Kedewasaan ini tentu tidak mudah didapat dan melalui proses yang tidak singkat.
Demikian sebagian profil para remaja kita. Kalau saya berada di posisi mereka, entah akan sekuat mereka atau tidak. Yang pasti, para remaja saat ini memang menanggung beban yang tidak mudah, karenanya sangat wajar jika yang muncul ke permukaan (terutama di kota-kota besar) adalah para remaja yang mencari berbagai cara untuk mencari perhatian, baik dengan hal yang positif maupun yang negatif. Mungkin beberapa kasus remaja yang terlibat hal negatif, salah satu penyebabnya adalah dari orangtuanya sendiri.
Semoga bermanfaat
Wassalam
Eva Novita
Kenangan 2007
Insight Parenting CenterBelajar Berempati
Wednesday, November 19, 2008
Ketika Remaja Haus Ilmu Agama
KETIKA REMAJA HAUS ILMU AGAMA
Sekolah ini didirikan oleh Pak Habibie, memiliki visi menyeimbangkan IMTAK dan IPTEK. Awalnya, input sekolah ini adalah lulusan pesantren dan MTs yang berprestasi, untuk kemudian dibina dari sisi IPTEK-nya. Saat didirikan tahun 1996, sekolah ini beridentitas SMA. Mulai tahun 2000, identitasnya berubah menjadi MAN (Madrasah Aliyah Negeri), sehingga yang awalnya dibawah diknas, sekarang resmi di bawah naungan Depag. Inputnya pun mulai berkembang, bukan hanya dari pesantren dan Mts, tapi mulai banyak dari lulusan SMP Negeri dan Sekolah Islam lainnya. Kabarnya, tahun depan, Dirjen Depag akan mengembalikan input sekolah ini ke khittahnya semula, yaitu hanya menerima lulusan pesantren dan Mts. Tapi ini masih menjadi bahan perdebatan di beberapa kalangan.
Sesuai dengan visi sekolah ini, maka porsi IMTAK dan IPTEK lebih ditekankan. Tapi, implementasinya di kurikulum, porsi IPTEK dalam hal ini pelajaran-pelajaran exact lebih dominan. Sehingga tuntutan akademis terhadap pelajaran-pelajaran exact, lebih tinggi dibanding pelajaran-pelajaran lain. Siswa siswi disini banyak menghabiskan waktu untuk memenuhi tugas-tugas akademis, sehingga kurang memiliki waktu banyak untuk belajar hal lain.
Untuk meningkatkan sisi IMTAKnya, selain kebiasaan-kebiasaan rutinitas sehari-hari yang ditanamkan seperti shalat berjamaah dan tadarus, dalam seminggu ada 3 malam yang digunakan untuk mengkaji wawasan keagaamaan, dengan durasi 1 jam dari pukul 19.00 sd 20.00. Tapi karena siswa sudah lelah dengan berbagai aktivitas, kadang siswa baru pulang ke asrama pukul 17.30, kajian ini pun menjadi tidak maksimal. Walaupun begitu, tentu bukan berarti program ini harus dihentikan.
Setiap malam Sabtu setelah shalat Isya, saya mengisi kajian di kelas 3 putri. Saat saya mengisi kajian ini beberapa bulan lalu, yang hadir hanya beberapa orang dari yang seharusnya 28 orang. Kelas 3 memang memiliki kesibukan ekstra berkaitan dengan persiapan mereka untuk ujian nasional dan SPMB. Seringkali saya tidak banyak memberikan ilmu kepada mereka, tapi memancing mereka untuk berdiskusi.
Saat itu, saya membawa buku Even Angels Ask atau Bahkan Malaikat pun Bertanya karya Jeffray Lang. Saya ceritakan sebagian isi buku itu, karena ternyata sebagian besar dari mereka belum pernah membaca buku tersebut. Setelah berakhir, ada salah seorang siswi, sebut saja namanya Risa, yang ingin melanjutkan diskusi, kami pun ngobrol dan berdiskusi. Sempat juga dia curhat tentang beberapa hal.
Beberapa minggu kemudian setelah saya melupakan kajian kemaren, tiba- tiba Risa membawa sebuah buku karya Jeffrey Lang yang baru terbit bulan Oktober lalu, yang berjudul “Saya Beriman maka Saya Bertanya”. Risa berniat meminjamkan buku itu kepada saya, setelah dia selesai membacanya, tentu saja dengan penuh semangat saya menerima tawarannya. Lumayan, saya bisa baca buku pinjaman tanpa harus mengeluarkan uang, hehe.
Begitulah jika mereka sudah haus ilmu agama, ketika mereka tidak bisa dapatkan disini, mereka akan mencarinya dengan penuh kesadaran. Dan saya pun kini punya banyak teman diskusi, yaitu murid-murid saya …
Semoga Bermanfaat
Wassalam
20 des 06
Eva Novita
Mengajar sambil Belajar
Sekolah ini didirikan oleh Pak Habibie, memiliki visi menyeimbangkan IMTAK dan IPTEK. Awalnya, input sekolah ini adalah lulusan pesantren dan MTs yang berprestasi, untuk kemudian dibina dari sisi IPTEK-nya. Saat didirikan tahun 1996, sekolah ini beridentitas SMA. Mulai tahun 2000, identitasnya berubah menjadi MAN (Madrasah Aliyah Negeri), sehingga yang awalnya dibawah diknas, sekarang resmi di bawah naungan Depag. Inputnya pun mulai berkembang, bukan hanya dari pesantren dan Mts, tapi mulai banyak dari lulusan SMP Negeri dan Sekolah Islam lainnya. Kabarnya, tahun depan, Dirjen Depag akan mengembalikan input sekolah ini ke khittahnya semula, yaitu hanya menerima lulusan pesantren dan Mts. Tapi ini masih menjadi bahan perdebatan di beberapa kalangan.
Sesuai dengan visi sekolah ini, maka porsi IMTAK dan IPTEK lebih ditekankan. Tapi, implementasinya di kurikulum, porsi IPTEK dalam hal ini pelajaran-pelajaran exact lebih dominan. Sehingga tuntutan akademis terhadap pelajaran-pelajaran exact, lebih tinggi dibanding pelajaran-pelajaran lain. Siswa siswi disini banyak menghabiskan waktu untuk memenuhi tugas-tugas akademis, sehingga kurang memiliki waktu banyak untuk belajar hal lain.
Untuk meningkatkan sisi IMTAKnya, selain kebiasaan-kebiasaan rutinitas sehari-hari yang ditanamkan seperti shalat berjamaah dan tadarus, dalam seminggu ada 3 malam yang digunakan untuk mengkaji wawasan keagaamaan, dengan durasi 1 jam dari pukul 19.00 sd 20.00. Tapi karena siswa sudah lelah dengan berbagai aktivitas, kadang siswa baru pulang ke asrama pukul 17.30, kajian ini pun menjadi tidak maksimal. Walaupun begitu, tentu bukan berarti program ini harus dihentikan.
Setiap malam Sabtu setelah shalat Isya, saya mengisi kajian di kelas 3 putri. Saat saya mengisi kajian ini beberapa bulan lalu, yang hadir hanya beberapa orang dari yang seharusnya 28 orang. Kelas 3 memang memiliki kesibukan ekstra berkaitan dengan persiapan mereka untuk ujian nasional dan SPMB. Seringkali saya tidak banyak memberikan ilmu kepada mereka, tapi memancing mereka untuk berdiskusi.
Saat itu, saya membawa buku Even Angels Ask atau Bahkan Malaikat pun Bertanya karya Jeffray Lang. Saya ceritakan sebagian isi buku itu, karena ternyata sebagian besar dari mereka belum pernah membaca buku tersebut. Setelah berakhir, ada salah seorang siswi, sebut saja namanya Risa, yang ingin melanjutkan diskusi, kami pun ngobrol dan berdiskusi. Sempat juga dia curhat tentang beberapa hal.
Beberapa minggu kemudian setelah saya melupakan kajian kemaren, tiba- tiba Risa membawa sebuah buku karya Jeffrey Lang yang baru terbit bulan Oktober lalu, yang berjudul “Saya Beriman maka Saya Bertanya”. Risa berniat meminjamkan buku itu kepada saya, setelah dia selesai membacanya, tentu saja dengan penuh semangat saya menerima tawarannya. Lumayan, saya bisa baca buku pinjaman tanpa harus mengeluarkan uang, hehe.
Begitulah jika mereka sudah haus ilmu agama, ketika mereka tidak bisa dapatkan disini, mereka akan mencarinya dengan penuh kesadaran. Dan saya pun kini punya banyak teman diskusi, yaitu murid-murid saya …
Semoga Bermanfaat
Wassalam
20 des 06
Eva Novita
Mengajar sambil Belajar
Friday, August 15, 2008
MEMAKNAI KESENDIRIAN
Kesendirian. mungkin begitulah problema yang banyak dialami wanita atau pria yang belum menikah. Ada banyak faktor yang menyebabkan mereka, baik wanita ataupun pria, belum mengakhiri masa lajangnya.
sebagian penyebabnya ada yang merasa belum siap, ada yang memprioritaskan untuk membantu finansial keluarga, ada yang berkali-berkali proses tapi gagal maning gagal maning. ada juga yang trauma dengan luka masa lalu.
Apapun penyebabnya, satu hal yang pasti bahwa takdir bukan di tangan mereka. sejauh apapun ikhtiar, jika saatnya belum tiba dan ridha-Nya belum turun, maka itu tak akan terjadi.
sebagian penyebabnya ada yang merasa belum siap, ada yang memprioritaskan untuk membantu finansial keluarga, ada yang berkali-berkali proses tapi gagal maning gagal maning. ada juga yang trauma dengan luka masa lalu.
Apapun penyebabnya, satu hal yang pasti bahwa takdir bukan di tangan mereka. sejauh apapun ikhtiar, jika saatnya belum tiba dan ridha-Nya belum turun, maka itu tak akan terjadi.
Subscribe to:
Posts (Atom)
Postingan Favorit
-
Jika kita membaca al-Qur'an secara teliti, ada beberapa kata yang digunakan untuk menjelaskan suatu makna. Tentang penciptaan misalny...
-
Nama Allah al-'Afuww,al-Ghafur dan al-Ghaffar jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, artinya sama yaitu Maha Pengampun. Tapi se...
-
Secara garis besar, kalam insya’i terbagi menjadi dua yaitu thalabi dan ghair thalabi . Definisi Insya Thalabi adalah yang kalimat ...