Sunday, August 20, 2023

LOMBA AGUSTUSAN TAHUN 2023


Pada hari Kamis tanggal 17 Agustus tahun 2023, Indonesia memperingati dirgahayu kemerdekaan yang ke 78. Seluruh masyarakat Indonesia merayakan dengan berbagai cara, ada yang merayakannya dengan upacara di laut, di kantor, di rumah masing masing, dan dilanjutkan dengan lomba Agustusan.

Begitupun di lokasi rumah dinas MAN Insan Cendekia Serpong. Setiap tahun, kami merayakannya dengan upacara terlebih dahulu, baru dilanjutkan dengan lomba-lomba anak-anak. Untuk tahun ini, tempat kami menjadi lokasi upacara 17 Agustus untuk wilayah kantor kementerian Agama Republik Indonesia kota Tangerang Selatan. Jadi seluruh guru di wilayah lingkungan kementerian Agama kota Tangerang Selatan, mengikuti upacara memperingati hari kemerdekaan di tempat kami, yang dimulai pada pukul 07.30 hingga pukul 09.00.

Setelah upacara bendera selesai, suami diminta membaca doa dalam acara pelantikan pengurus OSIS untuk periode 2023/2024, sehingga lomba anak-anak baru bisa dimulai sekitar pukul 11 siang, tapi Alhamdulillah tak mengurangi keseruan acaranya.




Acara diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Walaupun hanya 9 orang yang mengikuti kegiatan ini, tapi tetap syahdu saat lagu Indonesia Raya terdengar dari para calon generasi masa depan ini.


Adapun lomba yang diadakan pada tahun ini adalah lomba membawa kelereng dengan sendok, lomba estafet bendera, meniup balon, tarik tambang (selang) dan lomba makan kerupuk. Lomba pertama adalah lomba membawa kelereng. Peserta dibagi menjadi 2 kategori, yaitu peserta anak kecil mulai TK sampai kelas 3 SD dan anak yang lebih besar , mulai kelas 4 sampai dengan 6 SD.

Yang heboh dalam setiap perlombaan biasanya bukan pesertanya, tapi para supporternya alias para orangtua. Teriakan terdengar, berbagai tingkah polah lucu dari para anak anak, turut meramaikan suasana perlombaan Agustus tahun ini.


Setelah itu, dilanjutkan dengan lomba estafet bendera, peserta digabung antara yang kecil dan yang besar agar terjadi interaksi dan membangun kekompakan. Lucunya para peserta besar ini ada yang kesal dengan kurang cepatnya partnernya yang dari anak kecil, padahal ini hanyalah lomba seru seruan saja, tapi semua anak tetap menganggap semua lomba ini dengan penuh keseriusan.


Inilah tingkah bocah bocah saat mau difoto. Beberapa tahun kemudian, saat usia mereka sudah semakin besar, semoga mereka bisa mengenang momen ini sebagai suatu kenangan indah yang mengiringi masa kecil mereka.


Dan inilah para penghuni rumah dinas yang berpartisipasi dalam kegiatan Agustusan tahun ini. Dengan mayoritas berkostum merah, masing masing menyiapkan yang terbaik untuk merayakan Agustus tahun ini, mulai dari menyiapkan konsumsi, belanja hadiah, hingga mendokumentasikan momen yang takkan terulang dua kali ini. Terimakasih semuanya sudah membuat acara Agustusannya menjadi istimewa dan seru. Sampai bertemu lagi tahun depan.


Wassalam

Eva Novita Ungu

20.08.23.15.20

No comments:

Post a Comment

Postingan Favorit