Tuesday, August 8, 2023

MENCARI SPOT MUSOLA DI SUDUT RUMAH (DINAS)


Beberapa pekan ini, saya dan keluarga kecil saya disibukkan dengan pindahan rumah dinas, hanya beda blok sedikit, tapi sedikit atau banyak, namanya pindahan, tetap saja ribet. Mulai dari packing barang di rumah lama, memindahkan ke rumah baru, mengangkat ngangkat barang berat dan ringan, sampai menurunkan kembali barangnya. Dan terakhir tentu saja menata barang di rumah baru.

Saat berada di rumah lama, disana ada 3 kamar, 2 kamar mandi dan satu ruang kecil untuk gudang. Ruang kecil inilah yang akhirnya dimanfaatkan untuk mushala kecil di rumah kami. Saat kami pindah di rumah baru ini, hanya ada 3 kamar dan 1 kamar mandi. Saya dan suami pun sudah pasrah kalau tidak ada ruang untuk mushala di rumah baru ini. Tapi tiba-tiba, saat melihat satu spot di belakang yang lumayan unik, kami pun sepakat untuk menggunakannya sebagai mushala kecil di rumah kami. 

Secara tidak langsung, saya dan suami teryata punya keinginan yang sama, bahwa sekecil apapun rumah kami, apalagi jika besar seperti yang sekarang kami tempati, sebisa mungkin kami harus memiliki mushala sebagai tempat beribadah kami, lebih baik lagi jika sambil bisa membaca buku. Maka saat kami bisa menemukan spot mushala dan sekaligus bisa menyusun buku di rak buku yang sudah ditata. Sungguh bahagia tak terkira rasanya saat bisa menemukan spot unik ini, dimana saya bisa melakukan shalat berjamaah disitu, dan juga sekaligus sambil membaca buku. Memang peernya adalah buku-buku yang sudah tertata itu, dibaca atau tidak hehe.



Kenapa unik? karena sebenarnya ruang ini adalah teras belakang, yang didepannya adalah kaca yang bersambung dengan meja makan. Jadi bisa saja, jika ada tamu, ada yang gantian shalat dan makan, itu tamu yang shalat bisa beradapan dengan tamu yang makan haha. Tapi ga papa lah, sementara udah begini saja, udah bahagia banget deh saya, urusan itu depannya ada meja makan atau apa, biarkan saja. Suami sempat kepikiran untuk pasang gorden di kaca yang transparan itu, tapi ko saya lebih suka kaca nya tetap terbuka ya biar ga sumpek. Kita lihat saja nanti gimana penampakannya setelah ada gorden.

Ini memang bukan rumah pribadi saya, statusnya adalah rumah dinas atau pinjaman dari madrasah tempat saya bekerja. Tapi beberapa tahun mendatang bisa jadi saya akan menghabiskan banyak waktu disini, jadi saya harus membuat tempat tinggal saya di kantor ini menjadi senyaman mungkin, baik nyaman untuk kerja, nyaman untuk ibadah, nyaman untuk tidur maupun beraktivitas yang lain. Maka untuk rumah masa depan saya suatu saat nanti, saya harus memastikan bahwa harus ada spot atau ruang ksoong  yang nyaman untuk menjadi mushala kecil di rumah, tempat untuk curhat dan terkoneksi terus sama Sang Pencipta. Semoga dengan begitu, Allah juga akan senantiasa menurunkan berkah dan kemudahan dalam setiap aspek hidup saya. Aamiin

Semoga bermanfaat
Wassaslam
Eva Novita Ungu
09.08.23.13.15



No comments:

Post a Comment

Postingan Favorit