Sunday, August 13, 2023

MADRASAH FESTIVAL 2023: AJANG KOMPETISI BERGENGSI ANTAR MADRASAH SE INDONESIA

 


Pada hari Kamis-Ahad tanggal 10-13 Agustus 2023, Kementerian Agama Republik Indonesia beserta UIN Syarif Hidayatullah Jakarta menyelenggarakan Madrasah Festival 2023: Festival Keagamaan Madrasah. Kegiatan ini adalah hajat tahunan Direktorat Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan Madrasah (KSKK) Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia yang tahun ini bekerjasama dengan FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Ada beberapa mata lomba yang diselenggarakan yaitu:

     1.      Explaining Holy Quran (EHQ)

     2.      Memorizing Holy Quran (MHQ)

     3.      Reciting Holy Quran (RHQ)

     4.      Calligraphy Fest

     5.      Islamic Trending Issues Debate Contest

     6.      Voice of Arabic

     7.      Memorizing Hadits

     8.      Reading Islamic Turats (RIT)

     9.      Student Chef

    10.  Creative Design Fest

 

Untuk siswa MAN Insan Cendekia Serpong, mendapat kesempatan untuk mengikuti lomba Creative Design Fest yang diwakili oleh 3 orang siswa kelas XI yaitu Shafa Aqiela kls XI 5, Hikmah Kamila kls XI 5 dan Alysha izzramirz kls XI 2. Mereka sejak beberapa hari membuat design untuk merchandise Madrasah Festival 2023, lalu memesan ke beberapa vendor untuk dijual di stand atau pameran Madfest pada hari Sabru tanggal 12 Agustus 2023.

Setelah melalui berbagai diskusi dengan ketersediaan dana yang diberikan dari bidang Kesiswaan, akhrnya mereka membuat beberapa merchandise yaitu tottebag, kaos, stiker dan gantungan kunci. Ajang lomba seperti ini merupakan sarana latihan bagi para siswa untuk mengeksplor berbagai potensi yang ada dalam diri mereka, mulai dari men design produk, memilih beberapa vendor yang mencetak produk, mengatur dana yang tersedia hingga menjual produk tersebut kepada para pengunjung dan customer lain. Mereka ditantang untuk bisa mengatur dana serta melahirkan produk merchandise yang baik dan sesuai budget yang disediakan.

Berikut adalah dokumentasi kegiatan ini.






Menyaksikan mereka menyiapkan lomba ini, mulai dari mendesign, memilih vendor, mengatur dana hingga saat pelaksanaan harus menjual produk dan berhadapan dengan berbagai jenis pengunjung, itu membuat mereka berlatih banyak hal. Banyak sekali pembelajaran yang mereka dapatkan dari ajang lomba seperti ini, pembelajaran yang dilakukan sambil praktek, itu biasanya lebih membekas dibanding yang mereka dapat secara teori.

Dan yang membuat lebih membahagiakan adalah saat duo gantengku datang untuk menjenguk, suami dan anak kesayangan Eza datang ke stand sambil jalan jalan dan tentu saja buat Eza adalah jajan hehe


Alhamdulillah beberapa hari bisa mendampingi anak anak hebat ini, senang sekali bisa bagian dari momen bertumbuh mereka banyak hal. Mendengar keluhan mereka terkait berbagai hal dalam seluk beluk lomba ini, menjadi momentum berharga untuk mengingatkan mereka bahwa kita masih bisa tetap banyak belajar, baik dari kejadian menyenangkan maupun dari kejadian yang tidak menyenangkan. Saat diperlakukan secara tidak bersahabat oleh beberapa orang, saya sampaikan pada mereka bahwa kita bisa merasakan bahwa betapa tidak nyamannya diperlakukan seperti itu, maka kita pun memang menghindari sikap seperti itu dalam memperlakukan orang lain. Semoga mereka bisa mendapat banyak pengalaman berharga dan pembelajaran positif, walaupun dari kejadian yang negatif yang mereka alami.

Semangat berkarya anak-anak hebat

Semoga bermanfaat

Wassalam

Eva Novita Ungu

13.08.23.08.00


No comments:

Post a Comment

Postingan Favorit