Wednesday, March 12, 2014

Tips Menjadi Orangtua yang Bersahabat dengan Anak

Judul Buku                   :  11 Langkah Menjadi Sahabat Anak
Penulis                          : Dra. V. Dwiyani
Penerbit                        : PT Gramedia, Jakarta
TahunTerbit                 : 2004
Jumlah Halaman           : 133

Yang menjadi latar belakang penulisan buku ini adalah pengalaman penulis saat duduk di bangku kuliah, beliau menyaksikan seorang anak yang berusia 9 tahun di sebuah angkot yang ngobrol panjang lebar dengan ibunya tentang berbagai hal, kemudian saat turun dari angkot, anak tersebut membimbing ibunya turun dari angkutan. Setelah ibunya turun, sang anak kemudian merogoh saku dan memberikan uang kepada kernet angkutan. Peristiwa ini sangat berkesan bagi penulis, betapa seorang anak usia 9 tahun bisa menjalin relasi yang hangat dan bersahabat dengan ibunya. Setelah sang penulis berkeluarga, ternyata tak mudah menjadi sahabat bagi anak-anaknya, lalu beliau pun belajar dan mengumpulkan berbagai pengalaman dari para remaja dan orangtua, hingga jadilah buku ini.

Buku ini “hanya” berisi 11 bab dan tidak tebal, hanya 133 halaman, sehingga tak sampai satu hari, saya sudah berhasil melahap habis buku ini. Kesebelas bab tersebut adalah Dimulai dari Waktu; Terlibat Bukan Melihat; Jangan Tunggu Ada Saingan; Menemani Bukan Memusuhi; Melindungi Bukan Mengurung; Berbincang Bukan Berbicara; Mendengarkan Dengan Aktif; Tegas Bukan Keras; Memberi Kebebasan;  Ungkapkan, Hayati dan Jangan Berpura-Pura; Memaafkan dan Meminta Maaf.

Menurut sang penulis, “Orang tua yang hanya memandang anak sebagai status, tidak bisa menghayati perannya sebagai orang tua yang sesungguhnya diberikan kepercayaan yang tinggi oleh Tuhan”, maka belajar tidak saja menjadi tugas anak, tapi juga menjadi tugas orang tua sampai kapanpun.

Sang penulis adalah seorang ibu 3 anak, lulusan IKIP Sanata Dharma, Jogjakarta. Pada tahun 1999,  beliau terlibat menjadi konselor di Lembaga Psikologi Terapan Grahita Indonesia di Samarinda. Karya tulis pertamanya tentang dunia anak dan remaja diterbitkan ketika beliau memulai karya pelayanannya di sebuah Lembaga Pengembangan Sumber Daya Manusia (LPSDM) Yogara, yang dikelola bersama rekan-rekannya di Muntilan sejak awal tahun 2003. Buku-buku hasil karyanya yang sudah diterbitkan adalah “Ibu Dengarkan Aku”, “Ayahku Harimauku” dan “Surat untuk Mama”.

Tema-tema yang ditulis dalam buku ini sebenarnya sederhana dan sering dibahas dalam artikel-artikel tentang parenting, tapi yang membuat menarik buku ini adalah pada setiap bab, ada berbagai cerita baik dari sisi remaja maupun sisi orangtua terkait tema yang sedang dibahas. Sehingga pembaca dapat belajar dari berbagai kasus yang dihimpun penulis buku ini. Tak banyak teori, tapi langsung ada solusinya dari cerita-cerita yang dibahas.
Semoga bermanfaat


Wassalam
Eva  Novita Ungu
Rabu, 12 Maret 2014 (yang seharusnya untuk hari Rabu, 19 Februari 2014)
Memanfaatkan waktu saat De Eza tidur  … sehari setelah si papa ultah …
semoga kami bisa menjadi sahabat buat De Eza kelak …

No comments:

Post a Comment

Postingan Favorit