Wednesday, March 5, 2014

Perjuangan Melahirkan (mu De Eza) adalah Anugerah Terindah …

Inilah cerita perjalanan saya jelang dan pada saat melahirkan putra pertama.

Selasa, 11 Februari 2014

Pagi ini pukul 05.30, saya sama suami rencananya mau ke Cimone buat ngurus surat kepindahan saya plus mau control ke dokter kandungan disana. Karena terlalu beresiko jika pake motor, suami pun pesen taxi, sementara saya menyiapkan segala sesuatunya. Sebelum berangkat, saya ke kamar mandi dulu, biasa bumil tua begini mah beser. Pas ke kamar mandi, ternyata ada darah keluar, paniklah saya. Telpon ke suami, ga diangkat-angkat, maksudnya kalo masih sempet, dicancel aja tuh pesen taxi. Tapi kayanya suami dah terlanjur pesen taxi. Karena ini adalah minggu ke-40 kehamilan, maka ketika keluar darah itu, saya agak-agak senang bin panik gitu. Seneng karena katanya keluarnya darah adalah salah satu tanda mau melahirkan, panik karena suami dah pesan taxi, dan rencana hari ini mau ke Cimone karena sudah janjian dengan keluarga plus daftar dengan dokter kandungan disana . Tapi akhirnya keputusan pun diambil, kita tetap pake taxi, tapi berubah haluan, dari yang tadinya mau ke Cimone, menjadi ke rumah sakit Vitalaya Pamulang. Tas yang sudah disiapkan untuk melahirkan pun, langsung dibawa.



Setibanya di Rumah sakit sekitar pukul 7 pagi, saya langsung diperiksa sama bidan jaga, belum ada pembukaan, tapi karena sudah keluar darah, bidan menyarankan untuk langsung rawat inap saja. Saya dan suami pun menurut, agak tenang aja kalau sudah di rumah sakit, karena ini anak pertama, belum ada pengalaman, jadi kami memutuskan lebih safe jika sudah di rumah sakit, walaupun belum ada pembukaan.

Karena belum sarapan, kami pun minta ijin ke bidan untuk sarapan dulu, abis itu suami pulang dulu ambil motor, saya walaupun dah pesan kamar, memutuskan tidak langsung stay di kamar  tapi  banyak jalan kaki di dalam rumah sakit untuk merangsang pembukaan. Sambil telpon sana sini, ngabarin keluarga dan teman-teman sambil minta doa. Ada juga beberapa teman kantor yang nyempetin nengok pas denger saya dah di rumah sakit.

Pukul 3 sore, diperiksa bidan, ternyata dah pembukaan satu dan ketuban sudah merembes (belum pecah sih), saya tak boleh lagi jalan-jalan, harus berbaring aja supaya ketubannya ga pecah. Sampai malam, belum ada perubahan berarti, walaupun dah dikasih obat yang dimasukkan di bawah lidah, tetap saja pembukaan tak berpindah dari bukaan satu. Malam ini, saya ditemenin suami dan si mamah (ibuku) yang setia pengen dampingi anaknya melahirkan, walaupun beliau lagi sakit.

Rabu, 12 Februari 2014

Karena belum ada perubahan, akhirnya saya diinfus sambil diinduksi alias dimasukkan obat untuk merangsang mules, pagi sampe dhuhur tak ada perubahan berarti, saya masih bisa wa-an, fb an, bbm an sama sodara n temen-temen, sampe ada temen yang bilang “ini yang mau melahirkan, ko sempet-sempetnya whatsup-an, fesbuk-an sama bbm an” … yah abis emang belum kerasa apa-apa.

Sampe tibalah pada masa mules itu, di siang hari dari abis dhuhur sampe jelang ashar, wah si mules itu ga mau berhenti, terasa amat sangat mengganggu hingga tak bisa lagi diajak ngobrol, mata pun tak kuat melek, merem aja menahan sakit. Suami yang lagi pulang dulu untuk istirahat sama ibuku, akhirnya dihubungi untuk segera datang ke rumah sakit. Walaupun ada si teteh yang nungguin plus adenya suami n istrinya yang nungguin, tetep aja kehadiran suami yang diharapkan.

Setelah ashar, saya pun diperiksa, Alhamdulillah ada peningkatan, udah naik bukaan 2 hampir 3, (haha naiknya dikit, padahal mulesnya dah sangat membara), sang perawat melepas infus, Alhamdulillah saya pun terbebas dari rasa mules. Gini ternyata rasanya mules kalo diinduksi.

Jam 8 malem, saya diperiksa lagi, dah bukaan 3 dan diminta pindah ke ruang bersalin, wah mulai deg-degan deh saya, apa rasanya yah melahirkan itu, gimana kalo saya tak bisa melahirkan normal, gimana kalo meninggal saat melahirkan? Berbagai perasaan dan pertanyaan berkecamuk menjadi satu … akhirnya saya bakal ngerasain juga …

Saat masuk ruang bersalin, bukaan masih bertahan di angka 3, saya pun diinfus lagi, membayangkan bakal mules lagi seperti siang tadi, lumayan bikin stress. Maka yang jagain saya untuk nemenin adalah 3 orang secara bergantian, yaitu ibuku sampe tengah malam, trus ganti suami sampe jelang subuh, pas subuh gantian si teteh yang jagain. Alhamdulillah punya pasukan keluarga yang banyak dampingi di rumah sakit.

Kamis, 13 Februari 2014

Abis subuh, saya diperiksa kembali, Alhamdulillah dah bukaan lima.Setelah itu, terlihatlah kesibukan sang bidan jaga yang menyiapkan peralatan buat lahiran. Suami pun sudah stand by disamping untuk menyaksikan kelahiran putra pertamanya. Dan mules pun semakin menjadi, tangan suami pun jadi tempat yang enak buat jadi sasaran penyangga dalam menahan rasa sakitnya mules.

Waktu pun semakin cepat berjalan. Mulai dari bukaan 7, trus ketuban dipecahkan, baru deh bidan utama sang pemilik rumah sakit ini tiba dan mulai beraksi. Instruksi untuk ngeden saat kontraksi pun berulang-ulang disampaikan. Saat tak kuat menahan mules, rasanya baru terasa disitulah batas antara hidup dan mati. Saya sempat berfikir, kalau saya ga kuat menahan mules, mungkin inilah saat terakhir hidup saya. Saat hamil pun sering membayangkan gimana ya kalau saya meninggal saat melahirkan? Rasanya belum siap menyiapkan bekal.

Kembali ke laptop, kira-kira jam 10 kurang, sang bidan utama, dibantu 3 asisten, membantu proses kelahiran saya secara normal. 2 orang membantu mendorong kepala dari perut bagian atas. Sang bidan utama dan satu asisten lagi, menunggu kepala janin di bagian bawah. Dan akhirnya tepat pukul 10.10, berita menggembirakan itu pun datang, sang bidan utama bilang “udah bu, jangan ngeden lagi, kepalanya dah nongol, cowok ya bu anaknya …” fhuuh, rasanya plong banget … tak percaya rasanya saya bisa melahirkan secara normal. Tak percaya rasanya saya punya anak dan sudah menjadi orangtua. Suami yang melihat banget proses nya dari awal, tak kuat menahan haru, katanya dia sampai nangis saking terharunya. Semoga dengan turut menyaksikan perjuangan melahirkan, akhirnya ga nagih untuk nambah momongan lagi (ntar dulu ya mas, rehat dulu) …
Setelah itu, si bayi anakku ini disiapkan untuk IMD (Inisiasi Menyusui Dini), sementara saya nya dijahit … tapi karena lumayan kerasa dijahitnya dan saya masih rada kaget n grogi gitu abis lahiran, so masih takut gitu untuk megang si dede dan membantunya mencari puting susu … jadi fokus saya tetep aja ke sakitnya dijahit. Kayanya ga dibius nich, karena kerasa banget sakitnya diobras haha.

Setelah diadzanin dan diqamatin sama bapanya, si dede bayi pun hanya terdiam di atas dada saya, dan terlewatkan IMD nya. Sayang sekali …

Begitulah ceritanya sodara-sodara …

Refleksi …

Untuk saya yang menikah pada usia diatas 30 tahun, tentu bisa hamil dan melahirkan secepat ini adalah karunia Allah semata. Belum genap usia pernikahan saya setahun (menikah bulan April tahun lalu), sudah ada si mungil lucu yang menghiasi kehidupan pernikahan kami. Tentu ini tak boleh kami sia-siakan, apalagi melihat beberapa teman yang belum menikah, yang sudah menikah tapi belum dikaruniai momongan, harus membuat kami lebih bersyukur dengan kehadiran si dede mungil nan lucu ini.

Ada berbagai “sugesti negatif” yang menghampiri telinga saya saat awal-awal pernikahan kami, dari mulai “rawan lho hamil di usia diatas 30”, “menikah diatas 30 itu belum tentu bias hamil lho”, dll deh yang jarang saya pedulikan karena saya yakin saat Allah menetapkan takdirnya bahwa saya menikah diatas usia 30, tentu itu sudah Dia siapkan satu paket dengan solusi lain-lainnya. Jadi bagi teman dan sahabat yang masih diuji dengan kesendirian di usia 30 atau bahkan 40, don’t worry be happy deh karena Allah tak pernah mengingkari janji-Nya bahwa Dia Maha Kuasa dan Maha Berkehendak untuk mendatangkan jodoh, untuk membuat hamil dan untuk membuat seseorang melahirkan secara normal dan sehat. Ia lah yang Maha Pembuat skenario terindah.

Untuk bisa melahirkan secara normal, berbagai cara pun dicoba. Dari mulai minta doa ortu dan teman-teman, sampe sedekah pun dilakukan. Ternyata benar kata ust Yusuf Mansur, sedekah di depan itu dapat melancarkan segala urusan.

Dan inilah nama si dede putra pertama kami
MUHAMMAD ZAHID AL ZAYYAN

Artinya
Muhammad adalah orang yang terpuji,
Zahid adalah orang yang Zuhud, Orang zuhud bukan berarti meninggalkan dunia secara total, tapi yang menjadikan dunia hanya sebatas genggaman tangannya dan tidak sampai memperbudak hatinya.
Al Zayyan adalah indah, bercahaya, hiasan. Bisa juga singkatan dari dari ZAinuri saYYAng Novita (hehe maksa). Rencananya nama belakang ini akan selalu ada untuk semua anak-anak kami kelak (entah berapa nanti dikasihnya sama Sang Pengatur)

Jadi kami memberi nama ini dengan harapan bahwa putra pertama kami akan menjadi orang yang terpuji serta Zuhud dan selalu menjadi perhiasan yang indah bagi kedua orang tua dan sesamanya. Amiin.

Semoga bermanfaat

Wassalam
Eva  Novita Ungu
Rabu, 5 Maret 2014 (yang seharusnya untuk hari Rabu, 5 Februari 2014)
De Eza … welcome to the new world … met gabung dengan Bunda dan Papa ya … semoga sehat selalu, bahagia dan menebar manfaat …

3 comments:

Postingan Favorit