Thursday, March 27, 2014

Panduan Pengasuhan Bayi dari Berbagai Aspek




Judul Buku                 : Panduan Pintar Pengasuhan Bayi Minggu per Minggu Agar Sehat, Cerdas & Shaleh
Penulis                       : Yazid Subakti, S. Si & Deri Rizki Anggraini, S. Gz
Penerbit                        : QultumMedia, Jakarta
TahunTerbit                 : 2011
Jumlah Halaman           : 312


Yang menjadi latar belakang penulisan buku ini adalah keinginan penulisnya untuk membekali para orangtua yang akan melahirkan generasi penerus bangsa tentang pengasuhan bayi dari berbagai aspek. Menurut penulisnya, tugas-tugas pengasuhan adalah pembelajaran yang mencerdaskan dan memberi banyak inspirasi. Tanggung jawab menghidupi adalah setumpuk pahala yang tak tertandingi. Hari-hari bersama si kecil adalah perjuangan menuju puncak kemenangan. Merawat tanpa kenal lelah adalah sedikit pengabdian yang akan dibayar dengan surga. Surga paling tengah!  Sang penulis pun mengutip hadits yang diriwayatkan oleh Tirmidzi, “Orangtua adalah pintu surga paling tengah. Terserah padamu, kau sia-siakan pintu itu atau memeliharanya.”



Buku ini terdiri dari 4 bagian besar yaitu Menyambut Kehadiran Bayi, Si Pintar pada Enam Bulan Pertama, Menuju Setahun yang Menakjubkan dan Mengawali Usia Emas Si Pintar. Setiap bagian besar itu, dibagi lagi menjadi bagian-bagian kecil yang mengupas tuntas perkembangan bayi per minggu nya.
Pada bagian pertama, dibahas tentang peristiwa melahirkan hingga aqiqah, serta kontroversi imunisasi dari berbagai sisi, baik yang pro maupun yang kontra beserta argumentasinya. Bagian kedua, mengulas tuntas tentang 6 bulan pertama si bayi, mulai dari perubahan kondisi bayi, menghadapi kolik, pola tumbuh kembang, hingga pembahasan tentang asi dan perencanaan kehamilan berikutnya. Bagian ketiga menyoroti pertumbuhan gigi bayi, seluk beluk makanan pendamping ASI hingga cara mewaspadai mitos bernuansa mistik atas nama agama. Bagian keempat menutup pembahasan dengan menjelaskan berbagai jenis permainan yang mencerdaskan, cara pijat bayi, toilet training hingga pertolongan pertama pada balita, cara mengatasi keseleo, lecet, kejang dll.

Penulis buku ini ternyata adalah sepasang suami isteri. Sang suami, Yazid Subakti adalah sarjana Geografi UGM Yogyakarta yang pernah nyantri di beberapa pesantren yang ada di Lamongan. Sejak tahun 2003, ia telah menerjemahkan ribuan jurnal dan textbook kesehatan. Pengalaman inilah yang menginspirasinya untuk menulis beberapa buku bertema kesehatan praktis. Sang istri yang bernama Deri Rizki Anggraini adalah Sarjana Gizi dari FK UGM. Pengetahuan tentang dunia anak ia dapatkan dari kursus pendidikan guru TPA di BKPRMI Jabar. Pasangan suami isteri telah dikaruniai 3 orang anak. Buku ini adalah buku ke-20 yang mereka tulis berdua.

Menurut saya, buku ini sangat lengkap karena membahas berbagai permasalahan bayi dari berbagai aspek, secara singkat dan padat. Di bagian akhir, dilampirkan juga gambar contoh baby gym dan pijat bayi. Dapat dijadikan referensi yang sewaktu-waktu dapat dibuka kembali saat kita membutuhkannya sesuai usia perkembangan si bayi.

Semoga Bermanfaat

Wassalam
Eva  Novita Ungu
Kamis, 27 Maret 2014 (yang seharusnya untuk hari Rabu, 19 Maret 2014)
Terima kasih untuk yang ngasih kado buku ini untuk de Eza … bermanfaat banget untuk ibu pemula seperti saya …

No comments:

Post a Comment

Postingan Favorit