Saturday, June 8, 2013

KISAH RAJA DAN PENDENGKI


Alkisah, ada seorang lelaki bernama Uwais yang setiap hari mengunjungi raja. Setelah bertemu raja, ia selalu berkata, "Orang yang berbuat baik akan mendapat balasan, dan orang yang berbuat buruk, cukup keburukan itu sebagai balasannya."

Melihat keakraban Uwais dengan raja, ada seorang bernama John yang iri melihat keakraban mereka. "Lelaki itu memiliki kedudukan yang dekat dengan raja, setiap hari ia bertemu raja," pikir si John dengan perasaan kurang senang.



Si John kemudian menemui raja dan berkata, "Lelaki yang setiap hari menemuimu, jika keluar dari sini selalu berbicara buruk tentang kamu. Ia juga berkata bahwa bau mulutmu busuk."
Mnedengar laporan tersebut, Raja terdiam.

Sekeluarnya dari kerajaan, John duduk di tepi jalan yang biasa dilalui oleh Uwais. Ketika Uwais lewat dalam perjalanannya menemui raja. Ia menghadangnya, "Kemarilah, singgahlah ke rumahku."

Setelah Uwais singgah ke rumahnya, si John menawarkan bawang merah dan putih, dan memaksa Uwais agar ia memakannya. Karena dipaksa, Uwais akhirnya mau juga memakannya untuk melegakan hati John. Bau bawang merah dan putih itu tentu tidak mudah hilang.

Selesai berkunjung ke tempat John, sebagaimana biasa Uwais pun mengunjungi raja. Sewaktu berjabatan tangan dengan raja, ia menutup mulutnya agar raja tidak mencium bau mulutnya.
"Rupanya benar perkataan orang itu (John), ia benar-benar menganggap mulutku bau," pikir raja. Sang raja kemudian memikirkan suatu rencana jahat.

Uwais kemudian duduk dan berkata sebagaimana biasa,"Orang yang berbuat baik akan mendapat balasan, dan orang yang berbuat buruk, cukup keburukan itu sebagai balasannya."

Setelah merasa waktu berkunjungnya sudah cukup, Uwais pun pamit kepada raja. Raja berkata, "Bawalah surat ini dan serahkanlah kepada fulan." Surat itu berisi, "Jika sampai kepadamu pembawa surat ini,maka sembelih dan kulitilah dia, kemudian isilah tubuhnya dengan jerami."

Uwais pun keluar membawa surat raja. Di tengah jalan ia dihadang oleh si John.
"Apa yang kamu bawa?" Tanya John.
"Surat raja untuk fulan. Surat ini beliau tulis dengan tangannya sendiri. Biasanya beliau tidak pernah menulis surat sendiri, kecuali dalam urusan pembagian hadiah." Jawab Uwais.

"Berikanlah surat itu kepadaku, aku ini sedang butuh uang," pinta John. Ia kemudian menceritakan kesulitan hidupnya. Karena kasihan, surat itu kemudian diserahkan Uwais kepada John.
Si John menerimanya dengan senang hati. Setelah sampai ditempat tujuan, ia menyerahkan surat itu kepada teman raja.
"Masuklah ke sini, raja menyuruhku membunuhmu,"kata teman raja.
"Yang dimaksud bukan aku, coba tunggulah sebentar biar kujelaskan," kata John ketakutan.
"Perintah raja tak bisa ditunda," kata temanraja.

Ia lalu membunuh, menguliti dan mengisi tubuh si John dengan jerami.

Keesokan harinya, Uwais mendatangi Raja sebagaimana biasa dan berkata, "Orang yang berbuat baik akan mendapat balasan, dan orang yang berbuat buruk, cukup keburukan itu sebagai balasannya."

Raja heran melihat Uwais masih hidup. Setelah diselidiki, terbongkarlah keburukan si pendengki atau John.

Saking penasarannya, Raja pun bertanya, “Apa yang terjadi denganmu dan John?”
"Tidak ada sesuatu yang terjadi antara aku dengannya, hanya saja kemarin ia mengundangku kerumahnya dan memaksaku makan bawang merah dan putih. Waktu aku menemuimu kututup mulutku agar Raja tidak mencium bau tidak sedap dari mulutku. Sekeluarnya dari sini, ia menemuiku dan menanyakan titipanmu,"
Uwais pun menceritakan semua yang terjadi.

Mendengar jalannya cerita, tahulah raja bahwa John itu ternyata dengki kepada sahabatnya. "Benar ucapanmu, orang yang berbuat baik akan mendapat balasan, dan orang yang berbuat buruk, cukup keburukan itu sebagai balasannya." 

Kedengkian di hati orang itu telah membunuh dirinya sendiri. Dengki itu merusak amal. Dengki memakan kebaikan seperti api memusnahkan kayu bakar. (HR Ibnu Majah)
Kedengkian seseorang hanya akan berakibat buruk bagi orang itu sendiri.

Habib Muhammad bin Hadi bin Hasan bin Abdurrahman Asseqaf, Tuhfatul Asyraf, Kisah dan Hikmah
Dari Kisah Islami, file dari seorang dosen PPG yang baik …

Semogabermanfaat.
Wassal am

Sabtu, 8 Juni 2013 (yang seharusnya untuk hari Rabu, 5 Juni 2013)
Eva Novita Ungu
Ya Allah, lindungilah kami dari sifat dengki dan dari para pendengki …



No comments:

Post a Comment

Postingan Favorit