Friday, June 21, 2013

Bright Mom : Menjadi Ibu Cerdas

Judul Buku                    :Bright Mom, Menjadi Ibu Cerdas yang Mencerdaskan dengan Cara yang Cerdas
Penulis                          :Ifa Avianty
Penerbit                       :  Gema Insani, Depok
Tahun Terbit               : 2009
Jumlah Halaman          :180

Menurut sang penulis, ibu yang istimewa dan sukses adalah ibu yang bahagia. Secara garis besar, ibu yang bahagia akan memprioritaskan aspek ruhiyah, aspek sosial,aspek intelektual, aspek emosional dan aspek fisik. Poin-poin tersebut dijelaskan secara rinci oleh penulis dengan sub tema, Ibu Shalihah, Ibu Bijak,Ibu Cerdas, Ibu Sehat dan Ibu Bermanfaat.



Bukuini terdiri dari 7 bab yaitu Sebelum Menjadi Ibu, Menjadi Ibu Seutuhnya, Ibu yang Cerdas Sekarang atau Tidak Sama Sekali, 1st Queen Lessons (Ratu dan Belahan Jiwanya), 2nd Queen Lessons (Ibu dan Aktualisasi Dirinya), 3rd Queen Lessons (Ibu Menyatu dengan Tuhannya), dan The Tough Bright Mom (Ibu Cerdas yang Kuat)

Bab1 menjelaskan tentang persiapan menjadi Ibu, bab 2 tentang Kehamilan dan Melahirkan, bab 3 tentang Pengasuhan Anak sesuai dengan Tugas Perkembangannya disertai cerita pengalaman beberapa ibu tentang anak-anaknya, bab 4 tentang relasi suami istri yang sudah berkembang menjadi relasi Ayah-Ibu, bab 5 membahas tentang Aktualisasi Seorang Ibu, bisa dalam bentuk karir, atau bergabung dengan beberapa komunitas. Dan bab 7 adalah bab bonus tentang Ibu Cerdas yang Kuat, yaitu cerita tentang beberapa wanita yang diuji dengan beberapa permasalahan rumah tangga, baik itu KDRT, perceraian, perselingkuhan, dll.

Sang Penulis yang bernama lengkap Ifa Avianty ini, adalah Sarjana Teknik Metalurgi UI yang punya hobi banyak yaitu membaca, menulis, mendengar musik, menonton film, belajar bahasa asing, desain web dan memasak. Ia  telah menikah dengan seorang penulis juga. Ia adalah penulis produktif. Diantara beberapa karyanya adalah berupa novel seperti Nyanyian Bintarng, Strawberry Shortcake, Janji Matahari, Jodoh dari Surga, Jejak-Jejak Kembara Cinta dll. Yang berupa antologi, diantaranya Bukan di Negeri Dongeng, Suami Impian, Lets Talk about Love, Karenamu Aku Cemburu dll. Dan karya terjemahan adalah Keabadian Telah Dimulai, Harun Yahya.  


Buku ini adalah buku yang padat berisi dari seorang wanita yang sekaligus menjadi seorang ibu. Padat berisi karena referensi atau literaturnya saja sebanyak 10 halaman. Dan variasi referensi nya sangat bagus, mulai dari referensi asing, referensi lokal maupun referensi islam. Jadi lumayan bermanfaat untuk beberapa ibu yang tidak sempat membaca banyak buku, cukup dengan membaca buku ini maka beberapa pengetahuan dan hikmah dari pengalaman beberapa ibu, sudah bisa didapatkan.

Semoga bermanfaat.

Wassalam
Eva Novita Ungu
Jumat, 21Juni 2013 (yang seharusnya untuk hari Rabu, 19 Juni 2013)
Semoga kelak dapat menjadi ibu yang baik …

No comments:

Post a Comment

Postingan Favorit