Sunday, February 11, 2024

SUKA DUKA NYA DAFTAR S3 DI PKU MASJID ISTIQLAL-LPDP

 


Wah ternyata sudah lama juga tidak menulis di blog ini, lebih dari satu bulan. Di bulan Januari, ada cerita menarik yang membahagiakan sekaligus menyedihkan, begitulah lika liku kehidupan.

Pada pertengahan Januari 2024 ini, ada info menarik yang lewat di hp saya. Konon katanya, informasi apapun yang sampai pada kita, tidak pernah ada yang kebetulan. Kita harus mencari alasan dan hikmahnya mengapa kita harus mendapatkan informasi tersebut.

Informasi ini terkait beasiswa pendidikan kader ulama yang merupakan kerjasama antara Masjid Iqtiqlal (PKU-MI) dengan LPDP. Singkat cerita, saya tertarik lah untuk mendaftar ini. Dengan cara pendaftaran yang sangat mudah melalui web https://pmbpku.istiqlal.or.id/ ini, saya iseng lah mendaftar program S3 untuk jurusan ilmu tafsir. Ketertarikan saya sama ilmu Al Quran ini ternyata tidak pernah padam dan terus menyala. Setelah mendaftar, saya pun menunggu info kelulusan, seleksi berkas akan diumumkan tanggal 29 Januari 2024, dan tes wawancara lisan di tanggal 1-2 Februari 2024.

Penasaran kan, apakah saya lulus tes administrasi dan wawancara??

Alhamdulillah, berkas administrasi diterima, saya dinyatakan lulus seperti yang bisa dilihat pada foto berikut


Dan saya pun dijadwalkan tes wawancara di tanggal 1 Februari 2024 hari Sabtu. Peserta yang dinyatakan lulus berkas administrasi kurang lebih 1000 orang lebih. Dan tes seleksi wawancara nya berupa lisan. Materi yang diujikan mencakup tes hafalan, tes baca kitab kuning dan wawasan keislaman. Kami diundang melalui breakout zoom, dan diuji lisan per orang oleh penguji dari dosen PTIQ.

Saat dites hafalan, syaa diminta meneruskan ayat yang dibacakan, wah ternyata banyak yang lupa. Lalu saat tes baca kitab kuning, saya diminta baca tafsir dari surat Al Baqarah ayat 26 dan menerjemahkannya. Yah lumayan lah, ga terlalu jelek jelek amat hehe. Saya pun deg degan menanti informasi kelulusan yang awalnya akan diumumkan tanggal 5 Februari 2024 hari Senin, diundur menjadi hari Selasa tanggal 6 Februari 2024.

Pada hari Selasa tanggal 6 Februari 2024, sudah bolak balik membuka website sampai malam jelang tidur belum ada, saya pun pasrah, tidur saja deh. Dan ternyata diumumkan jam 11 malam, saat saya sudah terlelap, dan baru buka di hari Rabu nya. Ternyata hasilnya tak mengecewakan, saya dinyatakan diterima ... Masya Allah, ga nyangka bakalan lulus seperti yang terlihat di foto ini.


dan bahagianya adalah berhasil mendapatkan LoA (letter of acceptance) dari PTIQ. Dah lah buat emak emak kaya sya mah, dapet kaya gini aja udah seneng banget, walopun ga bisa lanjut kuliah karena terkendala faktor usia yang terhambat satu bulan haha nyesek yaa


Tapi masih ada satu tahapan lagi yang harus dilalui, yaitu seleksi di web LPDP nya. Masih ada banyak syarat yang harus dilalui, baik itu seleksi berkas, TOEFL, proposal penelitian dan lain-lain.

Saya pun mendaftar di web LPDP dengan membuat akun, mengisi data diri, keluarga dan lain-lain. Setelah itu, saya pun mengklik daftar beasiswa... hasilnya adalah...

tidak lolos seleksi berkas yaitu dari segi umur yang lewat hanya satu bulan saja dari yang sudah ditetapkan. Masya Allah ya, insya allah semuanya baik dan inilah keputusan Allah yang terbaik, karena selama proses ini, selain saya konsultasi ma suami, saya pun minta petunjuk Allah agar diberikan keputusan terbaik, dan inilah keputusan terbaiknya


 Seandainya boleh memutar waktu, tentu seharusnya saya tidak lolos administrasi sejak daftar di web masjid istiqlalnya, tapi Allah ijinkan saya untuk mengikuti tes seleksi wawancara nya, dan alhamdulillah lulus, itu sepertinya untuk menghibur bahwa saya masih layak untuk menjadi mahasiswa S3 hehe...

Tidak ada kejadian buruk dalam hidup kita, semuanya insya Allah baik jika kita bisa ambil hikmahnya. Allah sudah siapkan skenario terbaik dalam hidup kita, maka kita ga usah ngoyo dan yakin dengan hasil rencana kita, karena hanya Allah yang Maha tau skenario terbaik dalam hidup kita.

Trimakasih Rab atas pengalaman ini, ternyata semangat belajar itu masih ada, dan ternyata saya masih bisa bersaing dengan yang lain, hanya umur saja yang ga bisa boong haha

Mengabadikan momen spesial di awal tahun 2024

Semoga bermanfaat
Wassalam
Eva Novita Ungu
Serpong, 110224.08.05


No comments:

Post a Comment

Postingan Favorit